Bisa Bantu Jaga Performa, Ini Pentingnya Menjaga Hidrasi Saat Ikut Lomba Lari
Ilustrasi lomba lari [Shutterstock]
15:56
27 Juni 2024

Bisa Bantu Jaga Performa, Ini Pentingnya Menjaga Hidrasi Saat Ikut Lomba Lari

Menjelang pertengahan dan akhir tahun, banyak lomba lari digelar di kota-kota besar di Indonesia. Yang menarik, lomba lari ini tak hanya ditujukan kepada para profesional, tetapi juga pelari pemula, karena menawarkan kategori 5K, 10K, bahkan kids dash yang bisa diikuti oleh anak-anak.

Tak hanya menyiapkan kondisi fisik, Anda yang ingin mengikuti lomba lari juga harus memastikan kondisi tubuh terhidrasi dengan baik, sebelum, selama, maupun sesudah event.

Ada beberapa alasan mengapa hidrasi penting saat berlari, di antaranya:

1. Menjaga Performa Lari

Baca Juga: Lomba Lari dengan Pesan Pemberdayaan Perempuan Ini Siap Digelar di Solo

Saat berlari, tubuh mengeluarkan keringat untuk mengatur suhu tubuh. Kehilangan cairan melalui keringat dapat menyebabkan dehidrasi, yang dapat menyebabkan kelelahan, kram otot, pusing, dan bahkan pingsan. Menjaga hidrasi yang baik dapat membantu kamu untuk berlari lebih lama dan lebih kuat.

2. Mencegah Dehidrasi

Dehidrasi dapat terjadi dengan cepat saat berlari, terutama dalam cuaca panas. Gejala dehidrasi termasuk haus, mulut kering, urine berwarna kuning tua, kelelahan, dan pusing. Jika tidak diobati, dehidrasi dapat menyebabkan komplikasi serius seperti heatstroke, yang dapat berakibat fatal.

3. Menjaga Kesehatan Organ Tubuh

Saat berlari, tubuh membutuhkan cairan untuk mengangkut nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh, serta untuk membuang limbah. Jika kamu mengalamindehidrasi, hal ini dapat mengganggu fungsi organ-organ seperti ginjal, jantung, dan otot.

Baca Juga: Siapkan Hadiah Rp2,7 Miliar, Maybank Gelar Lagi Lomba Lari Marathon

Lalu, bagaimana cara menjaga hidrasi saat berlari? Kamu bisa minum air sebelum, selama, dan setelah berlari. Minumlah 2-3 gelas air putih 2 jam sebelum berlari, kemudian minum air putih setiap 15-20 menit selama berlari, dan minum 2-3 gelas air putih setelah berlari.

Kemudian, penting juga untuk minum minuman elektrolit karena dapat membantu menggantikan mineral yang hilang melalui keringat.

Tak kalah penting, hindari minuman berkafein dan beralkohol karena dapat menyebabkan dehidrasi.

ISOPLUS Run Series 2024 merupakan salah satu olahraga lari yang akan digelar dalam waktu dekat di dua kota, yaitu Jakarta pada 6 Oktober 2024 dan Surabaya pada 20 Oktober 2024. Lomba lari ini menawarkan berbagai kategori lari seperti 5K, 10K, Half Marathon, dan Kids Dash. 

Sebanyak 12.000 tiket akan dijual online melalui laman resmi https://www.isoplusrun.com dan registrasi mulai dibuka tanggal 3 Juli 2024 mendatang. 

Biaya pendaftaran ISOPLUS RUN 2023 dibanderol dengan harga Rp150.000 untuk Kids Dash, Rp300.000 untuk 5K, Rp400.000 untuk kategori 10K, Rp 575.000 untuk kategori Half Marathon. Tersedia juga pilihan bundling dua kota Jakarta & Surabaya, yaitu 10K Jakarta + 10K Surabaya di harga Rp700.000 dan 10K Jakarta + 21K Surabaya di harga Rp875.000. 

Peserta akan mendapatkan race pack berisi produk senilai ratusan ribu rupiah, kaos jersey, nomor BIB, dan medali finisher. 

Editor: Vania Rossa

Tag:  #bisa #bantu #jaga #performa #pentingnya #menjaga #hidrasi #saat #ikut #lomba #lari

KOMENTAR