Nasib Para Pemetik Buah Asal Indonesia di Inggris, Mimpi yang Tak Sesuai Kenyataan
Seorang pemetik buah memetik buah rasberi selama musim petik di sebuah pertanian dekat Swanley, Inggris, pada Juli 2023. 
13:30
7 September 2024

Nasib Para Pemetik Buah Asal Indonesia di Inggris, Mimpi yang Tak Sesuai Kenyataan

Para pekerja Indonesia yang membayar ribuan dolar AS untuk bepergian ke Inggris.

Tujuannya guna memetik buah di negara itu.

Namun mereka mengatakan akan pulang kampung dengan beban utang yang besar setelah dipecat karena tidak memenuhi target yang tidak realistis.

Pekerja migran Abdul mengatakan dia berangkat ke Inggris pada bulan Mei bersama sembilan warga Indonesia lainnya.

Mereka berangkat ke Inggris di bawah skema pekerja musiman negara itu, yang memberikan visa enam bulan kepada pekerja asing untuk bekerja di pertanian Inggris.

Dipekerjakan oleh perekrut Inggris Agri-HR, Abdul dikirim ke Haygrove, sebuah pertanian di Hereford, sekitar 215 km (135 mil) barat daya London.

"Seorang teman saya yang sudah pernah ke Inggris memberi tahu saya tentang peluang tersebut. Ia mengatakan saya bisa memperoleh $65 per hari dari memetik buah," kata Abdul, yang meminta untuk menggunakan nama samaran, kepada Al Jazeera.

Abdul, yang memperoleh sekitar $130 per bulan dari pekerjaan sebelumnya sebagai penjual es krim di provinsi Jawa Tengah, mengatakan bahwa ia terlilit utang sekitar $4.000 dengan meminjam uang dari keluarga dan teman untuk membayar biaya ke dua organisasi pihak ketiga di Indonesia .

Ini merupakan sebuah agen perekrutan bernama PT Mardel Anugerah International dan pusat pekerja bernama Forkom – serta biaya lain untuk bepergian ke Inggris.

Abdul mengatakan para pekerja di Haygrove diharapkan untuk memetik 20 kg buah ceri dan stroberi per jam, yang menurutnya merupakan tugas yang mustahil karena kurangnya buah – masalah yang semakin parah seiring dengan berjalannya musim panen.

“Kami [para pekerja Indonesia] selalu ditempatkan di pinggir perkebunan yang buahnya sedikit. Beberapa kali, kami diberi pohon yang kondisinya tidak bagus dan kami petik semua buah yang ada, tetapi kami tidak bisa berbuat lebih dari itu,” katanya.

Dipecat

Abdul mengatakan dia dan empat pemetik buah Indonesia lainnya menerima tiga peringatan tertulis sebelum mereka dipecat dalam waktu lima hingga enam minggu setelah tiba di perkebunan.

Ia juga menuduh bahwa pekerja lain yang tidak memenuhi target tidak diberhentikan.

"Ketika mereka melepas kami, Haygrove hanya berkata, 'Maaf, kami juga tidak menginginkan ini', dan memberikan kami surat resmi yang menyatakan bahwa kami telah dipecat dan tiket kami kembali ke Indonesia akan berangkat keesokan harinya," katanya.

Dalam pernyataan yang diberikan kepada Al Jazeera, Haygrove mengatakan bahwa para pekerja tersebut telah diberhentikan karena kinerja yang buruk dan bahwa perusahaan “berkomitmen pada praktik ketenagakerjaan yang adil dan kesejahteraan semua pekerja kami”.

“Pada tanggal 24 Juni 2024, lima pekerja Indonesia diberhentikan setelah menjalani proses disiplin yang menyeluruh dan adil karena kinerja yang buruk secara konsisten. Pemberhentian ini dilakukan sesuai dengan prosedur manajemen kinerja terstruktur kami, yang mencakup beberapa tahap umpan balik, pelatihan, dan dukungan,” kata pihak peternakan.

Buka Penyelidikan

Gangmasters and Labour Abuse Authority (GLAA), lembaga utama Inggris untuk menyelidiki eksploitasi tenaga kerja, awal tahun ini membuka penyelidikan terhadap kasus tersebut.

Menurut aturan perizinan GLAA, “pemegang lisensi tidak boleh mengenakan biaya kepada pekerja untuk layanan pencarian kerja apa pun”.

Namun, biaya lain seperti perjalanan dan pemeriksaan kesehatan dapat dikenakan selama bersifat sukarela.

“Barang atau layanan tambahan harus bersifat opsional dan tidak dapat didiskriminasi jika tidak diambil,” aturan tersebut menyatakan.

Dalam pernyataan yang diberikan kepada Al Jazeera, GLAA mengatakan pihaknya sedang menyelidiki keluhan para pekerja.

"Saat ini kami sedang menyelidiki proses perekrutan sejumlah pekerja Indonesia di Inggris dan berupaya mencari tahu keadaan sebenarnya. Saat ini, kami belum dapat memberikan komentar lebih lanjut karena penyelidikan masih berlangsung," katanya.

Penyelidikan Serius

Haygrove mengatakan pihaknya menanggapi tuduhan pelanggaran "dengan sangat serius" dan bekerja sama sepenuhnya dengan penyelidikan GLAA.

"Kami tidak menyadari adanya biaya perekrutan ilegal hingga pihak ketiga menyampaikan kekhawatiran dan kemudian melaporkannya ke GLAA oleh Agri-HR. Haygrove memiliki kebijakan tanpa toleransi terhadap praktik semacam itu dan secara aktif mendukung penyelidikan GLAA," kata pihak pertanian.

“Kami tegaskan bahwa tidak ada masalah yang disampaikan secara langsung oleh pekerja Indonesia terkait perekrutan, akomodasi, atau kondisi kerja mereka di Haygrove.”

Setelah dipecat oleh Haygrove, Abdul dan dua pekerja lainnya memutuskan untuk tetap tinggal di Inggris.

Abdul kini telah mendapat pekerjaan di pertanian lain untuk memetik selada, meskipun visanya yang berlaku selama enam bulan akan berakhir pada bulan November, setelah itu ia harus kembali ke Indonesia.

PT Mardel mengatakan kepada Al Jazeera bahwa warga Indonesia yang ingin memanfaatkan skema pekerja musiman Inggris harus mampu menanggung biaya visa, pemeriksaan kesehatan, tiket pesawat pulang pergi dan asuransi, bersama dengan biaya pemrosesan lainnya sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh departemen tenaga kerja Indonesia.

“Perkiraan biaya yang dibutuhkan maksimal 33 juta rupiah [$2.123],” kata juru bicara perusahaan. “Para pekerja yang kami tempatkan di Inggris semuanya sangat senang karena bisa bekerja di sana dengan gaji yang sangat baik. Pihak peternakan juga sangat memperhatikan kesejahteraan mereka,” kata juru bicara tersebut.

PT Mardel juga mengatakan tidak ada hubungan antara PT Mardel dan Forkom.

Forkom tidak menanggapi permintaan komentar yang berulang.

Beberapa pekerja lain yang menunggu keberangkatan ke Inggris mengatakan kepada Al Jazeera bahwa mereka juga dibebani utang.

Ali, seorang pelamar pekerja musiman asal provinsi Jawa Tengah, mengatakan dia masih menunggu untuk berangkat ke Inggris setelah Forkom memberitahunya bahwa dia bisa berangkat pada Agustus tahun lalu.

"Mereka bilang kalau saya pergi ke Inggris, saya akan mendapat $65 per hari dari memetik stroberi. Saya harus berhenti bekerja di Indonesia agar bisa fokus mengurus semua dokumen, tapi saya tidak jadi pergi," kata Ali, yang meminta untuk menggunakan nama samaran, kepada Al Jazeera.

Ali mengatakan dia sekarang berutang sekitar $1.300 kepada keluarganya.

“Uang saya sudah saya habiskan. Sebelumnya, saya membeli barang bekas dan menjualnya di pinggir jalan. Saya sudah melakukannya selama 25 tahun dan itu cukup untuk menghidupi keluarga,” katanya.

“Semua informasi tentang skema itu dikirim melalui Forkom, dan mereka membuat janji-janji yang tidak mereka tepati. PT Mardel juga mengatakan bahwa kami perlu mentransfer uang kepada mereka untuk mengamankan pekerjaan kami di Inggris.”

“Istri dan anak-anak saya menderita karena semua uang kami habis,” kata Ali. “Saya tidak mampu membayar biaya sekolah anak-anak saya dan uang saku mereka. Dampak terbesarnya adalah pada keluarga saya. Saya selalu bertengkar dengan istri saya sekarang karena kami tidak punya uang.”

Dalam pernyataan yang dikirimkan kepada Al Jazeera, Kedutaan Besar Indonesia di London mengatakan pihaknya mengetahui adanya laporan tentang pemetik buah Indonesia yang dieksploitasi di Inggris.

“KBRI London mendukung upaya Pemerintah Indonesia untuk memastikan penempatan tenaga kerja migran musiman Indonesia ke Inggris sesuai dengan ketentuan dan hukum yang berlaku di kedua negara,” kata KBRI.

Kedutaan mengatakan bahwa mereka mengetahui bahwa 136 pekerja musiman telah tiba di Inggris dan ditempatkan di tujuh tempat kerja di Inggris pada 22 Juli 2024.

“Penempatan pekerja musiman tersebut sesuai dengan rekomendasi Kementerian Ketenagakerjaan Indonesia dan verifikasi serta konsultasi dengan otoritas terkait di Inggris,” katanya.

Menanggapi tuduhan adanya pungutan liar selama proses perekrutan, Kedutaan Besar AS menyatakan “mendukung investigasi dan penegakan hukum oleh pihak berwenang di Indonesia dan Inggris, termasuk mendorong investigasi oleh GLAA”.

Andy Hall, seorang aktivis hak buruh yang mendukung pekerja Indonesia, mengatakan perusahaan-perusahaan Inggris semakin beralih ke pekerja migran karena Brexit.

"Ini berarti bahwa mereka kini merekrut pekerja dari berbagai tempat yang jauh, tetapi mereka tidak mau membayar upah mereka. Jika terjadi kesalahan, ini adalah situasi yang sangat berisiko karena para pekerja berpikir mereka akan mendapatkan banyak uang," kata Hall kepada Al Jazeera.

“Ini adalah kesalahan pihak Inggris. Sistemnya rusak dan para pelakunya juga rusak. Mereka lalai dan naif. Mereka telah membuat skema di mana para pekerja harus membayar biaya mereka sendiri, tetapi mereka dapat melakukannya dengan benar dan, jika mereka menjalankannya dengan benar, semuanya akan baik-baik saja.”

Hall mengatakan supermarket di Inggris merupakan bagian utama dari masalah ini karena mereka ingin membeli produk dengan harga termurah, yang berarti bahwa pertanian pada gilirannya tidak ingin membayar biaya perekrutan pekerja.

“Peternakan tidak mau membayar perekrut, dan perekrut kemudian mengharapkan para pekerja untuk membayar sendiri,” katanya. “Supermarket bertanggung jawab atas semua kekacauan ini. Mereka punya uang untuk melakukannya dengan benar. Itu semua hanya tekanan harga.”

Sumber: Al Jazeera

Editor: Hasanudin Aco

Tag:  #nasib #para #pemetik #buah #asal #indonesia #inggris #mimpi #yang #sesuai #kenyataan

KOMENTAR