Simak! 7 Makanan Ampuh untuk Melawan Kelelahan dan Depresi, Ada Alpukat hingga Kacang Almond
Kacang almond merupakan salah satu makanan yang bisa melawan kelelahan dan depresi. (freepik/jcomp)
11:23
18 Mei 2024

Simak! 7 Makanan Ampuh untuk Melawan Kelelahan dan Depresi, Ada Alpukat hingga Kacang Almond

 – Apakah Anda merasa lelah dan sedih? Pernahkah Anda bertanya-tanya apakah pola makan Anda bisa menjadi faktor kuncinya?

Kelelahan dan depresi adalah dua masalah kesehatan umum yang mempengaruhi jutaan orang di seluruh dunia.

Meskipun ada banyak faktor yang menjadi pemicunya, ternyata pola makan memiliki peranan penting untuk mengatasi dan melawan rasa lelah dan depresi.

Faktanya, ada makanan tertentu yang dapat membantu melawan kelelahan dan depresi. Apa saja itu?

Dilansir dari laman The Minds Journal, Sabtu (18/5), berikut beberapa makanan terbaik yang bisa melawan kelelahan dan depresi sehingga mampu meningkatkan mood, tingkat energi dan kesehatan Anda secara keseluruhan.

1. Biji-bijian utuh

Biji-bijian utuh merupakan sumber karbohidrat kompleks yang baik sehingga bisa memberikan pasokan energi yang stabil bagi tubuh. Di dalam biji-bijian utuh juga mengandung serat, vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan.

Contoh biji-bijian utuh antara lain roti, gandum utuh, beras merah, dan oat. Ketika Anda mengonsumsi biji-bijian, tubuh Anda akan memecahkan secara perlahan. Sehingga menghasilkan pelepasan glukosa dan berkelanjutan ke aliran darah.

Hal ini yang membantu menstabilkan kadar gula darah Anda dan menghentikan penurunan energi. Menariknya lagi, biji-bijian utuh juga mengandung vitamin B untuk produksi energi dan mengatur suasana hati.

2. Ikan berlemak

Ikan berlemak seperti salmon, mackerel dan tuna kaya akan asam lemak omega-3 yang terbukti meningkatkan mood dan mengurangi gejala depresi. 

Asam lemak omega-3 sangat penting untuk kesehatan otak dan terlibat dalam produksi neurotransmitter seperti serotonin dan dopamin yang bisa mengatur suasana hati.

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi lebih banyak asam lemak omega-3 cenderung tidak mengalami depresi dan gangguan mood lainnya.

3. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan sumber protein, lemak sehat, dan sehat yang sangat baik. Mereka juga mengandung vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan. Contohnya almond, kenari, biji chia dan biji rami.

Makanan ini juga mengandung magnesium sehingga sangat penting untuk produksi energi dan mengatur suasana hati.

4. Cokelat hitam

Cokelat hitam mengandung banyak flavonoid yang bisa meningkatkan suasana hati dan mengurangi gejala depresi. Flavonoid merupakan sejenis antioksidan yang melindungi tubuh dari stress oksidatif yang dapat menyebabkan kelelahan dan masalah kesehatan lainnya.

5. Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti bayam, kangkung, lobak Swiss merupakan sumber vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan. Mereka memiliki kandungan yang kaya antioksidan dan melindungi tubuh dari stress oksidatif dan peradangan.

6. Buah beri

Buah beri seperti blueberry, raspberry, dan strawberry merupakan sumber antioksidan yang baik sehingga bisa melindungi tubuh dari stress oksidatif dan peradangan. Mereka juga kaya serat untuk membantu menstabilkan kadar gula dan mencegah kemalasan.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi buah beri dapat meningkatkan fungsi kognitif dan mengurangi gejala depresi.

7. Alpukat

Alpukat adalah buah yang kaya nutrisi dengan lemak sehat, serat dan vitamin serta potassium yang penting menjaga tekanan darah. Kandungan lemak sehat pada alpukat mampu meningkatkan fungsi otak dan mengurangi gejala depresi. 

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #simak #makanan #ampuh #untuk #melawan #kelelahan #depresi #alpukat #hingga #kacang #almond

KOMENTAR