Gilad Erdan, Utusan Israel di PBB Ucap Gedung PBB Harus Dihapus dari Muka Bumi, Sering Ganggu Sidang
Cuplikan video Duta Besar Israel untuk PBB, Gilad Erdan, merobek Piagam PBB di hadapan anggota PBB, Jumat (10/5/2024), sebagai protes terhadap persetujuan Majelis Umum PBB untuk mendukung keanggotaan penuh Palestina di PBB dan akan menggelar voting lagi. 
23:30
21 Agustus 2024

Gilad Erdan, Utusan Israel di PBB Ucap Gedung PBB Harus Dihapus dari Muka Bumi, Sering Ganggu Sidang

Utusan Israel yang akan segera lengser mengatakan Gedung PBB harus dihapus dari muka Bumi.

Pejabat tersebut telah menjadi berita utama selama setahun terakhir atas komentar dan serangannya yang terus-menerus terhadap PBB dan organisasi lain yang mengutuk genosida warga Palestina di Gaza.

Duta Besar Israel untuk PBB yang akan lengser, Gilad Erdan, pada tanggal 20 Agustus mengatakan bahwa gedung utama PBB di New York “harus ditutup dan dihapuskan dari muka bumi” dan diganti dengan “badan baru yang benar-benar mewakili nilai-nilai luhur.”

“Bangunan ini, yang mungkin tampak bagus dari luar, sebenarnya rusak dan terdistorsi,” imbuh Erdan.

Erdan mengakhiri masa jabatannya sebagai utusan Israel untuk PBB pada hari Senin, ketika penggantinya, Danny Ben Yosef Danon, mengambil alih jabatan tersebut.

Pejabat Israel yang kontroversial tersebut telah menjadi berita utama beberapa kali selama tahun lalu karena serangannya terhadap PBB dan upayanya untuk mengganggu sidang-sidang.

Pada bulan November, utusan Israel membuat marah utusan Tiongkok untuk PBB, Zhang Jun, setelah menuduh pejabat dan badan PBB menyebut korban Israel sebagai “hanya catatan kaki.”

"Di mana kemarahan UN Women terhadap Hamas yang memperlakukan wanita seperti barang dan menggunakan mereka sebagai tameng manusia? Mengapa baru sekarang Anda memutuskan untuk berbicara tentang wanita dan anak-anak di Gaza?" kata Erdan.

“Wakil terhormat Israel, saya ingin mengingatkan Anda bahwa Anda dapat sepenuhnya mengungkapkan pendapat yang berbeda dalam pernyataan Anda, tetapi harap tunjukkan rasa hormat setidaknya kepada para penyampai informasi yang diundang ke pertemuan tersebut. Ini adalah praktik Dewan Keamanan yang konsisten dan aturan yang harus dipatuhi semua orang. Saya ingin mengingatkan Anda untuk memperhatikan. Dan, silakan lanjutkan pidato Anda,” kata Zhang kepada Erdan.

Pada bulan Juni, Erdan mengarahkan pandangannya kepada Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres setelah ia memasukkan tentara Israel ke dalam daftar hitam karena melakukan pelanggaran berat terhadap anak-anak.

"Satu-satunya yang masuk daftar hitam adalah Sekretaris Jenderal yang memberi insentif dan mendorong terorisme dan dimotivasi oleh kebencian terhadap Israel. Sekretaris Jenderal seharusnya malu pada dirinya sendiri!" kata Erdan.

SUMBER: THE CRADLE

Editor: Muhammad Barir

Tag:  #gilad #erdan #utusan #israel #ucap #gedung #harus #dihapus #dari #muka #bumi #sering #ganggu #sidang

KOMENTAR