Pengantar Makanan Meninggal saat Tidur di Atas Sepedanya usai Bekerja 18 Jam Non Stop
Ilustrasi pengantar makanan. (Unsplash/Kai Pilger)
15:28
18 September 2024

Pengantar Makanan Meninggal saat Tidur di Atas Sepedanya usai Bekerja 18 Jam Non Stop

Seorang pengantar makanan berusia 55 tahun di Tiongkok meninggal saat tidur di atas sepedanya setelah menjalani hari kerja yang melelahkan selama 18 jam. Menurut South China Morning Post, insiden itu terjadi di Hangzhou, Provinsi Zhejiang di Tiongkok timur awal bulan ini.

Sebuah video yang menjadi viral di platform media sosial Tiongkok merekam pekerja pengantar makanan, bermarga Yuan, yang meninggal saat tidur saat beristirahat di atas sepeda listriknya setelah seharian bekerja keras memenuhi banyak pesanan. Insiden ini telah memicu diskusi daring tentang kesejahteraan dan hak hukum pengemudi pengantar di seluruh negeri.

Seorang saksi mengungkapkan bahwa pekerja pengantar makanan itu telah berada di posnya sejak pukul 9 malam pada tanggal 5 September hingga ia ditemukan pada pukul 1 pagi keesokan harinya oleh pengemudi pengantar lainnya.

Media tersebut melaporkan bahwa Tn. Yuan telah mendapatkan reputasi karena etos kerjanya yang tak kenal lelah, yang membuatnya mendapat julukan "Raja Pesanan". Ia biasanya memperoleh antara 500 dan 600 yuan ($70 dan $85) sehari, dengan penghasilan melebihi 700 yuan pada hari-hari hujan.

Baca Juga: Kabar Duka, Penyanyi Lawas Puput Novel Meninggal Dunia di Usia 50 Tahun

"Kadang-kadang dia bekerja sampai jam 3 pagi, lalu bangun jam 6 pagi untuk mulai bekerja lagi. Ketika dia merasa lelah, dia akan tidur sebentar di sepedanya, bersiap untuk kembali bekerja begitu pesanan datang," kata seseorang yang dekat dengan pengemudi pengiriman itu, menurut SCMP.

Rekan kerja Yuan yang lain mengatakan bahwa sebulan sebelum kematiannya, pria berusia 55 tahun itu mengalami patah kaki dalam kecelakaan lalu lintas saat mengantarkan pesanan. Dia beristirahat sekitar 10 hari sebelum kembali bekerja, dan dua minggu kemudian dia meninggal dunia.

Rekan kerja itu mengatakan bahwa Yuan pindah untuk mencari nafkah tetapi juga untuk menghidupi putranya yang berusia 16 tahun yang belajar di Hangzhou. Dia juga memiliki seorang putra sulung yang sudah menikah dan punya anak.

Menanggapi insiden itu, Kantor Kecamatan Xianlin di distrik Yuhang merilis pernyataan resmi yang mengonfirmasi bahwa Yuan telah "jatuh pingsan dan meninggal meskipun sudah mendapat perawatan darurat".

"Platform pengiriman makanan, perusahaan asuransi, dan keluarga telah mencapai kesepakatan. Pengaturan tindak lanjut sedang dilakukan dengan tertib," demikian bunyi pengumuman tersebut.

Baca Juga: Profil Ulama Tgk Muhammad Yusuf A Wahab alias Tu Sop, Calon Wakil Gubernur Aceh yang Meninggal Dunia di Jakarta

Sementara itu, di media sosial, insiden tersebut telah memicu kemarahan. ""Raja Pesanan"" lainnya telah jatuh. Apakah benar-benar tidak ada cara untuk menghindari tragedi ini?" kata seseorang.

"Dia berusia 50-an, satu-satunya pencari nafkah bagi keluarganya, bekerja siang dan malam. Semoga dia beristirahat dengan tenang. Saya berharap di kehidupan selanjutnya, dia tidak harus berpacu dengan waktu seperti ini," komentar yang lain.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #pengantar #makanan #meninggal #saat #tidur #atas #sepedanya #usai #bekerja #stop

KOMENTAR