Serangan Elang Emas di Norwegia Meresahkan, Seorang Balita Diserang hingga Tersayat dan Dijahit
ilustrasi elang (pixabay)
12:08
10 September 2024

Serangan Elang Emas di Norwegia Meresahkan, Seorang Balita Diserang hingga Tersayat dan Dijahit

Seekor elang emas muda menyerang seorang balita di Norwegia, mencakarnya dengan sangat parah hingga ia membutuhkan jahitan, yang menurut seorang ahli burung kemungkinan merupakan serangan keempat burung tersebut terhadap manusia dalam seminggu terakhir.

Keganasan burung tersebut terjadi selama lima hari di wilayah pegunungan yang luas di Norwegia selatan.

Elang emas, yang umum di Norwegia dan merupakan burung pemangsa terbesar kedua di negara Skandinavia itu, biasanya memangsa hewan yang lebih kecil, serta rubah dan domba. Namun ternyata belum lama ini hewan tersebut juga menyerang balita hingga membutuhkan jahitan dan pengobatan untuk luka sayatan yang dalam. Burung itu dibunuh setelah menyerang anak kecil tersebut.

Elang emas "kemungkinan memiliki kelainan perilaku" yang memicu serangan tersebut, kata Alv Ottar Folkestad, seorang ahli elang di BirdLife Norge, kepada The Associated Press pada hari Senin.

Baca Juga: Balita di India Punya Akun LinkedIn: Saya Berusia 2 Tahun Hari Ini dan Sudah Mulai Merasakan Tekanan Dunia Ini

"Apa yang terjadi sangat berbeda dari biasanya," katanya, seraya menambahkan bahwa serangan tersebut kemungkinan besar dilakukan oleh elang betina yang lahir tahun ini.

"Detail pada bulunya membuat saya percaya bahwa itu adalah burung yang sama. Bulu burung tersebut berarti tidak ada dua elang emas yang sama,” kata Folkestad, seraya menambahkan bahwa beberapa hari terakhir ada “kondisi cuaca yang menguntungkan” dengan angin yang bertiup kencang sehingga elang dapat terbang jauh di atas Norwegia selatan.

Dalam serangan terbaru, seorang gadis berusia 20 bulan sedang bermain di luar sebuah peternakan di Orkland, sebuah kota kecil di selatan, pada hari Sabtu ketika elang itu datang “tiba-tiba” dan mencakarnya.

Ayah gadis itu, yang tidak berada di sana saat serangan itu, mengatakan kepada penyiar Norwegia NRK bahwa ibu dan tetangganya berlomba untuk melawan elang tersebut. Raptor itu menyerang tiga kali sebelum terbunuh ketika dipukul dengan sepotong kayu, kata Folkestad.

Ayahnya mengatakan putrinya mendapat beberapa jahitan di bagian belakang kepalanya dan ada bekas cakaran dari cakar elang di bawah dagu dan wajahnya. Surat kabar VG mengatakan bahwa salah satu luka berada tepat di bawah salah satu mata gadis itu. Gadis itu dan ibunya baik-baik saja. Baik balita maupun keluarganya tidak teridentifikasi dan mereka telah meminta untuk tidak dihubungi, kata NRK.

Baca Juga: Bocah 5 Tahun di Utah Tak Sengaja Tembak Diri Sendiri hingga Tewas saat Main di Kamar Ortu

Polisi mengatakan mereka mengetahui serangan tersebut tetapi tidak memiliki informasi terperinci tentang insiden tersebut, dan mengatakan seorang penjaga hutan telah dihubungi.

Tiga orang lainnya telah melaporkan telah diserang, termasuk seorang pria yang merekam insiden tersebut di kamera.

Mariann Myrvang, yang diserang pada hari Rabu, mengatakan kepada NRK bahwa dia berteriak minta tolong ketika "sesuatu yang besar dan berat mendarat di pundak saya."

"Saya berlutut, karena saya tidak bisa berdiri."

Berbekal ranting, suaminya berhasil mengusir elang itu. Cakarnya masuk jauh ke dalam daging Myrvang dan dia kemudian menerima penisilin dan suntikan tetanus di rumah sakit.

Elang emas berukuran panjang antara 80 hingga 93 sentimeter (sekitar 2 kaki 7,5 inci hingga 3 kaki) dan memiliki lebar sayap sekitar 2 meter (6,5 kaki).

Burung jantan adalah burung terkecil dan beratnya antara 3 dan 4 kilogram (6,6 hingga 8,8 pon). Burung betina dapat memiliki berat hingga 5 kilogram (11 pon).

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #serangan #elang #emas #norwegia #meresahkan #seorang #balita #diserang #hingga #tersayat #dijahit

KOMENTAR