Pengen Diet Berjalan Lancar? Ini 6 Rekomendasi Formula Sarapan Ala Yulia Baltchun
Tangkapan layar video Yulia Baltschun tentang formula sarapan selain nasi. (Sumber foto : Youtube Yulia Baltschun)
17:59
15 Januari 2024

Pengen Diet Berjalan Lancar? Ini 6 Rekomendasi Formula Sarapan Ala Yulia Baltchun

– Saat memulai diet, banyak orang yang melewatkan sarapan karena ingin cepat menurunkan berat badan. Faktanya, sarapan yang tepat bisa membuat kenyang lebih lama, menekan nafsu makan, dan mencegah penambahan berat badan.

Dikutip dari laman kemkes.go.id, sarapan pagi atau sarapan pagi memang sangat bermanfaat bagi semua orang. Bagi orang dewasa, sarapan membantu menjaga kekuatan fisik, menjaga stamina kerja, dan meningkatkan produktivitas kerja.

Dilansir dari akun youtube Yulia Baltchun, untuk memulai diet pertama ganti sarapan menjadi yang lebih gampang dan lebih healthy. 

“Ketika kita tidur gula darah rendah dan apa yang kita makan pertama kali saat perut kita kosong, itu yang harus hati-hati karena kalau sarapannya dengan gula darahnya tinggi (nasi) dan lemak jenuh itu percuma dengan kalian makan siang dan makan malam yang bersih, karena keburu gula darah kalian melonjak duluan” ujarnya.

Selain nasi, rekomendasi tips diet yang sehat, alternatif buat orang yang sibuk dapat berupa smoothies (green smoothies, smoothie bowl, dan sebagainya). Yulia Baltschun menyarankan untuk sarapan dengan smoothies karena terdapat serat dan proteinnya yang tinggi. Dan juga Ia menyebutkan harus ada 6 formula dalam smoothies.

Berikut 6 formula dalam smoothies ala Yulia Baltschun :

  1. Liquid

Untuk cairannya bisa banyak variasi mau manis seperti air jeruk, air kelapa atau bisa juga air biasa, atau susu. Dengan takaran bisa dengan 200ml sampai 250ml.

  1. Green

Sumber seratnya seperti green atau sayuran. Dengan takaran sekitar 35gr atau gelas biasa, dan jenis sayurannya bisa bermacam-macam seperti bok choy, mintz ,brokoli, peterseli

  1. Buah

Lalu untuk buah disarankan untuk pemanis alami. Dan jenis buah disarankan buah yang segar seperti jeruk dan apel. Dengan perbandingan takaran sekitar 150gr.

  1. Protein

Untuk protein ini bisa ditambahkan dari menu yang hanya memakai air putih biasa atau buah saja. Seperti bubuk protein dari brand-brand yang ada atau soy powder, dan untuk perbandingan takaran tergantung dari resep brand masing-masing.

  1. Lemak

Dan untuk lemak itu penting sekali, karena dengan konsumsi lemak di pagi hari bisa membuat kenyang lebih lama. Untuk jenis lemak dapat berupa coconut oil, almond butter, peanut butter, atau kacang-kacangan yang masih utuh. Dan porsinya bisa sekitar 1-3 sdm.

  1. Thickening

Untuk membuat menu lebih creamy dapat disesuaikan dengan formula campuran yang sudah ada. Untuk membuat lebih creamy bisa ditambahkan berupa yogurt non sugar atau plain yogurt, buah pisang, atau oat. Untuk takaran sekitar 1-3sdm.

Dan itu gambaran dalam membuat smoothies sarapan pengganti nasi untuk memperlancar diet. Dan di video tersebut, Yulia Baltchun juga mengatakan tentang hal penting dalam membuat smoothies lebih healthy.

Garis pentingnya seperti pertama jangan pakai air panas, jangan pakai gula tambahan, harus bersih buahnya, dan perhatikan dari formula kombinasinya biar seimbang.

Ahli Gizi UGM, Dr. Mirza Hapsari Sakti Titis Penggalih, S.Gz., M.P,H., RD., menjelaskan mengapa sarapan penting untuk dilakukan. Salah satunya, sarapan menjadi sumber energi atau penyedia bahan bakar bagi tubuh untuk beraktivitas di siang hari.

“Kalau habis tidur 8 jam tidak makan dan minum otomatis kadar glukosa dalam tubuh rendah. Jika tidak mengonsumsi makanan setelah bangun tidur makan akan lemas karena tidak akan bahan bakar yang masuk,” dikutip dari ugm.ac.id, Dr. Mirza mengatakan

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #pengen #diet #berjalan #lancar #rekomendasi #formula #sarapan #yulia #baltchun

KOMENTAR