Meskipun Buah Bermanfaat, Amankah Konsumsi Buah Sebelum Tidur? Begini Penjelasannya
Ilsutrasi- Buah yang bermanfaat bagi kesehatan. (kamran_aydinov-freepik)
19:57
19 Mei 2024

Meskipun Buah Bermanfaat, Amankah Konsumsi Buah Sebelum Tidur? Begini Penjelasannya

 - Buah merupakan salah satu jenis makanan yang kaya akan manfaat bagi kesehatan. Dengan kandungan vitamin, mineral, serat, dan antioksidan yang tinggi, buah dapat membantu menjaga keseimbangan tubuh dan meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh.

Namun, Pertanyaannya adalah, apakah konsumsi buah sebelum tidur benar-benar aman bagi kesehatan kita?

Melansir NDTV food, makan buah sebelum tidur telah menjadi topik perdebatan dalam komunitas praktisi kesehatan dan nutrisi untuk beberapa waktu. Ada yang berpendapat bahwa ini mengganggu pencernaan dan tidur, sementara yang lain percaya bahwa beberapa buah tertentu dapat membantu tidur lebih baik.

Namun, para ahli cenderung menyarankan untuk tidak mengonsumsi buah terlalu dekat dengan waktu tidur karena beberapa alasan.

Menurut Ayurveda, disarankan untuk mengonsumsi makanan setidaknya tiga jam sebelum tidur. Buah, yang dicerna lebih cepat, sebaiknya dimakan lebih awal di malam hari untuk memungkinkan pencernaan yang baik.

Makanan yang kaya protein dan serat memerlukan waktu lebih lama untuk dicerna, jadi mengonsumsi buah terlalu dekat dengan makanan sejenis ini dapat mengganggu proses pencernaan.

Ahli gizi juga memperingatkan agar tidak makan apa pun langsung sebelum tidur, karena dapat mengganggu pola tidur. Buah, terutama yang tinggi gula, dapat menyebabkan lonjakan energi ketika tubuh seharusnya mulai bersantai.

Namun, jika lapar, memilih buah dengan kadar gula rendah dapat menjadi alternatif yang lebih sehat untuk mencegah ngemil larut malam yang tidak sehat.

Bagi individu dengan diabetes, menggabungkan buah dengan makanan lain yang tinggi protein, serat, atau lemak dapat memperlambat penyerapan gula dari buah sehingga dapat menyebabkan peningkatan sedikit dalam kadar gula darah.

Oleh karena itu, disarankan untuk menghindari mengonsumsi buah terlalu dekat dengan waktu tidur, terutama bagi mereka yang mengelola kadar gula darah.

Dapat disimpulkan, meskipun buah kaya akan nutrisi penting seperti mineral, vitamin, flavonoid, dan antioksidan, sangat disarankan mengonsumsinya jauh sebelum waktu tidur untuk mencegah efek negatif yang ditimbulkan.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #meskipun #buah #bermanfaat #amankah #konsumsi #buah #sebelum #tidur #begini #penjelasannya

KOMENTAR