Ada Telur Sampai Blueberry, 8 Makanan Ini Bagus untuk Meningkatkan Daya Ingat Otak Anda
lustrasi. Neuron pada otak sangat rentan terhadap oksidasi radikal bebas. (Pixabay)
19:02
4 Mei 2024

Ada Telur Sampai Blueberry, 8 Makanan Ini Bagus untuk Meningkatkan Daya Ingat Otak Anda

Apakah Anda sering merasa lupa? Mungkin saatnya untuk melihat lebih dekat pada apa yang dikonsumsi setiap hari. Ternyata, makanan bukan hanya untuk memuaskan perut, tetapi juga bisa menjadi kunci untuk meningkatkan daya ingat otak dan konsentrasi.

Sering lupa adalah hal umum yang terjadi pada kebanyakan orang, masalah tersebut memiliki beberapa faktor penyebab, bisa jadi karena gaya hidup, kebiasaan, atau ada penyakit. Dalam artikel ini akan membahas makanan yang dapat meningkatkan daya ingat.

Makanan yang baik untuk otak, meningkatkan daya ingat adalah makanan yang bisa membantu aliran darah menuju otak dan kaya akan antioksidan.

Neuron pada otak sangat rentan terhadap oksidasi radikal bebas. Dengan mengkonsumsi makanan yang kaya antioksidan dapat melindungi bagian otak dari radikal bebas, termasuk bagian otak yang bernama hippocampus, yaitu kunci dari daya ingat. 

Dari telur yang sarat dengan kolin hingga blueberry yang kaya antioksidan, ada sejumlah makanan yang telah terbukti dapat memberikan dorongan bagi fungsi otak. Melansir IHC Telemed dan kanal YouTube Dokter Saddam Ismail, berikut makanan yang bagus untuk meningkatkan daya ingat otak:

  1. Telur

Telur memiliki khasiat yang bagus untuk otak, karena mengandung kolin agar sel otak berfungsi dengan baik. Apalagi terhadap ibu hamil, sebab hal tersebut akan mampu membantu perkembangan otak bayi dalam kandungan. Begitu juga dengan perkembangan hippocampus yang merupakan kunci daya ingat. Kuning telur mengandung vitamin B12 yang mampu menurunkan homosistein (racun untuk otak).

  1. Oatmeal

Oatmeal memiliki kandungan yang kaya akan serat dan protein yang membuat kadar gula menjadi lebih stabil dan normal. Sebab otak memerlukan gula untuk energi yang membuat daya ingat menjadi lebih baik.

  1. Kunyit

Kunyit memiliki banyak manfaat karena kaya akan antioksidan dan mengandung kurkumin yang meningkatkan daya ingat. Kunyit juga mampu mencegah peradangan serta melindungi otak dari radikal bebas.

 

  1. Sayuran Hijau

Sayur sangat bermanfaat untuk kesehatan otak. Sebab sayuran mengandung antioksidan, vitamin, dan mineral yang jelas dibutuhkan tubuh dan juga otak. Konsumsi sayuran hijau seperti brokoli dan kol, ataupun sayuran hijau lain.

  1. Buah Berry

Buah berry seperti strawberry, blueberry, raspberry, blackberry, kaya akan kandungan flavonoid, antosianin, serta antioksidan lainnya. Antioksidan tersebut penting untuk melindungi otak dan meningkatkan daya ingat.

  1. Ikan Berlemak

Ikan berlemak seperti salmon, sarden, dan mackerel adalah kaya akan omega-3, terutama DHA, yang terbukti baik bagi kesehatan otak dan daya ingat. DHA adalah bagian penting dari sel-sel otak dan membantu menjaga koneksi saraf yang kuat. Dengan mengonsumsi ikan berlemak secara teratur, dapat meningkatkan fungsi otak dan mempertahankan daya ingat.

  1. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian mengandung protein nabati serta nutrisi penting seperti vitamin E, magnesium, dan serat. Vitamin E berperan sebagai antioksidan yang melindungi sel-sel otak dari stres oksidatif. Magnesium penting untuk fungsi saraf yang optimal, sementara serat membantu menjaga aliran darah ke otak. Salah satunya adalah walnut. Walnut ini baik untuk kesehatan otak, meningkatkan daya ingat. 

  1. Teh Hijau

Teh hijau mengandung katekin, seperti epigallocatechin gallate (EGCG), yang bisa melindungi otak. Katekin punya sifat antiinflamasi dan antioksidan yang bantu lindungi sel-sel saraf, serta meningkatkan kognisi. Ada juga L-theanine di teh hijau yang bikin tenang dan konsentrasi lebih baik.*

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #telur #sampai #blueberry #makanan #bagus #untuk #meningkatkan #daya #ingat #otak #anda

KOMENTAR