Pembunuhan Dokter Magang Moumita Debnath Memicu Aksi Protes Besar-Besaran di Seluruh Dunia
Kericuhan di India (Foto:X/@beatsinbrief)
13:40
9 September 2024

Pembunuhan Dokter Magang Moumita Debnath Memicu Aksi Protes Besar-Besaran di Seluruh Dunia

Ribuan diaspora India di lebih dari 130 kota di 25 negara menggelar aksi protes pada hari Minggu, menuntut keadilan atas pemerkosaan dan pembunuhan seorang dokter magang di Kolkata bulan lalu.

Aksi ini diorganisir oleh komunitas diaspora India dan menyebar ke berbagai negara, termasuk Jepang, Australia, Taiwan, Singapura, hingga Amerika Serikat dan sejumlah negara di Eropa.

Tragedi yang menimpa dokter berusia 31 tahun bernama Moumita Debnath memicu gelombang kemarahan global, memperkuat aksi protes yang sudah berlangsung di berbagai wilayah India.

Protes dimulai dari Asia dan dengan cepat menyebar ke kota-kota di Eropa dan Amerika. Di Amerika Serikat saja, direncanakan ada 60 aksi protes yang digelar.

Baca Juga: Sinopsis Series IC 814: The Kandahar Hijack, Kisah Nyata Pembajakan Pesawat India

Di Stockholm, Swedia, massa yang didominasi wanita berpakaian hitam berkumpul di Sergels Torg, menyanyikan lagu-lagu Bengali sambil mengangkat poster. Mereka menuntut pertanggungjawaban atas kejahatan ini serta peningkatan keamanan bagi perempuan India.

"Berita tentang kekejaman yang dialami seorang dokter muda ini membuat kita semua terkejut dan marah," kata Dipti Jain, salah satu penyelenggara protes global, yang juga alumni Sekolah Tinggi Kedokteran dan Rumah Sakit Nasional Calcutta.

Kasus ini mendapat perhatian luas, terutama karena tersangka yang ditangkap termasuk mantan kepala sekolah RG Kar Medical College, tempat korban menimba ilmu. Mahkamah Agung India dijadwalkan menggelar sidang lanjutan kasus ini pada hari Senin.

Kasus ini memicu perdebatan lebih luas mengenai keselamatan perempuan di India, meskipun undang-undang lebih keras telah diberlakukan sejak kasus pemerkosaan massal dan pembunuhan brutal mahasiswi di New Delhi pada 2012.
Para aktivis menegaskan bahwa kasus di Kolkata ini menjadi bukti bagaimana kekerasan seksual terhadap perempuan masih menjadi masalah serius yang harus dihadapi.

Baca Juga: Terlalu Banyak Gigi Dicabut Sekaligus, Pria Lanjut Usia Meninggal Misterius

Editor: Bella

Tag:  #pembunuhan #dokter #magang #moumita #debnath #memicu #aksi #protes #besar #besaran #seluruh #dunia

KOMENTAR