Tingkatkan Pengalaman Main Game Streaming, Nvidia Kenalkan Teknologi Cloud G-Sync
Ilustrasi: Nvidia tingkatkan pengalaman cloud gaming dengan teknologi G-Sync. (Gizmochina)
13:44
16 Maret 2024

Tingkatkan Pengalaman Main Game Streaming, Nvidia Kenalkan Teknologi Cloud G-Sync

- Saat ini main game tak harus memiliki perangkat gaming kelas berat yang mahal harganya. Bagi yang koceknya ngepas, saat ini ada yang solusi yang namanya cloud gaming. Cara ini menggunakan layanan atau aplikasi tertentu nenggunakan solusi awan atau cloud seperti Steam dan sejenisnya.

Karena dengan cara streaming, seringkali bermain game di layanan streaming cloud terbatas experience-nya. Rasanya tidak bisa semenyenangkan bermain di PC, laptop atau konsol yang memang dedicated untuk gaming.

Untuk mengatasi hal tersebut, Nvidia telah meluncurkan teknologi yang disebut Cloud G-Sync, yang bertujuan untuk meningkatkan pengalaman streaming game bagi pengguna GeForce. Eksklusif untuk instans SuperPOD GeForce NOW RTX 4080 di bawah tingkat langganan Ultimate, Cloud G-Sync bertugas untuk menyinkronkan kecepatan refresh tampilan dengan streaming cloud gaming.

Selain itu, teknologi tersebut juga dibuat untuk meminimalkan lag dan kegagapan layar untuk gameplay yang lebih lancar. Fitur ini juga menyertakan teknologi Reflex untuk mengurangi latensi di cloud gaming.

Dilansir via Gizmochina, untuk memanfaatkan Cloud G-Sync, pengguna harus memiliki perlengkapan layar dengan kecepatan refresh lebih tinggi dari 60Hz dan dukungan teknologi kecepatan refresh variabel (VRR), seperti Nvidia G-Sync, AMD FreeSync atau ProMotion milik Apple.

Khususnya, Cloud G-Sync hanya tersedia melalui aplikasi asli GeForce Now dan tidak diperluas ke klien browser, seluler, atau TV. Sementara untuk sistem Windows, persyaratan minimum kartu grafis Nvidia Turing Architecture (seri GTX 16 atau RTX 20) diperlukan, tidak termasuk dukungan untuk GPU Intel atau AMD.

Selain itu, aplikasi versi macOS mendukung semua model Apple Silicon dan model Mac berbasis Intel tertentu, termasuk konfigurasi MacBook Pro, MacBook Air, iMac, dan Mac Pro tertentu.

Penting untuk memastikan bahwa sistem yang dilengkapi dengan GeForce memiliki setidaknya versi driver R545 untuk mendukung Cloud G-Sync. Namun, Nvidia mengklarifikasi bahwa di Windows, beberapa monitor tidak didukung dengan fitur ini.

Bersamaan dengan pengenalan Cloud G-Sync, Nvidia juga meluncurkan tiket harian game cloud GeForce NOW, menawarkan versi Prioritas dan Ultimate. Tiket masuk ini memberikan 6 atau 8 jam bermain game pada tingkat yang sesuai, melayani pengguna yang meninggalkan komputer untuk sementara waktu atau ingin menjelajahi opsi cloud gaming.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #tingkatkan #pengalaman #main #game #streaming #nvidia #kenalkan #teknologi #cloud #sync

KOMENTAR