Zara Dikritik usai Produksi Baju Anak-anak dengan Tulisan 'Nakal' Menjurus ke Arah Seksual
brand zara (Shutterstock)
06:20
21 Agustus 2024

Zara Dikritik usai Produksi Baju Anak-anak dengan Tulisan 'Nakal' Menjurus ke Arah Seksual

Jaringan ritel pakaian Spanyol Zara baru-baru ini menjadi berita setelah mereka mendapat reaksi keras atas kaos anak-anak yang disebut-sebut "menjurus ke arah seksual". Kontroversi dimulai setelah seorang wanita memposting video kemeja putih leher awak yang menampilkan tulisan hitam dan merah bertuliskan "The Perfect Snack" di sisi kiri dada dan "The Strawberry: A small burst of sweet joy" di bagian dada kanan.

Selanjutnya, bagian belakang kaos tersebut memperlihatkan dua bagian buah strawberry, yang satu memperlihatkan bagian dalam buah dan yang lainnya memperlihatkan bagian luar. Judul di bagian belakang berbunyi, "Cobalah. Rasa manis yang nikmat, menjadikannya camilan musim panas yang sempurna" dan "stroberi: sedikit kegembiraan".

Laura Wilson, 32, ibu dua anak yang tinggal di London mengatakan bahwa pakaian tersebut ada di bagian pakaian anak perempuan di toko merek pakaian tersebut di Bluewater Shopping Centre di Kent. Khususnya, istilah "makanan ringan" digunakan untuk orang yang menarik secara seksual.

Ms Wilson berkata dalam klip itu, "Saya bukan orang yang terlalu sensitif tentang pakaian, dan ini adalah bagian untuk anak perempuan. Tunggu saja sampai Anda melihat apa yang ada di belakangnya. Jika Anda membeli ini untuk anak Anda, Anda memerlukan kata-kata yang serius dengan dirimu sendiri, menurutku."

Baca Juga: Sudah Berdamai, Atalia Praratya Kenang Beratnya Terima Keputusan Zara Lepas Hijab : Kami Juga Berkecamuk

"Saya sangat terkejut. 'Cobalah,' apakah ini hanya saya? Atau ini tidak oke? Saya tidak akan pernah melihat gadis-gadis saya mengenakan T-shirt ini," tambahnya.

Ms Wilson melanjutkan, "Ini benar-benar salah, dan sudah terlihat jelas."

Menjelaskan maksudnya, dia mengatakan kepada Daily Mail bahwa hal itu membuatnya merasa sangat tidak nyaman. "Saya masuk untuk melihat-lihat dan melihat t-shirt ini dan yang saya lihat hanyalah 'makanan ringan yang sempurna'. Saya langsung terpesona olehnya. Saya membaca sisi lain dan berpikir oke. Saya tidak berpikir itu bisa mendapatkan apa pun lebih buruk lagi tetapi ketika saya memutarnya, tertulis 'makanlah'. Saya tidak akan pernah membiarkan anak-anak saya mengenakan pakaian seperti itu. Saya pikir itu sugestif. Saya menoleh ke pasangan saya dan bertanya kepadanya apakah saya membaca ini dengan benar setuju bahwa itu mengerikan," katanya.

Wanita berusia 32 tahun itu mengatakan bahwa dia mengira dia bersikap terlalu protektif pada awalnya. Namun, setelah banyak orang yang setuju dengannya di TikTok dan menyebut pakaian itu "keji". Dia mengatakan kepada outlet tersebut, "Ini sangat sugestif. Kaos ini ditujukan untuk anak berusia enam hingga tujuh tahun dan menurut saya ini tidak apa-apa. Jika tertulis, 'makanan ringan yang sempurna', ini sangat sugestif. Anda mengatakan, 'itu camilan' dan itu cukup menunjukkan ketertarikan. Begitulah cara saya mengambilnya."

“Ada beberapa orang yang mengatakan bahwa itu hanya stroberi dan hanya berbicara tentang stroberi tetapi bahasa yang paling penting, saya tidak akan pernah membiarkan putri saya berjalan-jalan dengan 'menggigit' di bagian belakang kausnya. Mayoritas adalah sepenuhnya setuju bahwa kaos tersebut sangat sugestif, keji dan suram serta tidak pantas untuk anak-anak,” tambahnya.

Baca Juga: Gadis 'Orang Asli' Usia 10 Tahun Ditemukan Tewas, Hasil Otopsi Ungkap Adanya Pemerkosaan

Zara mengeluarkan permintaan maaf dan menghapus kaos tersebut dari toko dan situs web mereka. “Tidak ada maksud penggunaan kata 'makanan ringan' pada kaus ini untuk menyiratkan hal lain selain makna tradisional dari kata tersebut, sebagaimana dibuktikan dengan gambar stroberi pada pakaian tersebut. Namun, kini kami memahami bahwa beberapa orang setiap orang menafsirkan istilah ini secara berbeda," kata merek tersebut kepada New York Post.

Oleh karena itu, kami telah menghapus kaos tersebut dari toko dan situs kami. Dan kami meminta maaf atas kesalahpahaman atau pelanggaran yang ditimbulkan, tambah mereka.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #zara #dikritik #usai #produksi #baju #anak #anak #dengan #tulisan #nakal #menjurus #arah #seksual

KOMENTAR