Apa Itu HTS? Istilah Sering Dipakai dalam Hubungan, Ketahui Risikonya
ilustrasi pacaran (Pixabay.com/scottwebb)
11:32
17 Juni 2024

Apa Itu HTS? Istilah Sering Dipakai dalam Hubungan, Ketahui Risikonya

Apa itu HTS? Istilah yang sering dipakai anak zaman sekarang untuk menandai status hubungannya dengan orang terdekat.

Kata tersebut kerap muncul di media sosial. Biasa juga dipakai sebagai bahasa gaul. Lantas apa itu HTS? Berikut ini penjelasannya dirangkum dari sejumlah sumber.

Pengertian HTS

HTS merupakan singkatan dari Hubungan Tanpa Status. Biasanya dipakai untuk menandai hubungan yang masih belum ada kejelasan, apakah itu sedang pacaran atau tidak.

Baca Juga: 3 Gejala yang Membuat Kamu Harus Berhenti Sejenak Bermedia Sosial

Banyak penyebab pasangan menjalin hubungan tanpa status, seperti terlalu muda untuk berpacaran, tidak ingin terikat, ingin mencari lebih banyak teman, tidak merasa yakin dengan orang yang didekati, hingga belum siap sakit hati bila nanti putus atau berakhir.

Kelebihan HTS

Hubungan tanpa status tidak sepenuhnya negatif. Ada sisi positif yang dapat diambil dengan menjalin status HTS. Berikut ini beberapa keuntungan menjalin HTS.

- Bisa fokus pada kehidupan yang sedang dijalani. HTS memungkinkan setiap orang untuk tidak memikirkan masa depan. Jadi, kamu bisa dengan leluasa fokus untuk mengejar mimpi atau menjalani kehidupan saat ini.

- Kebebasan. Karena tak adanya hubungan, kamu masih bebas merancang hubungan di masa depan. Mencari apa yang terbaik untuk kehidupanmu.

Baca Juga: Belum Banyak yang Tahu, Ternyata Ini Khasiat Tes Hijau Untuk Kesehatan Mental

- Tak ada tekanan sosial. Tentunya hubungan tanpa status memungkinkan orang lain untuk mengintervensinya. Masing-masing bisa dengan leluasa mengendalikan keinginannya,

Risiko HTS

Menjalin hubungan tanpa statu memiliki beberapa kekurangan, seperti tak adanya komunikasi. Pasangan yang menjalin hubungan dengan status ini bisa jadi sering timbul kesalahpahaman.

Tak jelasnya status membuat pasangan tersebut tak bisa menentukan ekspektasi dari suatu hubungan. Karena itu, biasanya orang dengan status hubungan HTS akan kesulitan membangun komitmen dan kepercayaan.

Risiko lainnya gampang sekali terjadi kesalahpahaman dan terlukanya perasaan. Bahkan paling ekstrem bisa membuat stres.

Jika itu terjadi, tentu akan memengaruhi kesehatan mental orang yang menjalani HTS.

Lakukan Langkah Ini untuk Mengakhiri HTS

Cobalah dengan menjalin komunikasi untuk membicarakan status hubungan. Bicarakan secara jujur perasaan yang sebenarnya.

Pilih waktu yang tepat untuk memulai mengkomunikasikan hal tersebut. Jangan lupa untuk memberikan kesempatan kepada lawan bicara. Persiapan yang baik akan meminimalisir perasaan terluka.

Editor: Baehaqi Almutoif

Tag:  #istilah #sering #dipakai #dalam #hubungan #ketahui #risikonya

KOMENTAR