Larissa Chou Transfusi Darah 3 Kantong, Ibu Hamil Wajib Tahu Vitamin Ini!
OOTD Larissa Chou (Instagram)
15:32
24 Juni 2024

Larissa Chou Transfusi Darah 3 Kantong, Ibu Hamil Wajib Tahu Vitamin Ini!

Larissa Chou bagikan kondisi kesehatannya pasca melahirkan anak kedua beberapa hari lalu. Selebgram 28 tahun itu rupanya sempat alami anemia atau kekurangan darah setelah melahirkan. Alhasil, Larissa pun harus mendapatkan donor darah sampai tiga kantong.

Istri Ikram Rosadi itu mengungkapkan kalau kondisi itu akibat dirinya tidak rutin minum vitamin serta kurang banyak makan selama hamil.

"Aku kemarin harus transfusi darah 3 labuh kantong. Pelajaran banget, vitamin ga boleh skip, makan harus banyak," tulis Larissa dalam unggahan Instagram story pribadinya beberapa waktu lalu.

Larissa Chou (Instagram/@larissachou)Larissa Chou (Instagram/@larissachou)

Larissa pun mengingatkan kepada para ibu hamil agar rutin minum vitamin dan tak perlu takut banyak makan agar tidak mengalami hal seperti dirinya.

Baca Juga: Selain Asam Folat, Ini Sederet Vitamin yang Dikonsumsi Nikita Willy di Kehamilan Kedua: Apa Saja Manfaatnya?

Anemia pada ibu hamil di Indonesia memang cukup banyak dan jumlah pengidapnya makin meningkat. Hal itu tercatat dalam data Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI di mana angka anemia pada ibu hamil sebanyak 37,1 persen pada tahun 2013 kemudian naik menjadi 48,9 persen pada m 2018.

Tanda-tanda anemia yang perlu diwaspadai seperti pening, lemas, kulit pucat, hingga jantung berdebar-debar. Anemia pada ibu hamil sering terjadi karena kebutuhan zat besi tidak terpenuhi dengan baik. Karena menopang kebutuhan janin juga, sehingga zat besi yang diperlukan bisa meningkat hingga 800 mg sehari.

Selain dari bahan makanan gizi seimbang, sumber nutrisi itu bisa dipenuhi juga dari tambahan suplemen vitamin. Tak hanya anemia, konsumsi tambahan vitamin juga bisa bantu tumbuh kembang janin lebih optimal dan kesehatan ibu terjaga.

Dikutip dati situs resmi Kemenkes RI, berikut rekomendasi suplemen tambahan yang baik dikonsumsi ibu hamil:

1. Tablet Tambah Darah

Baca Juga: Suplemen dan Vitamin, Amankah Dikonsumsi Oleh Penderita Autoimun?

Kaplet atau tablet tambah darah dianggap wajib karena untuk membentuk plasenta yang kuat, melancarkan sirkulasi oksigen dalam tubuh, dan menjaga kebugaran tubuh Bunda serta janin.

2. Kalsium

Kalsium bisa didapat dari banyak konsumsi makanan seperti keju, susu, yoghurt, daging, sayur brokoli, dan ikan. Namun, patut ditambahkan suplementasi kalsium sebanyak 1,5-2 gram untuk mencegah preeklampsia semasa kehamilan.

3. Asam Folat

Konsumsi asam folat harus dimulai sedini mungkin, bahkan sejak trimester pertama. Dosis yang disarankan sebanyak 400 mikrogram per hari. Gunanya untuk pembentukan DNA dan perkembangan otak serta saraf janin dalam kandungan.

4. Vitamin

Vitamin-vitamin dasar dan vital seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin C, dan vitamin D penting dikonsumsi untuk menjaga daya tahan tubuh ibu dari beragam penyakit yang mungkin menyerang selama kehamilan.

Agar aman, imbangi konsumsi berbagai suplemen tersebut dengan istirahat tidur yang cukup dan makan makanan bergizi imbang. Serta selalu konsultasikan penggunaan suplemen dengan bidan atau tenaga kesehatan.

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #larissa #chou #transfusi #darah #kantong #hamil #wajib #tahu #vitamin

KOMENTAR