4 Tanda OCD yang Jarang Diketahui, Tak Sekedar Terlalu Sering Cuci Tangan
Ilustrasi seseorang dengan OCD 
15:20
2 April 2024

4 Tanda OCD yang Jarang Diketahui, Tak Sekedar Terlalu Sering Cuci Tangan

Obsessive-compulsive disorder (OCD) atau gangguan obsesif-kompulsif dapat dialami oleh siapapun, baik pria maupun wanita.

Namun, masih ada kesalahpahaman tentang seperti apa bentuknya.

Jika seseorang tidak memiliki gejala-gejala yang paling sering digambarkan dalam artikel kesehatan, seperti sering cuci tangan karena ketakutan terkontaminasi, OCD mereka mungkin tidak terdiagnosis.

Dr. Levi Riven, seorang psikolog klinis yang berspesialisasi dalam pengobatan OCD, mengatakan kepada Business Insider bahwa OCD secara luas didefinisikan sebagai obsesi terhadap sesuatu atau pemikiran yang tidak diinginkan, yang dapat mendorong mereka untuk meragukan diri mereka sendiri dan melakukan ritual (pengulangan) dan kompulsi.

Alasan mengapa gejala seperti mencuci tangan berlebihan lebih diperhatikan adalah karena gejala itu dapat terlihat.

“Ada juga banyak pengalaman yang terjadi 'di bawah permukaan' pada penderita OCD,” kata Riven.

“Sangat umum melihat individu dengan OCD mengalami banyak tekanan yang tidak terdeteksi oleh orang lain dalam hidup mereka karena semua itu terjadi secara pribadi di dalam pikiran.”

Misalnya, orang dengan "OCD murni" dapat memiliki obsesi mental, seperti menghitung diam-diam atau mengulangi frasa di kepala mereka, namun tidak memiliki dorongan eksternal, sehingga membuat OCD mereka berpotensi lebih sulit untuk didiagnosis.

Riven berbagi beberapa gejala OCD apa saja yang kurang diketahui, banyak di antaranya adalah tanda-tanda yang tidak kentara atau sulit dikenali.

Ilustrasi OCD Ilustrasi OCD (Freepik)

1. Menganalisis secara mendalam pikiran-pikiran yang mengganggu

Riven mengatakan salah satu jenis OCD yang utama adalah OCD yang merugikan, yaitu saat seseorang mungkin memiliki pikiran atau gambaran yang acak, mengganggu, dan penuh kekerasan.

Dia mengatakan setiap orang memiliki pemikiran yang mengganggu, seperti keinginan untuk mengarahkan mobil ke jalur berlawanan.

Namun seseorang dengan gangguan OCD mungkin menganggap kehadiran pemikiran seperti itu sebagai alasan atau penyebab keraguannya, ujarnya.

Untuk membedakan apakah itu kemungkinan gejala OCD, Riven mengajukan pertanyaan untuk memahami seberapa banyak pasien menganalisis pikiran-pikiran mengganggu tersebut.

Apakah mereka menginterogasi diri sendiri tentang apakah mereka benar-benar ingin mengemudikan mobilnya ke jalur berlawanan?

Apakah mereka khawatir tentang apa yang dikatakan tentang mereka bahwa mereka mempunyai pemikiran seperti itu sejak awal?

Apakah mereka merasa takut kehilangan kendali dan melakukan sesuatu yang merugikan Anda atau orang lain?

“Dari titik itu, seseorang mungkin mencoba mengurangi tekanan tersebut dengan melakukan pemeriksaan mental tertentu pada dirinya sendiri, dengan memantau diri sendiri untuk melihat apakah hal itu sesuatu yang benar-benar ingin mereka lakukan,” ujarnya.

“Jadi tidak ada bedanya dengan memeriksa kompor untuk memastikan sudah mati apa belum.”

Hanya saja hal ini kurang terlihat oleh orang lain, namun menyebabkan pasien terus-menerus cemas dan mengganggu kehidupannya.

2. Mencari banyak kepastian

Menurut Riven, salah satu dorongan OCD yang paling umum yang dia lihat adalah pencarian kepastian, di mana seseorang mungkin mengalami keraguan dan mungkin beralih ke sumber eksternal untuk mendapatkan kepastian.

Misalnya, jika seseorang mengidap OCD dalam hubungan, mereka sering mengalami kecemasan saat berada dalam hubungan yang "benar" bahkan ketika mereka mencintai pasangannya dan secara logis tahu bahwa mereka berada dalam hubungan yang sehat.

Riven mengatakan mencari kepastian bisa dilakukan dengan berbagai cara.

Beberapa orang mungkin terus-menerus meminta teman mereka untuk mempertimbangkan hubungan mereka, sementara yang lain mungkin secara kompulsif menjelajahi Google, thread Reddit, atau TikTok untuk mendapatkan informasi yang memvalidasi perasaan mereka.

Meskipun kadang-kadang mencari kepastian adalah hal yang umum, Riven mengatakan gangguan ini dinilai dari seberapa berulangnya dorongan tersebut.

Jika seseorang sering meminta "bukti" dari pasangannya bahwa dia mencintainya dan terus melakukannya tidak peduli berapa kali pasangannya mengatakan "Aku cinta kamu", itu mungkin merupakan tanda OCD.

3. Membutuhkan waktu lebih lama untuk bersiap atau menyelesaikan tugas

Riven mengatakan bahwa suatu kelainan biasanya ditentukan oleh seberapa besar gangguan tersebut mengganggu kehidupan sehari-hari seseorang.

Bagi sebagian penderita OCD, ia mengatakan gejala umumnya adalah ia perlu melakukan serangkaian ritual yang rumit sebelum meninggalkan rumah, sehingga menyebabkan mereka sering terlambat atau membutuhkan waktu lebih lama untuk menyelesaikan sesuatu.

Misalnya, seorang perawat dengan OCD akan membutuhkan waktu ekstra 30-45 menit untuk memeriksa hingga belasan kali apakah peralatan di rumahnya telah dimatikan.

Ritual harian tersebut memperpendek jadwal tidurnya dan pada akhirnya memengaruhi suasana hatinya.

4. Hubungan jelas terkena dampaknya

Bahkan jika obsesi Anda tidak pernah hilang dari pikiran Anda, Riven berkata bahwa OCD hampir selalu memengaruhi hubungan, karena seseorang yang berada dalam tekanan besar akan berdampak pada orang-orang di sekitarnya.

Misalnya saja, dia mengatakan seseorang yang mengidap OCD mungkin akan menuntut kebersihan yang membuat anggota keluarganya merasa terkekang.

Atau, seseorang yang mengidap OCD mungkin terus-menerus mengungkapkan keraguannya terhadap hubungan tersebut, sehingga membuat pasangannya merasa tidak dicintai.

OCD Bisa Tidak Disadari karena Gejalanya

Karena tingkat keparahan OCD bisa berbeda-beda, Riven mengatakan penyakit ini bisa tidak disadari dalam jangka waktu yang sangat lama.

Tidak jarang seseorang menderita bentuk OCD yang lebih ringan yang kemudian menjadi lebih umum setelah adanya pemicu stres eksternal, seperti melahirkan.

Selain itu, ada orang yang mengalami stigma dan rasa malu yang mungkin secara aktif menyembunyikan atau menutupinya, kata Riven.

Beberapa orang tidak terdiagnosis OCD sampai mereka memasuki usia 30-an, meskipun mereka sudah mengalami gejalanya sepanjang hidup.

Jika Anda menduga Anda mengidap OCD, ada baiknya mencari diagnosis resmi agar Anda dapat menemukan rencana pengobatan yang tepat.

(Tribunnews.com, Tiara Shelavie)

Editor: Whiesa Daniswara

Tag:  #tanda #yang #jarang #diketahui #sekedar #terlalu #sering #cuci #tangan

KOMENTAR