Suami yang Bius Istri dan Minta Puluhan Pria Melecehkannya Diadili: Saya Seorang Pemerkosa
Ilustrasi pelecehan
20:48
17 September 2024

Suami yang Bius Istri dan Minta Puluhan Pria Melecehkannya Diadili: Saya Seorang Pemerkosa

"Saya seorang pemerkosa," kata seorang pria Prancis berusia 71 tahun yang dituduh membius istrinya sehingga ia dan sejumlah orang asing dapat melecehkannya di pengadilan pada hari Selasa, kembali ke kursi terdakwa setelah sakit selama sekitar seminggu.

Dominique Pelicot menggunakan tongkat saat ia perlahan memasuki ruang sidang di kota selatan Avignon, sebelum duduk di kursi berlengan biru untuk memberinya kenyamanan yang cukup untuk mengikuti sidang.

"Saya seorang pemerkosa, seperti yang lain di ruangan ini," kata Pelicot, merujuk pada 50 terdakwa lainnya dalam persidangan massal -- pria yang diduga direkrutnya secara daring untuk memperkosa istrinya saat itu, Gisele Pelicot.

"Mereka semua tahu" bahwa ia mengundang mereka untuk memperkosanya, katanya.

Baca Juga: Hukum Islam Suami Pelit Sama Istri, Baim Wong Diduga Miliki Sifat Ini

Namun ia menambahkan: "Ia tidak pantas menerima ini."

Dominique Pelicot dituduh memberikan obat anti-kecemasan kepada Gisele selama hampir satu dekade, dari tahun 2011 hingga 2020.

Saat dia tidak sadarkan diri, dia memperkosanya dan merekrut puluhan pria lain yang dia temui secara daring untuk melakukan hal yang sama.

Dominique Pelicot telah mengakui tuduhan tersebut, tetapi Selasa adalah pertama kalinya dia berbicara panjang lebar sejak persidangan dimulai pada tanggal 2 September.

Pengadilan mungkin juga akan mendengar lebih banyak dari Gisele Pelicot, yang hadir di ruang sidang bersama saudara laki-laki Dominique, Joel.

Baca Juga: Perilaku Kejahatan Anak Makin Liar: Gejala Anomie yang Tak Cukup Diselesaikan Lewat Penjara

Beatrice Zavarro, pengacara terdakwa, mengatakan kepada AFP pada hari Senin bahwa dia menderita "gumpalan darah di kandung kemih" dan awal dari infeksi ginjal.

Tetapi pemeriksaan medis yang diperintahkan oleh hakim ketua menemukan bahwa dia dalam kondisi yang layak untuk hadir di pengadilan, menghindari penundaan selama berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan untuk sidang.

Penyesuaian akan dilakukan pada "urutan sidang" dan Dominique Pelicot akan mendapatkan "istirahat teratur", kata Zavarro, seraya menambahkan bahwa keluhan kesehatan tersebut bukan upaya kliennya untuk melarikan diri dari keadilan.

Kesaksian Dominique Pelicot akan menentukan bagi 50 pria lain berusia 26 hingga 74 tahun yang diadili, empat di antaranya kasusnya akan disidangkan dalam beberapa hari mendatang.

Beberapa terdakwa telah mengakui bahwa ia memberi tahu mereka bahwa ia membius istrinya saat itu, sementara yang lain mengklaim bahwa mereka percaya mereka berpartisipasi dalam fantasi pasangan swinger.

Kasus tersebut telah memicu kemarahan di seluruh Prancis, dengan ribuan orang berdemonstrasi di kota-kota pada akhir pekan untuk menuntut diakhirinya pemerkosaan dan mendukung Gisele Pelicot.

Ia meminta agar persidangan dibuka untuk umum guna meningkatkan kesadaran tentang penggunaan narkoba untuk melakukan pelecehan seksual.

"Berkat Anda, saya memiliki kekuatan untuk melihat perjuangan ini sampai akhir," kata Gisele kepada para demonstran pada hari Senin.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #suami #yang #bius #istri #minta #puluhan #pria #melecehkannya #diadili #saya #seorang #pemerkosa

KOMENTAR