Pengadaan Alat Diagnosa Canggih di Rumah Sakit, Bisa Jadi Daya Tarik Masyarakat Berobat di Dalam Negeri
Ilustrasi Rumah Sakit Bethsaida Hospital (Dok. Bethsaida Hospital)
15:40
29 April 2024

Pengadaan Alat Diagnosa Canggih di Rumah Sakit, Bisa Jadi Daya Tarik Masyarakat Berobat di Dalam Negeri

Saat ini industri kesehatan di Indonesia semakin dituntut untuk berinovasi dan berkembang demi memenuhi kebutuhan masyarakat yang juga semakin sadar akan pentingnya kesehatan.

Beberapa waktu lalu Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan bahwa Indonesia kehilangan devisa negara hingga 170 triliun per tahun karena tingginya angka masyarakat yang berobat keluar negeri.

Hal inilah yang menjadi motivasi Bethsaida Hospital untuk terus menyediakan layanan kesehatan termutakhir agar masyarakat tidak perlu jauh-jauh lagi keluar negeri untuk berobat. Salah satunya adalah dengan menghadirkan pengadaan alat medis canggih.

Pengadaan alat diagnostik bary dan merupakan yang pertama di Indonesia ini ada di Bethsaida Hospital Gading Serpong, di antaranya yaitu CT Scan Revolution Apex Elite 512 Slice, yang menghadirkan gambaran organ tubuh dengan resolusi tinggi dengan detail terbaik untuk diagnosis yang tepat, serta merupakan yang pertama di Indonesia. 

Kemudian alat Mobile X-Ray AMX Navigate yang memungkinkan diagnosis pasien dengan kondisi non-transportable (pasien yang tidak dapat dipindahkan) dan telah dilengkapi dengan teknologi kecerdasan buatan (AI).

Untuk pendukung tindakan operasi, Bethsaida Hospital juga melakukan pengadaan alat C-Arm OEC Elite yang dapat memberikan visualisasi akurat dan tepat pada berbagai prosedur medis, serta Cath Lab Allia IGS 520 with Autoright yang memiliki sistem canggih dengan kecerdasan buatan (AI) untuk prosedur intervensi diberbagai bidang medis yang dapat mengoptimalkan kualitas gambar secara otomatis dan mengurangi paparan radiasi bagi pasien.

"Pembaharuan fasilitas dan teknologi medis yang kami lakukan, bertujuan untuk memberikan diagnosis medis yang lebih tepat dan akurat, sehingga bisa meningkatkan angka kesembuhan pasien melalui penanganan medis yang sesuai dengan keluhan atau penyakit yang dialami," ujar Dr. Pitono Yap, Direktur Bethsaida Hospital dalam siaran pers yang Suara.com terima belum lama ini.

Tidak hanya bagi pasien, teknologi-teknologi canggih ini, kata dia diadakan mulai dari CT Scan 512 Slice, Mobile X-Ray, C-Arm & Cath Lab, juga membantu para dokter untuk memberikan penegakan diagnosis dalam memberikan penanganan yang tepat bagi pasien. 

Selain itu, rumah sakit ini juga baru saja menyediakan empat Center of Excellence Bethsaida Hospital, yaitu Dental Center (Gigi & Mulut), Emergency & Heart Attack Center (UGD), Women Health Center (Kebidanan & Kandungan), serta Heart & Vascular Center (Jantung & Pembuluh Darah) yang sudah memiliki pelayanan tersentralisasi.

Mulai dari pendaftaran, pembayaran, farmasi, area ruang tunggu, area konsultasi, area perawatan dan dilengkapi dengan peralatan medis terkini, tenaga medis ahli, serta berbagai fasilitas pendukung lainnya.

"Pelayanan kesehatan yang paripurna, haruslah menyeluruh. Melalui pengadaan alat medis canggih, revitalisasi area pelayanan umum dan juga kami penyempurnaan Center of Excellence, pihaknya yakin hal ini dapat membantu pemerintah dalam penyediaan layanan kesehatan yang mumpuni dan merata khususnya di area Tangerang, Banten dan sekitarnya," tutuo Norman Daulay, Direktur yang menangani Pengembangan Bethsaida Hospital.

Editor: Dinda Rachmawati

Tag:  #pengadaan #alat #diagnosa #canggih #rumah #sakit #bisa #jadi #daya #tarik #masyarakat #berobat #dalam #negeri

KOMENTAR