5 Manfaat Minyak Zaitun Yang Belum Diketahui Selama Ini
Ilustrasi Minyak Zaitun
13:30
19 Januari 2024

5 Manfaat Minyak Zaitun Yang Belum Diketahui Selama Ini

Minyak zaitun atau Olive Oil dikenal sebagai minyak yang lebih menyehatkan daripada minyak goreng biasa. Kandungan nutrisi minyak zaitun bisa mendatangkan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Mau tahu apa saja manfaat minyak zaitun bagi kesehatan tubuh? Berikut beberapa manfaat minyak zaitun bagi kesehatan.

1. Sumber lemak tak jenuh tunggal

Minyak zaitun mempunyai kandungan lemah jenuh sekitar 14 persen, sedangkan 11 persennya meruapkan lemah tidak jenuh ganda, seperti asam lemak omega-6 dan omega-3. Namun, asam lemak yang dominan dalam minyak zaitun adalah lemak tak jenuh tunggal yang bernama asam oleat.

Asam lemak oleat mengandung 73 dari total kandungan minyak dan terkenal dapat mengurangi peradangan, dan bahkan mungkin memiliki efek menguntungkan pada gen yang terkait dengan kanker.

2. Sumber antioksidan

Selain dari asam lemaknya yang bermanfaat, minyak zaitun juga mengandung vitamin E dan K dalam jumlah yang sedang, serta memiliki antioksidan yang lumayan kuat. Antioksidan dari minyak ini aktif secara biologis dan dapat mengurangi risiko penyakit kronis, serta dapat melawan peradangan dan membantu melindungi kolesterol darah dari oksidasi.

3. Mengurangi peradangan dalam tubuh

Mengutip Current Pharmaticeutical Design, minyak ini memiliki sifat antiinflamasi. Hal tersebut memungkinkan karena antioksidan yang terdapat di dalam minyak ini. Selain karena sifat antioksidannya, kandungan asam lemak oleocanthal juga mendukung manfaat antiinflamasi dari minyak zaitun.

Asam lemak ini dapat mengurangi kadar penanda peradangan penting seperti protein C-reaktif (CRP) dan oleocanthal juga berfungsi serupa dengan obat ibuprofen yang banyak untuk penggunaan anti-peradangan.

4. Mencegah stroke

Mengutip dari ulasan penelitian yang terbit pada 2014 di jurnal Lipids in Health and Disease yang mencoba mempelajari hal ini dengan mengulas penelitian pada 841.000 orang dan menemukan fakta bahwa minyak zaitun adalah satu-satunya sumber lemak tak jenuh tunggal yang terkait dengan penurunan risiko stroke dan penyakit jantung.

5. Menurunkan risiko penyakit Alzheimer

Menurut penelitian di Journal of Neurology, Neurosurgery, and Psychiatry (2013), diet Mediterania yang kaya akan minyak zaitun bermanfaat bagi fungsi otak. Namun, masih perlu lebih banyak penelitian tentang manfaat minyak zaitun ini terhadap penurunan risiko penyakit pada Alzheimer.

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #manfaat #minyak #zaitun #yang #belum #diketahui #selama

KOMENTAR