Konsisten dan Sabar Jadi Kunci Sukses Berkebun
Founder media sosial Infarm Dewa Wiradipta. (Istimewa)
20:48
6 Maret 2024

Konsisten dan Sabar Jadi Kunci Sukses Berkebun

 

Berkebun menjadi salah satu tren yang tidak terelakkan sejak masa pandemi Covid-19. Tidak sedikit orang yang memilih untuk menghabiskan waktunya dengan melakukan kegiatan tersebut.

Sebab selain menyenangkan, juga menghasilkan. Media pembelajaran berkebun pun kian mudah karena telah bertebaran di internet.

Founder media sosial Infarm Dewa Wiradipta yang juga pelopor budaya berkebun menjelaskan, ada sejumlah cara untuk mereka yang ingin memulai berkebun di rumah. Di antaranya, memilih tempat mendapat sinar matahari secara langsung.

”Minimal terpapar sinar matahari yang cukup 4-8 jam,” ujar Dewa Wiradipta.

Kemudian lanjut dia, pasang drainase yang baik, pilih tanaman yang mudah tumbuh seperti jenis sayur, kangkung dan sawi caisim. Pastikan juga bibit yang dipilih memiliki kualitas yang baik.

Selanjutnya, kata dia, konsisten dalam perawatan. Mulai dari penyiraman, pemupukan yang teratur agar tanaman mendapatkan nutrisi. Serta, semprot pestisida minimal seminggu sekali.

”Kunci keberhasilan berkebun adalah konsistensi dalam perawatan. Kemudian, nikmati prosesnya,” ujar Dewa Wiradipta, pemilik PT Kayuan Infarm tersebut.

”Sosial media Infarm sering membagikan konten tentang manfaat berkebun, ide-ide kreatif menanam, dan lainnya,” lanjut Dewa Wiradipta.

Editor: Latu Ratri Mubyarsah

Tag:  #konsisten #sabar #jadi #kunci #sukses #berkebun

KOMENTAR