Daftar Perangkat yang Dipasang Peledak di Lebanon, dari Pager, Walkie-talkie, Ponsel, Hingga Radio
Ilustrasi pager dan HP 
13:40
19 September 2024

Daftar Perangkat yang Dipasang Peledak di Lebanon, dari Pager, Walkie-talkie, Ponsel, Hingga Radio

Selama dua hari secara berturut-turut, Lebanon diguncang oleh ledakan-ledakan misterius dari Pager dan kemudian alat komunikasi Walkie-talkie.

Selain itu, ada banyak peralatan lain yang dimanfaatkan Israel untuk media yang dipasag peledak.

Selain Pager dan Walkie-talkie, Israel juga meledakkan Ponsel pintar, panel surya, walkie-talkie, radio, interkom, aki mobil termasuk di antara perangkat lain yang dilaporkan meledak pada hari itu. 


Alat-alat yang Dijadikan Media Peledakan di Lebanon:

- Pager

- Walkie-talkie

- Ponsel pintar

- Panel surya

- Radio

- Interkom

- Aki mobil 

 


Lebih banyak perangkat meledak di Lebanon: Apa yang terjadi?

Sehari setelah meledaknya ribuan pager, ledakan walkie-talkie dan perangkat lainnya menewaskan 14 orang.

Sehari setelah ribuan pager meledak di Lebanon, lebih banyak ledakan perangkat genggam, termasuk walkie-talkie, laptop, dan radio, telah menewaskan sedikitnya 14 orang dan melukai 450 orang.

Pada hari Selasa, ledakan pager milik anggota Hizbullah yang telah diisi dengan bahan peledak telah menewaskan 12 orang dan melukai hampir 3.000 orang.

Laporan pada hari Rabu tentang beberapa ledakan yang terjadi bersamaan dengan cepat menyebar di aplikasi perpesanan dengan orang-orang yang berbagi gambar walkie-talkie yang meledak dan bangunan tempat tinggal yang terbakar. Berikut ini yang kami ketahui:

Di mana di Lebanon ledakan baru terjadi?
Informasi masih terus berdatangan, tetapi beberapa ledakan dilaporkan di pinggiran selatan Beirut serta di kota selatan Tyre pada Rabu sore.

Gambar yang diunggah di media sosial menunjukkan sejumlah kendaraan terbakar dan asap mengepul dari kawasan permukiman, sementara laporan menyebutkan radio walkie-talkie dan bahkan sel surya meledak.

Koresponden Al Jazeera Ali Hashem menyaksikan satu mobil meledak selama pemakaman di Lebanon selatan, tampaknya terbakar oleh ledakan dari dalam dan bukan karena ditabrak pesawat tak berawak, katanya.

 

 

 

 

 

Kebakaran 60 Rumah dan Toko

Pertahanan Sipil Lebanon melaporkan bahwa timnya menanggapi kebakaran yang terjadi di 60 rumah dan toko, termasuk toko aki lithium di Majdal Selm, serta 15 mobil dan sejumlah sepeda motor. 

Ledakan pager di Lebanon terjadi pada 17 September 2024 sekitar pukul 15:30 waktu setempat, ketika ribuan pager genggam yang digunakan oleh Hizbullah , sebuah partai politik dan milisi Lebanon, meledak secara bersamaan di Lebanon dan Suriah. 

Badan intelijen Israel telah mencegat pengiriman pager dan memasang bahan peledak di dalamnya, menurut sumber New York Times yang tidak disebutkan namanya.

Setidaknya 12 orang tewas dan lebih dari 2.750 orang terluka, sebagian besar anggota Hizbullah. 

Insiden itu digambarkan sebagai "pelanggaran keamanan terbesar organisasi tersebut". 

Gelombang kedua ledakan yang menargetkan walkie-talkie ICOM terjadi keesokan harinya, menewaskan sedikitnya 20 orang dan melukai lebih dari 450 orang.

Peralatan elektronik lainnya seperti perangkat biometrik sidik jari juga dilaporkan meledak, tetapi belum dapat dipastikan apakah perangkat tersebut terbakar akibat ledakan lain atau meledak sendiri. 

Sebuah sumber keamanan Reuters mengatakan bahwa radio genggam dibeli oleh Hizbullah lima bulan sebelum serangan, kira-kira pada waktu yang sama dengan pager.

Ledakan itu mempengaruhi beberapa daerah di Lebanon termasuk pinggiran kota Dahieh di Beirut , Lebanon selatan , dan di Lembah Beqaa di perbatasan dengan Suriah, yang dianggap memiliki kehadiran Hizbullah. 

Selain itu, ledakan dilaporkan terjadi di Damaskus, Suriah. Tidak jelas apakah hanya anggota Hizbullah yang membawa pager.

Sekitar 150 rumah sakit di seluruh Lebanon menerima korban serangan itu, yang menyaksikan pemandangan yang kacau.

Di antara mereka yang tewas adalah dua anggota Hizbullah dan dua anak-anak.

Pada bulan Februari 2024, sekretaris jenderal Hizbullah, Hassan Nasrallah , memerintahkan anggota kelompoknya untuk menggunakan pager daripada telepon seluler, dengan alasan bahwa Israel telah menyusup ke jaringan telepon seluler mereka.

Hizbullah kemudian membeli merek pager baru, model Gold Apollo AR924 yang diimpor dari Taiwan.


Penggunaan pager atas Saran Sekjen Hizbullah Hassan Nasrallah

Beberapa anggota Hizbullah telah menggunakan pager selama bertahun-tahun sebelum serangan 7 Oktober, tetapi lebih banyak anggota mulai menggunakannya setelah serangan, karena sekretaris jenderal Hizbullah Hassan Nasrallah mengklaim Israel telah menembus jaringan ponsel mereka. 

Pada bulan Februari 2024, ia meminta para anggota untuk berhenti menggunakan telepon pintar, dengan alasan kemampuan Israel untuk menyusup ke dalamnya.

Setelah pernyataan ini, Hizbullah membeli pager, yang merupakan merek baru dan diimpor ke Lebanon pada bulan-bulan sebelum ledakan.

Selain itu, dilaporkan bahwa perangkat tersebut dikompromikan di Iran sebelum dikirim ke Lebanon.

Pager yang meledak adalah model AR924 dari perusahaan Taiwan Gold Apollo.

Namun, pendiri Gold Apollo Hsu Ching-Kuang mengatakan bahwa pager tersebut tidak dirakit oleh perusahaannya. 

Gold Apollo kemudian mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pager tersebut diproduksi dan dijual oleh BAC Consulting KFT, yang berkantor pusat di Budapest, Hungaria.

BAC Consulting memiliki hak atas merek Gold Apollo, berdasarkan lisensi yang telah berlaku selama tiga tahun. Hsu juga mengomentari bahwa pembayaran BAC "sangat aneh", karena dibayarkan melalui Timur Tengah. Polisi Taiwan membuka penyelidikan atas keterlibatan Gold Apollo.

Kepala Eksekutif BAC, Cristiana Bársony-Arcidiacono, mengakui bekerja sama dengan Gold Apollo, namun menyatakan "Saya tidak membuat pager. Saya hanya perantara."

Menurut pemerintah Hungaria, BAC adalah perantara perdagangan yang tidak memproduksi atau beroperasi di Hungaria dan pager tidak pernah ada di negara tersebut. 

The New York Times melaporkan bahwa BAC sebenarnya adalah perusahaan cangkang intelijen Israel, yang dibuat bersama dengan dua perusahaan palsu lainnya.

Sky News melaporkan sumber keamanan Lebanon mengatakan bahwa Hizbullah telah memesan 5.000 perangkat

Badan-badan Israel sebelumnya telah melakukan operasi yang melibatkan perangkat komunikasi peledak, terutama pembunuhan anggota Hamas Yahya Ayyash pada tahun 1996.

Pusat Medis Universitas Amerika di Beirut telah memperbarui "infrastruktur sistem pemanggilan" pada bulan April 2024, yang mulai aktif pada tanggal 29 Agustus 2024. 

Media Iran mengutip hal ini sebagai bukti bahwa Amerika mengetahui serangan tersebut sebelumnya. Namun, rumah sakit tersebut membantah bahwa pembaruan yang mereka lakukan terkait dengan ledakan tersebut.


Serangan Gelombang pertama

Pada tanggal 17 September 2024 sekitar pukul 15:30 waktu setempat, banyak pager komunikasi di seluruh Suriah dan Lebanon tiba-tiba meledak dalam serangan terkoordinasi terhadap anggota Hizbullah, banyak di antaranya terluka parah.

Sebuah sumber keamanan pemerintah Lebanon melaporkan bahwa yang terluka "terutama" adalah anggota Hizbullah.

Sebuah laporan Associated Press mengindikasikan bahwa perangkat tersebut mungkin telah dipasangi bahan peledak sebelum tiba di Lebanon

The New York Times juga melaporkan bahwa dinas intelijen Israel mencegat pengiriman dan memasang pager dengan sejumlah kecil bahan peledak.

Reuters melaporkan sumber anonim Lebanon yang mengklaim perangkat tersebut memiliki papan yang dimasukkan ke dalamnya yang dapat meledakkan hingga tiga gram bahan peledak setelah menerima kode. 

Cedera wajah dan mata adalah efek paling umum dari ledakan dan, menurut Tracy Chamoun , pager mengeluarkan suara untuk mendorong pengguna mengambil perangkat dan mengangkatnya ke kepala mereka. 

Laporan lain mengatakan bahwa perangkat tersebut bergetar dan menunjukkan pesan kesalahan di layar, dan hanya meledak ketika pengguna menekan tombol untuk menghapus kesalahan, meningkatkan kemungkinan bahwa operator perangkat akan memegangnya.

Ledakan terjadi di beberapa daerah di mana Hezbollah mempunyai kehadiran yang kuat, termasuk bentengnya di Dahieh di Beirut; Lebanon selatan ; dan Lembah Beqaa dekat perbatasan Suriah, di mana ledakan dilaporkan terjadi di kota Aali en Nahri dan Riyaq. 

Di Suriah, ledakan pager juga dilaporkan terjadi di sekitar Damaskus. Ledakan dilaporkan berlangsung hingga 30 menit setelah ledakan awal, yang mengintensifkan kekacauan yang terjadi. 

Para saksi mata melaporkan melihat banyak orang berdarah akibat luka-luka mereka setelah ledakan tersebut. 

Dalam satu kejadian, sebuah ledakan terjadi di dalam saku celana seorang pria yang berdiri di luar sebuah toko. 

Foto-foto dan video yang beredar di media sosial dan media lokal dari pinggiran selatan Beirut menunjukkan orang-orang tergeletak di tanah dengan luka-luka di tangan mereka atau di dekat saku mereka. 

Putra anggota parlemen Lebanon Ali Ammar , seorang anggota Hizbullah, terbunuh; Perdana Menteri Lebanon Najib Mikati mengunjungi Beirut selatan untuk memberi penghormatan kepadanya. 

Sekitar 150 rumah sakit di Lebanon menerima korban serangan, yang menyaksikan kekacauan. 

Rumah sakit di Lebanon selatan, Lembah Beqaa, dan pinggiran selatan Beirut kewalahan dengan pasien, banyak yang menderita luka di wajah, tangan, dan perut.

Sebagai tanggapan, Kementerian Kesehatan Lebanon menyarankan orang-orang dengan pager untuk membuangnya dan menginstruksikan rumah sakit untuk tetap "siaga tinggi". 

Kementerian tersebut juga meminta para pekerja kesehatan untuk melaporkan diri ke tempat kerja dan meminta mereka untuk tidak menggunakan perangkat nirkabel. 

Kantor Berita Nasional milik pemerintah Lebanon mengimbau untuk melakukan donor darah. Petugas ambulans dikerahkan dari kota-kota utara Tripoli dan Al-Qalamoun untuk membantu di Beirut.

Serangan itu terjadi hanya sehari setelah utusan khusus pemerintahan Biden Amos Hochstein mengunjungi Israel dan memperingatkan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu agar tidak memprovokasi eskalasi besar di Lebanon.


Serangan Gelombang kedua

Sekitar 24 jam setelah ledakan awal, gelombang kedua ledakan perangkat terjadi di Lebanon. Hizbullah menyatakan bahwa radio genggam terlibat. 

Perangkat yang terkena dampak dilaporkan sebagai walkie-talkie VHF Icom IC-V82 , yang diketahui digunakan oleh militan Hizbullah. 

Namun, model IC-V82 dihentikan pada tahun 2014. 

Icom sebelumnya telah mengeluarkan peringatan penasihat tentang radio palsu, termasuk IC-V82, dan mengatakan pada 19 September bahwa mereka sedang melakukan penyelidikan. 

Seorang eksekutif penjualan di anak perusahaan AS mengatakan transceiver yang terlibat tampaknya adalah produk "tiruan". 

Ledakan dilaporkan terjadi di Beirut, Lembah Bekaa, dan Lebanon selatan. Ledakan tersebut juga menyebabkan kebakaran di sedikitnya dua rumah. 

Ledakan lainnya terjadi di sebuah pemakaman yang diadakan di Beirut untuk tiga anggota Hezbollah dan seorang anak, yang telah tewas oleh ledakan awal.

Ponsel pintar, panel surya, walkie-talkie, radio, interkom, aki mobil termasuk di antara perangkat lain yang dilaporkan meledak pada hari itu. 

Pertahanan Sipil Lebanon melaporkan bahwa timnya menanggapi kebakaran yang terjadi di 60 rumah dan toko, termasuk toko aki lithium di Majdal Selm , serta 15 mobil dan sejumlah sepeda motor. 

Kebakaran ini dipicu oleh ledakan radio dan dua perangkat sidik jari di berbagai lokasi di seluruh Kegubernuran Nabatieh . 

Satu perangkat yang rusak ditemukan di dalam ambulans dan dinetralisir dalam ledakan terkendali oleh Angkatan Darat Lebanon di Pusat Medis Universitas Amerika di Beirut.

Setelah gelombang kedua ledakan, sekelompok pria menyerang kendaraan UNIFIL di Tyre , sebelum angkatan bersenjata Lebanon campur tangan.

Pendukung Hizbullah dilaporkan mencegah jurnalis untuk merekam kejadian tersebut.  Palang Merah Lebanon mengirimkan 30 ambulans untuk mengangkut korban.


SUMBER: WIKIPEDIA, AL JAZEERA

 

Editor: Muhammad Barir

Tag:  #daftar #perangkat #yang #dipasang #peledak #lebanon #dari #pager #walkie #talkie #ponsel #hingga #radio

KOMENTAR