9 Keluarga Paling Berpengaruh di One Piece, Misterius dengan Anggota Klan yang Ditakuti Orang
Monkey D. Luffy, Monkey D. Garp, dan Monkey D. Dragon punya reputasi dan prestasi yang berbeda di One Piece. (Game Rant)
19:04
24 September 2024

9 Keluarga Paling Berpengaruh di One Piece, Misterius dengan Anggota Klan yang Ditakuti Orang

Keluarga paling berpengaruh di One Piece bukan hanya punya kekuasaan yang besar. Kekuatan mereka juga menjadi faktor mengapa mereka begitu disegani.

One Piece punya sistem politik yang cukup menarik. Sistem pemerintahan mereka sebagian besar dikendalikan keluarga dengan pengaruh dan kaitan pada sejarah yang kuat.

Mereka tidak melulu merupakan kru bajak laut. Sebagian besar adalah penguasa sebuah wilayah dengan segala macam dinamikanya.

Faktanya, Pemerintah Dunia didirikan aliansi 20 keluarga setelah mereka menggulingkan Kerajaan Kuno.

Keluarga-keluarga itu punya pengaruh besar dalam sistem dan jalannya pemerintahan karena suara mereka didengar.

Meski begitu, ada pengecualian. Keluarga Monkey D. tidak punya pengaruh secara langsung kepada pemerintahan tersebut. Tapi, anggotanya cukup berbahaya bagi kelangsungan keberadaan mereka.

Selain itu, keluarga dengan huruf D di sebagai nama tengah juga dipandang berbahaya dan kuat. Namun, artikel ini hanya akan membahas keluarga dengan pengaruh kuat dalam sistem politik dan sosial.

Jadi, siapa saja keluarga paling berpengaruh di One Piece? Simak ulasannya berikut!

1. Keluarga Nerona

Keluarga Nerona jelas merupakan yang paling berpengaruh di One Piece. Keluarga ini berpartisipasi dalam perang melawan Kerajaan Kuno.

Salah satu anggota keluarga itu, Imu, kini menjabat sebagai pemimpin tertinggi Pemerintah Dunia. Meski begitu, tidak banyak yang diketahui dari keluarga ini.

Mengutip Game Rant, sampai saat ini, kekuatan Imu belum diketahui. Namun, spekulasi yang beredar menyebut kalau penghuni Takhta Kosong itu sangatlah kuat.

2. Keluarga Monkey D

Keluarga Monkey D dikenal punya reputasi yang tidak sama. Ada tiga orang anggota keluarga ini yang terkenal di dunia One Piece, yaitu Monkey D. Garp, Monkey D. Dragon, dan Monkey D. Luffy. Garp adalah kakek Luffy dan Dragon adalah ayah kapten Topi Jerami itu.

Uniknya, ketiga orang ini punya karier yang berbeda. Garp adalah wakil laksamana Marinir. Dragon merupakan pemimpin Pasukan Revolusi dan buronan kelas wahid Pemerintah Dunia. Sedangkan, Luffy malah menjadi kapten kru bajak laut.

Mengutip CBR, keluarga Monkey D ini bukanlah keluarga yang punya hubungan sangat dekat. Faktanya, Luffy kaget saat tahu kalau dia punya ayah. Meski mereka tidak bisa mengingat hari ulang tahun satu sama lain, mereka jelas punya kekuatan dan pengaruh besar.

3. Keluarga Nefertari

Keluarga Nefertari adalah satu dari 20 keluarga yang mendirikan Pemerintah Dunia, sama seperti Keluarga Nerona. Saat itu, mereka dipimpin Nefertari D. Lily. Tapi, dia tidak setuju dengan praktik organisasi itu.

Lily lalu merilis Poneglyph ke dunia. Setelah peristiwa itu, dia tidak pernah kembali ke Alabasta dan menghilang begitu saja. Ada dugaan kalau Imu membunuh Lily karena tindakannya itu.

Mengutip Game Rant, keluarga Nefertari punya sejarah tidak mengenakkan dengan Imu. Terbaru, nyawa Nefertari Cobra bahkan juga melayang di tangan Imu dan Gorosei. Saat ini, hanya Nefertari Vivi yang diketahui menjadi satu-satunya anggota keluarga itu yang masih hidup.

4. Keluarga Figarland

Keluarga Figarland diduga punya pengaruh sangat besar di dunia One Piece. Keluarga ini baru diperkenalkan di serial itu di babak Egghead, meski sudah disinggung di film One Piece Film: Red.

Mengutip Game Rant, mereka adalah salah satu dari 20 Pendiri Pemerintah Dunia. Pemimpin keluarga itu saat ini adalah Garling Figarland, yang memimpin unit Ksatria Suci Pemerintah Dunia. Baru-baru ini, dia juga ditunjuk sebagai salah satu anggota Gorosei, menggantikan St Jaygarcia Saturn.

Kreator One Piece, Eiichiro Oda, telah mengimplikasikan kalau Shanks terlahir di keluarga Figarland, sebagaimana dikutip dari SportsKeeda. Implikasi ini terlihat dengan kemiripan Garling muda dengan Shanks. Sejumlah teori menyebut kalau Shanks sebenarnya adalah anak Garling.

5. Keluarga Kozuki

Keluarga Kozuki adalah salah satu keluarga yang paling berpengaruh di Wano. Dulu, keluarga itu memerintah Wano dan sangat dihormati rakyatnya.

Mengutip Game Rant, perdamaian di Wano tidak bertahan lama. Orochi dan Kaido menggulingkan Sukiyaki dan Oden. Negara itu lalu berada di bawah kekuasaan keluarga Kurozumi yang kejam.

Pada akhirnya, Keluarga Kozuki kembali berkuasa dan menjadi pemimpin Wano setelah Penyerbuan Onigashima yang dilakukan aliansi perompak, ninja, samurai, dan Minks. Keluarga itu kini dipimpin Kozuki Momonosuke, yang juga merupakan Shogun Wano.

6. Keluarga Vinsmoke

Keluarga Vinsmoke dulunya menguasai North Blue. Tapi, mereka kemudian digulingkan. Saat ini, mereka adalah pemimpin sah Kerajaan Germa. Sanji adalah salah satu anggota keluarga ini.

Mengutip Game Rant, Keluarga Vinsmoke dipimpin Vinsmoke Judge, seorang pria kejam yang terobsesi dengan kekuatan. Anak-anaknya, kecuali Sanji, sangat mendukungnya. Anak-anak itu telah mengalami rekayasa genetis.

Keluarga ini punya pasukan besar yang bisa meluluhlantakkan sebuah negara. Mereka juga dianggap sebagai keluarga kerajaan. Keluarga ini bahkan diizinkan mengikuti Levelie. Tapi, status itu dicabut setelah mereka membuat kesepakatan dengan Bajak Laut Big Mom.

7. Keluarga Neptune

Keluarga Neptune memerintah Kerajaan Ryugyu. Keluarga tersebut dipimpin Neptune, yang saat ini menjabat sebagai raja di kerajaan tersebut. Anak-anak Neptune memimpin para ksatria di kerajaan itu.

Keluarga Neptune sangat dihormati rakyatnya karena pemerintahannya yang adil. Selain itu, seperti dikutip dari CBR, salah satu putri mereka, Shirahoshi, adalah Senjata Kuno Poseidon. Dia bisa mengomandoi Raja Laut hanya dengan suaranya.

Keluarga Neptune juga punya kaitan dengan Joy Boy, yang mengimplikasikan kalau penguasa Pulau Manusia Ikan itu beraliansi dengan Kerajaan Besar. Keluarga ini mungkin tidak terlalu berpengaruh, tapi kekuatan militernya tidak bisa disepelekan.

8. Keluarga Donquixote

Keluarga Donquixote adalah salah satu dari 20 keluarga pendiri Pemerintah Dunia. Awalnya, keluarga ini memerintah Dressrosa. Tapi, mereka kemudian pindah ke Marijois setelah Pemerintah Dunia berdiri.

Mengutip Game Rant, keluarga Donquixote berbeda dengan kebanyakan keluarga bangsawan di One Piece. Anggota keluarga ini lebih rasional dan baik hati.

Donquixote Homing, Donquixote Myosgard, dan Donquixote Rosinante adalah orang baik. Tapi, sebagaimana nasib orang baik di serial ini, mereka semua tewas dibunuh. Saat ini, hanya Donquixote Doflamingo yang masih hidup dan dia kejam.

9. Keluarga Riku

Setelah keluarga Donquixote pindah ke Marijoise, Keluarga Riku mengambil alih kekuasaan di Dressrosa. Tapi, itu tidak berlangsung lama. Donquixote Doflamingo kembali dan menggulingkan mereka.

Kawasan itu jadi menderita di bawah kekuasaan Doflamingo. Beruntung, kru Topi Jerami datang dan membantu Keluarga Riku kembali ke tampuk kekuasaan dengan menggulingkan Doflamingo yang saat itu merupakan salah satu anggota Shichibukai.

Mengutip Game Rant, begitu kembali berkuasa, Keluarga Riku pergi ke Levelie. Pemimpin mereka, Riku Doldo III, mengungkapkan ketidaksukaannya terhadap sistem Shichibukai dalam pertemuan tersebut. Setelah itu, Shichibukai pun dibubarkan.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #keluarga #paling #berpengaruh #piece #misterius #dengan #anggota #klan #yang #ditakuti #orang

KOMENTAR