5 Tips Mengatasi Hidung Tersumbat Karena Pilek, Minum Air Lemon Bagus Gak?
Ilustrasi hidung tersumbat (pixabay)
06:40
18 Mei 2024

5 Tips Mengatasi Hidung Tersumbat Karena Pilek, Minum Air Lemon Bagus Gak?

Hidung tersumbat karena pilek bisa mengganggu aktivitas harian Anda. Jika ini terjadi, coba tips rumahan ini dulu sebelum minum obat ya.

Pilek merupakan salah satu gejala penyakit infeksi seperti influenza atau selesma. Namun, pilek bisa sembuh sendirinya asalkan Anda beristirahat dengan cukup. Jika ingin pilek reda lebih cepat, melakukan hal-hal di bawah ini mungkin bisa membantu.

Ilustrasi air lemon (pexels.com/Julia Zolotova)Ilustrasi air lemon (pexels.com/Julia Zolotova)

Minum ramuan herbal

Melansir laman webMD, minum teh tanpa kafein dan air lemon dipercaya dapat mengatasi hidung tersumbat karena pilek. Panasnya teh dapat meredakan tenggorokan sakit, hidung tersumbat, dan masalah pencernaan. Tambahkan sedikit jahe ke dalamnya untuk meningkatkan kekebalan tubuh Anda.

Sementara itu air lemong mengandung vitamin C tinggi, yang tidak hanya menjaga Anda terhidrasi tetapi juga dapat memperpendek durasi flu jika dikonsumsi secara teratur.

Makan sup

Tidak hanya memberikan kalori ketika nafsu makan berkurang, sup juga dapat meredakan peradangan dalam tubuh dan membantu melonggarkan lendir yang menyebabkan kesulitan bernapas.

Makan sup hangat bisa menjadi salah satu pemicu nafsu makan yang menurun saat hidung tersumbat karena pilek.

ilustrasi humidifier (freepik.com/pvpproduction)ilustrasi humidifier (freepik.com/pvpproduction)

Menghirup uap panas

Sementara laman Everyday Helath menyebutkan Anda juga dapat mencoba menghirup uap dari air panas di wastafel sebagai alternatif. Caranya cukup sederhana: nyalakan air panas di wastafel kamar mandi, letakkan handuk di atas kepala Anda, dan letakkan kepala di atas wastafel, berhati-hati untuk tidak terlalu dekat dan menghindari risiko terbakar. Metode ini dapat dilakukan beberapa kali sehari untuk meredakan gejala pilek dan sesak hidung.

Kompres hangat

Mayo Clinic merekomendasikan untuk meletakkan kompres hangat langsung di atas hidung dan dahi Anda. Ini dapat membantu meredakan peradangan dan tekanan hidung serta meringankan ketidaknyamanan Anda. Anda dapat menggunakan produk kompres panas yang bisa dipanaskan di microwave, atau hanya merendam kain lap atau handuk dengan air hangat, peras kelebihannya, lalu lipat dan letakkan di atas hidung, pipi, dan dahi Anda. Lakukan selama sekitar 20 menit dan ulangi sesering yang diperlukan.

Pakai humidifier

Penggunaan humidifier atau penguap uap dingin sebagai obat rumah sederhana dan efektif untuk mengurangi sumbatan hidung. Penggunaan penghumidifikasi dapat membantu meredakan jaringan hidung yang iritasi, mengurangi peradangan sinus, dan melarutkan lendir, yang membantu mengeluarkannya. Namun, untuk keamanan, selalu gunakan penguap uap dingin untuk anak-anak. Ini karena air panas atau uap dari penghumidifikasi uap hangat bisa membakar anak jika mereka terlalu dekat atau jika mesin terjatuh dan air tumpah.

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #tips #mengatasi #hidung #tersumbat #karena #pilek #minum #lemon #bagus

KOMENTAR