Gedung Putih: Amerika Serikat Tak Terlibat Gelombang Ledakan di Lebanon
Ambulans membawa korban luka ke Pusat Medis Universitas Amerika di Beirut pada 17 September 2024, setelah ledakan terjadi di beberapa lokasi di kubu Hizbullah di sekitar Lebanon di tengah ketegangan lintas batas yang sedang berlangsung antara Israel dan pejuang Hizbullah. - Ratusan orang terluka ketika perangkat pemanggil anggota Hizbullah meledak secara serentak di seluruh Lebanon pada 17 September, yang menurut sumber yang dekat dengan gerakan militan tersebut merupakan ''pelanggaran Israel'' terhad
11:00
19 September 2024

Gedung Putih: Amerika Serikat Tak Terlibat Gelombang Ledakan di Lebanon

Juru bicara keamanan nasional Gedung Putih John Kirby menekankan kalau Amerika Serikat (AS) tidak terlibat dalam dua gelombang serangan di Lebanon.

Dalam jumpa pers, juru bicara keamanan nasional Gedung Putih John Kirby mengklarifikasi bahwa Amerika Serikat tidak terlibat dalam dua gelombang ledakan di Lebanon pada hari Selasa dan Rabu, yang secara khusus menargetkan beberapa jenis pager dan walkie-talkie.

Sejumlah laporan, serangan ini mengincar anggota-anggota Hizbullah, namun penggunaan jenis pager dan walkie-talkie itu juga digunakan kalangan umum sehingga menimbulkan dampak massal.

Ketika ditanya tentang tanggapan Gedung Putih terhadap komentar Menteri Keamanan Israel Yoav Gallant tentang "era baru perang" dan potensi ledakan untuk memicu eskalasi lebih lanjut, John Kirby menyatakan,  "Kami ingin melihat perang berakhir, dan semua yang telah kami lakukan sejak awal ditujukan untuk mencegah eskalasi."

 Ia menambahkan bahwa AS yakin "solusi diplomatik masih mungkin dilakukan."

Sebelumnya pada hari Rabu, Israel meledakkan penerima radio dua arah yang banyak digunakan di Lebanon dalam gelombang kedua serangan teroris elektroniknya setelah meledakkan pager telekomunikasi pada hari Selasa, Axios melaporkan, mengutip dua sumber yang mengetahui.

Pada hari Rabu sore, serangkaian ledakan dilaporkan terjadi di Beirut, Lebanon Selatan, dan Bekaa.

Rekaman video yang diunggah di media sosial menunjukkan perangkat telekomunikasi, yang lebih dikenal sebagai walkie-talkie, meledak selama prosesi pemakaman seorang anggota Hizbullah, yang tewas dalam serangan kemarin.

Rekaman lainnya menunjukkan mobil, sepeda motor, dan rumah terbakar di tengah dampak ledakan.

Empat belas warga tewas dan lebih dari 450 lainnya terluka dalam serangan itu, koresponden Al Mayadeen mengumumkan.

Petugas medis mengumpulkan sumbangan darah di pinggiran selatan Beirut pada 17 September 2024, setelah ledakan melanda lokasi di beberapa benteng Hizbullah di sekitar Lebanon di tengah ketegangan lintas perbatasan yang sedang berlangsung antara Israel dan pejuang Hizbullah. - Ratusan pager yang digunakan oleh anggota Hizbullah meledak di seluruh Lebanon pada hari Selasa, menewaskan sedikitnya delapan orang dan melukai duta besar Teheran di Beirut dalam ledakan yang oleh kelompok militan yang didukung Iran itu disalahkan pada Israel. (Photo by AFP) Petugas medis mengumpulkan sumbangan darah di pinggiran selatan Beirut pada 17 September 2024, setelah ledakan melanda lokasi di beberapa benteng Hizbullah di sekitar Lebanon di tengah ketegangan lintas perbatasan yang sedang berlangsung antara Israel dan pejuang Hizbullah. - Ratusan pager yang digunakan oleh anggota Hizbullah meledak di seluruh Lebanon pada hari Selasa, menewaskan sedikitnya delapan orang dan melukai duta besar Teheran di Beirut dalam ledakan yang oleh kelompok militan yang didukung Iran itu disalahkan pada Israel. (Photo by AFP) (AFP/-)

Bom Dipasang di Samping Baterai

Sebelumnya, seorang sumber keamanan mengatakan kepada Reuters bahwa walkie-talkie dibeli lima bulan lalu, yang bertepatan dengan tanggal pembelian pager.

The New York Times, mengutip pejabat AS dan pejabat lain yang diberi pengarahan tentang serangan itu, melaporkan bahwa Israel menanam bahan peledak dalam sejumlah pager merek Taiwan yang baru-baru ini diimpor ke Lebanon, untuk melakukan operasi terhadap Hizbullah.

Beberapa pejabat menyatakan bahwa pager yang dipesan oleh Hizbullah dari Gold Apollo telah dibuka duluan sebelum tiba di negara itu.

Sebagian besar pager adalah model AR924, tetapi pengiriman itu juga menyertakan tiga model lain dari perusahaan itu, menurut NYT.

Bahan peledak, yang beratnya kurang dari 60 gram, ditanamkan di samping baterai di setiap perangkat, kata dua pejabat.

 Sebuah sakelar tertanam juga ditanam di pager, yang memungkinkan peledakan bahan peledak dari jarak jauh.

Tag:  #gedung #putih #amerika #serikat #terlibat #gelombang #ledakan #lebanon

KOMENTAR