Tak Hanya Vitamin A, 8 Makanan Kaya Vitamin B2 Ini Juga Bermanfaat untuk Kesehatan Mata
Ilustrasi mata yang sehat karena rutin mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin B2. (Pexels/Min An
19:40
15 April 2024

Tak Hanya Vitamin A, 8 Makanan Kaya Vitamin B2 Ini Juga Bermanfaat untuk Kesehatan Mata

 

   Memenuhi kebutuhan nutrisi yang tepat memegang peranan penting dalam menjaga kesehatan mata.   Selain vitamin A, vitamin B2 juga memiliki segudang manfaat untuk membantu serta menjaga kesehatan mata.   Vitamin B2 atau riboflavin punya peranan penting dalam menjaga dan meningkatkan fungsi sel-sel mata.   Untuk lebih lengkapnya, berikut penjelasan mengenai manfaat vitamin B2 untuk kesehatan mata dilansir dari Halodoc dan Klikdokter, Senin (15/4).   Manfaat Vitamin B2 untuk Kesehatan Mata   Vitamin B2 dapat berperan sebagai antioksidan yang bekerja melindungi sel-sel mata dari stres oksidatif akibat radikal bebas.   Vitamin ini juga terlibat dalam produksi energi sel-sel mata, melindungi antioksidan penting di mata (glutathione), serta mampu meningkatkan fungsi mata secara keseluruhan.   Vitamin B2 atau riboflavin juga berperan dalam membantu retina; bagian mata yang berfungsi menerima cahaya. Asupan vitamin B2 yang cukup membantu menjaga serta mengoptimalkan retina dalam menerima cahaya.  

  Bukan cuma itu, menurut National Library Medicine, rutin mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin B2 juga bisa menurunkan risiko terkena penyakit katarak. Sebuah studi menemukan bahwa orang yang mengonsumsi sebanyak 1,6-2,2 miligram vitamin B2 dalam sehari punya risiko terkena katarak lebih rendah.   Sumber Vitamin B2   Untuk memenuhi kebutuhan vitamin B2, kamu bisa lebih sering mengonsumsi delapan jenis makanan berikut:   1. Susu dan Produk Turunannya Susu merupakan salah satu sumber vitamin B2 terbaik. Rutin minum susu setiap hari dapat membantu untuk mencukupi kebutuhan vitamin B2. Produk turunan susu seperti keju dan yogurt juga dapat menjadi alternatif untuk mendapatkan asupan vitamin B2.   2. Telur Telur juga merupakan salah satu makanan yang banyak mengandung vitamin B2. Dalam satu butir telur, terdapat sekitar 0,3 miligram vitamin B2.   3. Daging Menurut United States Department of Agriculture (USDA), bagian daging sapi yang mengandung vitamin B2 paling banyak yaitu bagian skirt steak, atau bagian otot yang ukurannya agak panjang dan agak pipih.   Selain itu, daging unggas seperti ayam dan bebek yang rendah lemak juga merupakan salah satu sumber vitamin B2 terbaik.  

  4. Ikan Salmon Selain dikenal kaya akan omega-3, daging ikan salmon juga banyak mengandung vitamin B2. Menurut USDA, setiap 100 gram daging ikan salmon mengandung sekitar 0,5 gram vitamin B2.   5. Hati Sapi dan Domba Hati sapi dan domba juga merupakan jenis makanan yang sangat kaya akan vitamin B2. Kandungan vitamin B2 pada hati sapi bisa mencapai 2,9 miligram.   Meski begitu, kedua makanan ini termasuk ke dalam jenis jeroan dan sebaiknya tidak terlalu sering dikonsumsi. Jeroan merupakan jenis makanan yang mengandung banyak lemah jenuh, purin, hingga kolesterol.   6. Sayuran Hijau Selain kaya akan serat, sayuran hijau juga mengandung banyak vitamin B2. Contohnya seperti bayam, kangkung, katuk, dan sayuran berdaun hijau lainnya.   7. Kacang-kacangan Mengonsumsi kacang-kacangan juga dapat membantu memenuhi asupan vitamin B2. Contoh kacang-kacangan yakni almond, kacang tanah, kacang panjang, hingga buncis.    8. Jamur Kancing Sumber lainnya yang banyak mengandung vitamin B2 ialah jamur kancing. Di dalam 100 gram jamur kancing, terdapat sekitar 0,5 miligram vitamin B2.   ***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #hanya #vitamin #makanan #kaya #vitamin #juga #bermanfaat #untuk #kesehatan #mata

KOMENTAR