Ngeri! Dokter Ini Nonton Tutorial YouTube Saat Operasi, Pasien Remaja Tewas
Ilustrasi operasi (Freepik/peoplecreations)
17:04
10 September 2024

Ngeri! Dokter Ini Nonton Tutorial YouTube Saat Operasi, Pasien Remaja Tewas

Seorang dokter India dituduh menyebabkan kematian seorang anak laki-laki berusia 15 tahun setelah mengoperasinya sambil menonton video YouTube tentang cara mengangkat batu empedu melalui pembedahan.

Ajit Kumar Puri, seorang dokter di Rumah Sakit Ganpati di Saran, negara bagian Bihar, India, dituduh menyebabkan kematian dini seorang remaja setempat dengan mengoperasinya tanpa memiliki pengetahuan atau keterampilan yang tepat. Keluarga anak laki-laki itu mengklaim bahwa mereka membawanya ke rumah sakit minggu lalu setelah dia muntah beberapa kali. Dia dirawat dan gejalanya mereda, tetapi Dr. Puri memutuskan bahwa dia harus mengoperasi anak laki-laki itu untuk mengangkat batu empedu yang menyebabkan muntah.

Setelah menyuruh ayah remaja itu pergi untuk suatu keperluan, dokter itu mengoperasinya tanpa persetujuan keluarga, tetapi hal ini mengakibatkan kondisi anak laki-laki itu tiba-tiba memburuk. Akhirnya, Dr. Puri memutuskan bahwa dia harus dipindahkan ke rumah sakit lain, tetapi pasien itu meninggal dalam perjalanan, dan dokter itu melarikan diri setelah meninggalkan tubuhnya di tangga Rumah Sakit Patna sebelum melarikan diri.

Tragedi seperti itu sayangnya terjadi dari waktu ke waktu, tetapi dalam kasus ini, keluarga remaja tersebut mengatakan bahwa Dr. Ajit Kumar Puri punya alasan kuat untuk melarikan diri, mengingat bagaimana ia menangani situasi tersebut.

Baca Juga: Sinopsis Series IC 814: The Kandahar Hijack, Kisah Nyata Pembajakan Pesawat India

Ilustrasi operasi - biaya operasi hidung (Anna Shvets/pexels)Ilustrasi operasi - biaya operasi hidung (Anna Shvets/pexels)

Mereka mengklaim bahwa ia tidak memiliki keterampilan untuk melakukan operasi yang akhirnya menyebabkan kematian pasien tersebut, karena ia terlihat menonton tutorial YouTube tentang cara mengeluarkan batu empedu saat operasi.

"Kami menerimanya dan muntahnya berhenti segera setelah itu. Namun, dokter Ajit Kumar Puri mengatakan bahwa ia perlu dioperasi. Ia melakukan operasi dengan menonton video di YouTube. Anak laki-laki saya meninggal kemudian," kata ayah anak laki-laki tersebut kepada NDTV.

Begitu ia sadar kembali setelah operasi, anak laki-laki berusia 15 tahun itu mulai mengeluhkan rasa sakit yang hebat, tetapi ketika Dr. Puri dihadapkan oleh keluarganya, ia membentak mereka dan bertanya apakah mereka dokter. Sayangnya, kondisi pasien memburuk, dan ia akhirnya harus diresusitasi. Pada saat itulah dokter memutuskan untuk memindahkan remaja tersebut ke rumah sakit lain, tetapi ia meninggal dalam perjalanan.

"Anak itu kesakitan. Ketika kami bertanya kepada dokter mengapa dia kesakitan, dia membentak kami dan bertanya apakah kami dokter," kata kakek remaja itu kepada wartawan. "Malam harinya, anak itu berhenti bernapas. Dia berhasil diselamatkan (dengan CPR) dan kemudian dilarikan ke Patna. Dia meninggal dalam perjalanan. Mereka meninggalkan jasad anak itu di tangga rumah sakit dan melarikan diri."

Polisi telah mengajukan pengaduan terhadap Dr. Puri dan pihak berwenang sedang menunggu hasil otopsi. Sementara itu, dokter yang melarikan diri itu tidak ditemukan, sehingga keluarga korban dan polisi curiga bahwa dia bukan dokter sungguhan.

Baca Juga: Terlalu Banyak Gigi Dicabut Sekaligus, Pria Lanjut Usia Meninggal Misterius

Dokter palsu bukan hal yang aneh di India. Awal tahun ini, seorang pria ditemukan berpraktik sebagai dokter di Mumbai dengan menggunakan gelar kedokteran istrinya. Beberapa tahun yang lalu, kami juga menulis tentang seorang pria yang berhasil bekerja di 16 rumah sakit swasta dengan berpura-pura menjadi dokter.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #ngeri #dokter #nonton #tutorial #youtube #saat #operasi #pasien #remaja #tewas

KOMENTAR