Sehat dan Bikin Diet Cepat, Simak 4 Resep Sup Penurun Berat Badan, Salah Satunya Sup Labu dan Jahe
Penampakan semangkuk sup labu dan jahe. (Freepik)
13:08
16 April 2024

Sehat dan Bikin Diet Cepat, Simak 4 Resep Sup Penurun Berat Badan, Salah Satunya Sup Labu dan Jahe

– Sup penurun berat badan adalah pilihan sehat yang sangat baik untuk dimasukkan ke dalam diet penurunan berat badan. Selain rendah kalori, sup penurun berat badan ini juga kaya akan serat, vitamin, dan mineral yang bisa melancarkan buang air besar.

Untuk membuat resep sup penurun berat badan ini sangatlah mudah apalagi dengan berbagai rasa dan bahan termogenik yang bervariasi tentu membuat cita rasa yang begitu lezat.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat sup penurun berat badan ini juga sangat aman karena cenderung mempercepat metabolisme dan merangsang penurunan berat badan.

Namun ada hal yang perlu diperhatikan dalam membuat sup penurun berat badan adalah Anda harus menghindari penggunaan garam atau kaldu dan bahan dasar yang sudah jadi dalam sup Anda. Hal ini bertujuan untuk mencegah retensi cairan.

Selain itu, Anda juga perlu menghindari membuat sup menjadi bubur sebelum dikonsumsi karena serat yang tetap utuh dapat membantu Anda tetap kenyang sepanjang hari.

Dilansir dari laman Tuasaude, ada beberapa menu sup penurun berat badan beserta resepnya yang bisa Anda coba diantaranya :

1. Sup labu dan jahe

Sup labu dan jahe mengandung kaya akan vitamin A, serat dan antioksidan yang dapat meningkatkan metabolisme dan melancarkan aliran usus.

Berikut resep untuk membuat sup labu dan jahe:

a. Bahan-bahan
- ½ sendok teh minyak zaitun
- ½ bawang bombay ukuran sedang, cincang kecil-kecil
- 1 siung bawang putih, cincang haluskan
- ½ kg labu kuning, kupas cincang
- 2 gelas air mendidih
- ½ sendok teh pala dan jahe parut
- 2 lembar daun kubis, cincang

b. Cara membuatnya
Tumis bawang Bombay dan bawang putih dengan minyak zaitun, lalu tambahkan air mendidih, merica, dan bahan cincang lainnya. Biarkan masak selama kurang lebih 30 menit. Kemudian tambahkan pala dan jahe, masak lagi selama 10 menit sebelum diangkat dari sapi.

2. Sup ayam dengan labu siam

Sup penurun berat badan yang lain adalah sup ayam dengan labu siam yang optimal untuk menghilangkan retensi cairan dan mendorong penurunan berat badan.

Berikut resep membuat sup ayam dan labu siam di antaranya:

a. Bahan-bahan
- 1 dada ayam
- 4 siung bawang putih
- 1 sendok makan minyak zaitun
- 2 labu siam
- ½ buah labu
- 2 wortel
- ½ kubis
- 1 genggam selada kubis dan selada
- 2 tomat

b. Cara membuatnya
Tumis bawang putih dengan minyak zaitun, lalu masukkan ayam yang dipotong dadu. Masak hingga ayam berubah warna menjadi putih. Kemudian tambahkan air mendidih dan bahan lainnya yang dipotong dadu dan masak dengan api sedang.

3. Sup tomat, kubis dan daun bawang

Sup penurun berat badan yang satu ini memiliki kandungan kaya serat dan antioksidan yang membantu memperlancar aliran usus, menghidrasi tubuh dan menurunkan kolesterol LDL.

Berikut resep untuk membuat sup tomat, kubis dan daun bawang diantaranya :

a. Bahan-bahan
- 3 tomat sedang
- 1 buah paprika hijau, utuh tanpa biji
- 3 bawang bombay besar
- 1 batang daun bawang
- 350 gr kol ungu
- 2 liter air

b. Cara membuatnya

Dalam panci berisi 2 liter air, masukkan semua bahan, cincang, masak dengan api kecil selama kurang lebih 30 menit atau sampai bahan matang. Anda juga bisa menambahkan merica, bawang putih, dan peterseli tetapi sebaiknya hindari menambahkan garam atau kaldu.

4. Sup labu dengan kari

Sup selanjutnya yang bisa menurunkan berat badan Anda dengan cepat dan aman dalam sup labu dengan kari. Berikut resep untuk membuatnya :

a. Bahan-bahan
- 1 sendok makan minyak zaitun
- 1 bawang bombay ukuran sedang lalu cincang
- 4 cangkir labu dan cincang
- 1 liter air
- 1 sejumput oregano
- Garam, cabai rawit, kari dan salvina.

b. Cara membuatnya

Tumis bawang bombay dengan minyak zaitun dan tambahkan labu. Tambahkan garam,air, dan penyedap rasa. Masak hingga labu empuk. Tunggu hingga dingin dan haluskan. Sebelum disajikan, panaskan kembali sup dengan oregano dan sajikan dengan peterseli.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #sehat #bikin #diet #cepat #simak #resep #penurun #berat #badan #salah #satunya #labu #jahe

KOMENTAR