Apakah Telapak Tangan Berkeringat Termasuk Gejala Paru Paru Basah ? Berikut Fakta Sebenarnya
Ilustrasi Seseorang Penderita Pneumonia Konsultasi Kepada Dokter
12:32
4 Mei 2024

Apakah Telapak Tangan Berkeringat Termasuk Gejala Paru Paru Basah ? Berikut Fakta Sebenarnya

Jawapos.com - Kerapkali kita mengangap seseorang yang yang terlapak tangannya berkeringat sedang menderita penyakit paru paru basah atau pneumonia, apakah itu fakta atau mitos belaka?

Dikutip dari laman Suratdokter.com fata kondisi terlapak tangannya berkeringat merupakan gejala paru paru basah adalah tidak benar alias hoaks.

Sebenarnya kondisi tersebut tidak ada hubungan dengan paru paru basah atau pneumonia.

Disebutkan paru paru basah adalah kondisi dimana paru-paru mengalami infeksi di bagian kantong-kantong udara (alveoli) baik salah satu atau keduanya.

Sehingga, alveolus dipenuhi cairan atau nanah yang menyebabkan sulit bernapas bagi penderitanya.

Gejala pneumonia umumnya berbeda tergantung pada kelompok usia dan kondisi kesehatan individu baik anak anak atau orang dewasa. A

dapun berdasarkan laman Ciputra Hospital terdapat 9 gejala umum yang menandakan seseorang mengalami paru paru basah, berikut ulasanya.

1. Mengalami Batuk

Batuk pada penderita pneumonia umumnya umumnya sama dengan batuk pada biasanya seperti disertai dengan lendir kehijauan, kuning, dan parahnya bisa mengeluarkan darah.

Kemudian pada saat penderita pneumonia batuk biasanya akan merasakan rasa sakit yang luar biasa pada bagian dada.

2. Mengalami Demam

Gejala umum selanjutnya seseorang yang menderita paru paru basah akan menggigil karena mengalami demam tinggi hingga mencapai 105 derajat Fahrenheit.

Adapun mereka menggigil karena respons alami untuk meningkatkan suhu tubuh agar sejalan dengan suhu yang diatur oleh hipotalamus dalam otak.

3. Sesak Napas

Infeksi pneumonia menyebabkan nafas menjadi semakin cepat, dangkal, disertai nyeri dada, sehingga menyebabkan penderita mengalami sesak nafas.

Kondisi ini akan semakin parah jika dibarengi dengan batuk karena dada rasanya seperti sedang ditusuk tusuk.

4.Energi Menurut Drastis

Umumnya mereka yang menderita paru paru basah akan kesulitan melakukan aktivitas berat karena energi mereka menurun drastis.

Hal itu disebabkan karena mereka kehilangan nafsu makan, sehingga nutrisi yang dibutuhkan tubuh tidak terpenuhi dengan cukup.

5. Kulit Menjadi Kebiruan

Kondisi kulit pada tubuh penderita pneumonia bagi sebagian orang akan berubah menjadi kebiru biruan pada area tertentu.

Selain itu pada area bibir juga akan ikut mengalami kejadian tersebut sehingga terlihat sangat pucat. Kondisi ini terjadi akibat demam tinggi yang dialami oleh penderita paru paru basah.

6. Nyeri Dada

Kondisi ini mungkin hampir sama dengan gejala nomor tiga yaitu sesak nafas. Rasa nyeri atau sakit pada bagian dada diakibatkan karena penderita paru paru basah mengalami sesak nafas.

Rasa nyeri ini akan semakin parah ketika sedang mengalami batuk atau sedang bernafas dalam dalam.

7. Cepat Merasa Lelah

Layaknya seseorang yang kehilangan energi karena kekurangan nutrisi, sehingga seseorang yang menderita paru paru basah akan cenderung cepat lelah saat melakukan aktifitas. Kemudian selain itu kelelahan yang dialami juga disebabkan oleh tubuh yang berusaha melawan infeksi.

8. Nafsu Makan Menurun

Nafsu makan menurun menjadi salah satu gejala pneumonia, hal disebabkan karena berbagai faktor, termasuk demam yang menyertai pneumonia, rasa tidak nyaman di dada atau perut, serta kelelahan dan lemah akibat infeksi.

9. Kepala Pusing Ringan

Kurangnya oksigen dalam darah, kana menyebabkan penderita paru paru basah mengalami gejala kepala pusing ringan.

Memang tidak semua kasus penderita pneumonia mengalami kondisi ini, namun pusing kepala merupakan salah satu bentuk respons tubuh terhadap infeksi.

Baiklah demikian ulasan lengkap mengenai fakta tangan berkeringat bukan termasuk gejala paru paru basah dan beberapa gejala umum seseorang yang mengalami penyakit pneumonia. Semoga bermanfaat.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #apakah #telapak #tangan #berkeringat #termasuk #gejala #paru #paru #basah #berikut #fakta #sebenarnya

KOMENTAR