Diteriaki Pembunuh, Itamar Ben-Gvir Dilempari Pasir Saat Diusir Warga Israel dari Pantai Tel Aviv
Insiden pengusiran yang disertai cacian dan makian terhadap Menteri Keamanan Nasional sayap kanan Israel, Itamar Ben-Gvir, dari sebuah pantai di ibu kota Tel Aviv oleh warga Israel sendiri, Jumat (6/9/2024). 
16:40
7 September 2024

Diteriaki Pembunuh, Itamar Ben-Gvir Dilempari Pasir Saat Diusir Warga Israel dari Pantai Tel Aviv

Sekelompok warga Israel pada Jumat (6/9/2024) mengusir Menteri Keamanan Nasional sayap kanan Israel, Itamar Ben-Gvir, dari sebuah pantai di ibu kota Tel Aviv.

Pengusiran itu disertai dengan makian dan cercaan dengan menyebutnya "seorang pembunuh."

Media Israel mengunggah beberapa rekaman di situs web mereka yang memperlihatkan Ben-Gvir dan anggota keluarganya tiba di sebuah pantai ketika beberapa pengunjung pantai meneriakinya.

"Anda pembunuh, Anda teroris, dan karena Anda, para sandera sekarat di Gaza; beraninya Anda berjalan di pantai?" seorang warga Israel terlihat meneriakinya, dilansir Anadolu.

Menurut Times of Israel, seorang wanita Israel ditangkap untuk diinterogasi setelah melemparkan segenggam pasir ke arah Ben-Gvir.

Ben-Gvir dan menteri ekstremis sayap kanan lainnya dituduh oleh publik Israel dan oposisi menghalangi potensi pertukaran sandera dengan Hamas.

Israel memperkirakan lebih dari 100 sandera masih ditahan oleh kelompok pembebasan Palestina, Hamas di Gaza, beberapa di antaranya diyakini telah terbunuh.

Selama berbulan-bulan, AS, Qatar, dan Mesir telah berupaya mencapai kesepakatan antara Israel dan Hamas untuk memastikan pertukaran tahanan dan gencatan senjata serta mengizinkan bantuan kemanusiaan memasuki Gaza.

Namun upaya mediasi terhenti karena penolakan Netanyahu untuk memenuhi tuntutan Hamas untuk menghentikan perang.

Perang Israel yang sedang berlangsung di Jalur Gaza telah menewaskan hampir 40.900 warga Palestina, sebagian besar wanita dan anak-anak, dan melukai lebih dari 94.200 lainnya, menurut otoritas kesehatan setempat.

Blokade yang sedang berlangsung di daerah kantong itu telah menyebabkan kekurangan makanan, air bersih, dan obat-obatan yang parah, yang menyebabkan sebagian besar wilayah itu hancur.

Israel menghadapi tuduhan genosida atas tindakannya di Gaza di Mahkamah Internasional.

Dikecam Arab Saudi

Ben-Gvir memang dikenal sebagai menteri ekstremis yang cenderung melakukan hal-hal provokatif.

Beberapa waktu lalu, Kementerian luar negeri Arab Saudi mengutuk pernyataan yang dibuat oleh menteri Israel tersebut tentang Masjid Al Aqsa.

Dalam pernyataan kecamannya, Arab Saudi menekankan pentingnya menghormati situs bersejarah suci tersebut.

Dalam akun X-nya pada hari Selasa, Kementerian Luar Negeri Saudi menekankan bahwa para pejabat Zionis harus bertanggung jawab atas pelanggaran hukum internasional.

Riyadh sekali lagi menyerukan komunitas internasional untuk menghentikan tragedi kemanusiaan yang dihadapi warga Palestina, menurut pernyataan itu.

Seperti diketahui, Itamar Ben-Gvir, seorang menteri ekstremis Israel, telah menyatakan niatnya untuk membangun sinagoga di lokasi Masjid Al Aqsa.

Dalam perkembangan terkait, Kementerian Luar Negeri Yordania juga mengecam pernyataan kontroversial Ben-Gvir.

Kementerian itu juga mengumumkan keputusan Yordania untuk meneruskan pelanggaran tersebut ke pengadilan internasional.

Selain itu, Qatar telah mengomentari pernyataan ini, memperingatkan bahwa provokasi semacam itu akan berdampak negatif pada upaya mencapai gencatan senjata di Gaza.

"Untuk mengikuti pendekatan mereka, entitas Zionis telah menggali Masjid Al Aqsa selama bertahun-tahun untuk memfasilitasi penghancuran situs suci tersebut," tulis laporan MNA, Selasa (27/8/2024).

Menteri Keamanan Nasional Israel Itamar Ben-Gvir bergabung dengan para nasionalis Yahudi, termasuk aktivis sayap kanan, yang berunjuk rasa di Gerbang Damaskus Yerusalem pada tanggal 5 Juni 2024 selama pawai bendera Hari Yerusalem, yang memperingati perebutan wilayah timur kota tersebut oleh tentara Israel dalam perang Arab-Israel tahun 1967, yang merupakan lokasi kompleks masjid Al-Aqsa, situs tersuci ketiga umat Islam, yang oleh umat Yahudi disebut Temple Mount. Menteri Keamanan Nasional Israel Itamar Ben-Gvir bergabung dengan para nasionalis Yahudi, termasuk aktivis sayap kanan, yang berunjuk rasa di Gerbang Damaskus Yerusalem pada tanggal 5 Juni 2024 selama pawai bendera Hari Yerusalem, yang memperingati perebutan wilayah timur kota tersebut oleh tentara Israel dalam perang Arab-Israel tahun 1967, yang merupakan lokasi kompleks masjid Al-Aqsa, situs tersuci ketiga umat Islam, yang oleh umat Yahudi disebut Temple Mount. (Menahem KAHANA / AFP)

PBB: Pernyataan yang Memperburuk Situasi

PBB pada Senin mengecam pernyataan Menteri Israel Itamar Ben-Gvir baru-baru ini tentang pembangunan sinagoga di dalam lokasi Masjid Al-Aqsa di al-Quds Timur yang diduduki, dengan mengatakan bahwa pernyataan tersebut “sangat kontraproduktif.”

"Pernyataan seperti ini sangat kontraproduktif. Mereka berisiko memperburuk situasi yang sudah kering," kata juru bicara PBB Stephane Dujarric kepada wartawan dalam konferensi pers.

Menyoroti sensitivitas seputar status tempat suci di al-Quds, Dujarric mengatakan bahwa ada status quo yang disepakati para pihak mengenai tempat suci di al-Quds yang harus dihormati oleh semua orang, Anadolu Agency melaporkan.

Dia mendesak kepatuhan terhadap perjanjian ini, baik dalam tindakan maupun pernyataan publik, untuk menghindari meningkatnya ketegangan lebih lanjut.

Ben-Gvir pada hari Senin mengklaim bahwa orang Yahudi memiliki hak untuk berdoa di Masjid Al-Aqsa, dan mengatakan bahwa dia akan membangun sinagoga di sana.

Ini adalah pertama kalinya menteri Israel berbicara terbuka tentang pembangunan sinagoga di dalam Masjid Al-Aqsa. 

Menteri Keamanan Israel dari kelompok sayap kanan ultranasionalis, Itamar Ben-Gvir melakukan aksi provokatif dengan menyerbu Masjid Al Aqsa di Yerusalem yang diduduki. Menteri Keamanan Israel dari kelompok sayap kanan ultranasionalis, Itamar Ben-Gvir melakukan aksi provokatif dengan menyerbu Masjid Al Aqsa di Yerusalem yang diduduki. (khaberni)

Dianggap Ancaman Keamanan Israel

Menteri Pertahanan Israel, Yoav Gallant juga marah atas komentar Itamar Ben-Gvir.

Gallant mengatakan kalau pernyataan-pernyataan Ben Gvir menimbulkan 'ancaman terhadap keamanan nasional'

Menteri Keamanan Nasional Itamar Ben Gvir tidak bertanggung jawab dan menimbulkan ancaman bagi keamanan nasional Israel, Menteri Pertahanan Yoav Gallant menyatakan pada 23 Agustus.

Channel 12 melaporkan pada hari Jumat bahwa Gallant menyerang Ben Gvir, mengatakan bahwa kepergiannya yang marah dari sesi Kabinet Keamanan dan Urusan Politik Israel merupakan tindakan tidak bertanggung jawab yang membahayakan negaranya.

Ben Gvir meninggalkan pertemuan setelah menyerukan pengunduran diri kepala keamanan dalam negeri Israel (Shin Bet), Ronan Bar, yang mengkritik kunjungan provokatif Ben Gvir baru-baru ini ke Masjid Al-Aqsa di Yerusalem yang diduduki dan dukungannya yang lebih luas terhadap kekerasan pemukim Yahudi terhadap warga Palestina di Tepi Barat yang diduduki.

Pada tanggal 13 Agustus, Ben Gvir dan ratusan pemukim menyerbu halaman Al-Aqsa di bawah perlindungan polisi Israel, sementara 70 pemukim bersenjata melakukan pogrom terhadap warga Palestina di kota Jit, Tepi Barat, menewaskan satu orang, pada tanggal 16 Agustus.

Menteri Pertahanan Gallant mengatakan di situs media sosial X, “Menghadapi tindakan tidak bertanggung jawab Menteri Ben Gvir yang membahayakan keamanan nasional Negara Israel dan menciptakan perpecahan internal di negara tersebut, kepala Shin Bet dan orang-orangnya melaksanakan tugas mereka dan memperingatkan terhadap konsekuensi serius dari tindakan tersebut.”

Ben Gvir menanggapi pada X dengan mengatakan, “Anda berjanji untuk mengembalikan Lebanon ke Zaman Batu, sementara Anda mengembalikan Israel utara ke Zaman Batu.”

Ben Gvir menambahkan, “Daripada menyerang saya di Twitter, [Gallant] seharusnya menyerang Hizbullah di Lebanon.”

Perang antara Hizbullah dan Israel perlahan meningkat sejak dimulai pada Oktober tahun lalu.

Situs berita Walla melaporkan pada tanggal 23 Agustus bahwa "kepanikan Israel dan upayanya untuk menghindari serangan dahsyat di wilayah utara terus berlanjut." Surat kabar berbahasa Ibrani tersebut mencatat bahwa pada bulan Januari, Hizbullah menembakkan 344 rudal dan roket ke Israel. Pada bulan Juli, Hizbullah menembakkan tiga kali lipat lebih banyak, sekitar 1.091.

“Trennya jelas, dan jumlah rudal dan roket telah meningkat secara stabil sejak awal tahun.”

Walla melaporkan lebih lanjut bahwa 44 warga Israel telah tewas dan 271 terluka akibat serangan Hizbullah, menurut statistik yang disiapkan oleh Kantor Perdana Menteri.

Pada saat yang sama, serangan Israel terhadap Hizbullah dan Lebanon telah menewaskan sedikitnya 601 orang di Lebanon. Al Jazeera melaporkan bahwa seorang wanita Suriah dan kedua anaknya termasuk di antara 10 orang yang tewas dalam serangan Israel terhadap sebuah pabrik pada tanggal 17 Agustus.

Menurut media berita Qatar, Israel, Hizbullah, dan kelompok bersenjata lainnya di Lebanon telah saling melancarkan sedikitnya 8.533 serangan melintasi perbatasan dari 7 Oktober hingga 31 Juli, dengan Israel dilaporkan melakukan sekitar 82 persen dari serangan ini.

(oln/anadolu/mna/tc/*)

Tag:  #diteriaki #pembunuh #itamar #gvir #dilempari #pasir #saat #diusir #warga #israel #dari #pantai #aviv

KOMENTAR