Pelit Tip ke Pelayan Resto di Amerika, Influencer India Dikecam: Makan di Cepat Saji Saja
Ilustrasi restoran (Unsplash.com/ Sandra Seitamaa)
17:52
21 Agustus 2024

Pelit Tip ke Pelayan Resto di Amerika, Influencer India Dikecam: Makan di Cepat Saji Saja

Memberi tip kepada pelayan adalah kebiasaan yang tersebar luas di seluruh dunia. Di Amerika Serikat, pelanggan diharapkan menambah 10 hingga 20 persen tambahan pada tab mereka di akhir makan. Baru-baru ini, seorang YouTuber India, yang mengunjungi Amerika Serikat, memicu perdebatan sengit di dunia maya setelah mengkritik budaya memberi tip di negara tersebut.

Dalam postingan viral, Ishan Sharma berbagi pengalamannya di sebuah restoran di Kota New York, di mana dia mengaku uang kembaliannya tak sesuai setelah membayar tunai $50 untuk makanan seharga $45. Pertanyaannya tentang pemberian tip wajib ditolak oleh server, mendorong dia untuk berbicara menentang praktik tersebut. Dia menyebut budaya memberi tip di New York sebagai "penipuan", meskipun temannya, seorang penduduk setempat, merasa malu dengan penolakannya untuk membayar lebih banyak uang tip.

''Memberi tip adalah sebuah penipuan di New York! Mengapa saya membayar ekstra hanya karena restoran membayar upah minimum per jam? Memesan krep, sandwich klub, dan Panini seharga $45(Rs. 3800). Kami membayar tunai $50 dan pelayan hanya mengambil sisanya sebagai tip. Saya meminta kembalian dan dia berkata, "Anda harus membayar tip" dan pergi. Saya bertanya, “Apakah wajib?” dan dia mengabaikanku. Dan teman saya (warga lokal) merasa bersalah karena tidak membayar tip setidaknya 20%! 20% untuk apa? GILA,'' tulisnya dalam postingannya.

Postingannya menuai dukungan dan kritik, dengan beberapa pengguna bersimpati atas rasa frustrasinya dan yang lain membela sistem pemberian tip sebagai cara untuk menunjukkan penghargaan atas pelayanan yang baik. Banyak juga yang mengecamnya karena gagal menghormati adat istiadat setempat dan norma-norma sosial di negara lain. Salah satu pengguna berkata, ''15-20% tip adalah kebiasaan sosial yang lazim di AS. Ketika di Roma lakukan seperti yang dilakukan orang Romawi. Jika Anda merasa pemberian tip itu salah, jangan memesan makanan di restoran biasa.”

Baca Juga: Google Dikritik Tekan Influencer Teknologi untuk Ajak Gunakan Ponsel Pixel Dibanding Produk Pesaing

Pengguna lain berkomentar, ''Anda adalah alasan mengapa dunia menjadi rasis terhadap orang India. Berhentilah bersikap pelit.''

Yang ketiga menyatakan, ''Jika Anda tidak ingin memberi tip, makanlah makanan cepat saji saja. Memberi tip adalah kebiasaan di restoran tempat duduk. Bukan sekedar sebagai ucapan terima kasih khusus jika pelayanannya baik, tapi SETIAP saat. Orang-orang ini bukan pelayanmu. Ini adalah kerja keras untuk melayani pelanggan yang egois dan berhak."

Yang keempat berkata, ''Saya tidak tahu tentang Amerika; tapi bukankah tip harusnya diberikan sebagai cara mengucapkan terima kasih tapi sebagai suatu keharusan.'' Yang kelima menambahkan, ''Gila ya. Pelayan mungkin mengutukmu karena hanya menyisakan 10%.''

Sebelumnya, YouTuber tersebut kembali memicu perdebatan di media sosial ketika dia mengkritik kurangnya keramahtamahan di hotel-hotel Amerika. Pria berusia 22 tahun, yang terbiasa dengan keramahtamahan luar biasa di Taj Hotel di India, terkejut ketika dia dikenai denda sebesar $14,99 (1,258) untuk sebotol air pada pukul 2 pagi di Caesars Palace Hotel yang ikonik di Las Vegas. Pengalamannya memicu perdebatan tentang perbedaan standar pelayanan antara India dan Amerika.

Baca Juga: Simpan Sobekan Buku Harian Anaknya, Ayah Dokter Korban Pemerkosaan di India Ungkap Kekecewaan

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #pelit #pelayan #resto #amerika #influencer #india #dikecam #makan #cepat #saji #saja

KOMENTAR