Harus Waspada! Kenali 9 Ciri-Ciri Mertua Toxic, Begini Cara Mengatasi dengan Elegan dan Berkelas
Ilustrasi hubungan antara mertua dengan menantu (Freepik)
17:09
29 Maret 2024

Harus Waspada! Kenali 9 Ciri-Ciri Mertua Toxic, Begini Cara Mengatasi dengan Elegan dan Berkelas

       – Mertua yang toxic kerap menjadi penyebab rumah tangga menjadi bermasalah mulai dari hubungan tidak sehat, tidak harmonis hingga berantakan. Bahkan ada yang berujung hingga perceraian.

Namun ada beberapa rumah tangga yang memilih bertahan meskipun mertua toxic. Hal ini tidak masalah, hanya saja sesuatu yang toxic bisa memengaruhi kesehatan mental.

Mulai dari frustasi hingga depresi berat yang nantinya hal ini keb awa ke dalam urusan rumah tangga. Akhirnya bisa berdampak perselisihan hingga perpisahan.

Dilansir dari laman Marriage, terdapat 9 tanda mertua toxic yang perlu diwaspadai diantaranya :

1.      Tidak memiliki batasan

Tanda pertama yang menunjukkan bahwa mertua toxic adalah tidak memiliki batasan. Mertua selalu tidak memiliki batas dalam meminta sesuatu yang hal ini bisa membuat hubungan dalam rumah tangga menjadi tidak nyaman.

Selain urusan, mertua tidak memiliki batasan dalam mencari segala hal yang ingin diketahui atau suka kepo yang berlebihan.

2.      Ikut campur dalam membuat keputusan di rumah tangga

Mertua yang toxic selalu ikut campur dalam membuat keputusan di rumah tangga menantunya. Apapun selalu diikuti mulai dari misalnya keputusan untuk ngontrak atau membeli rumah baru.

3.      Mencoba mengendalikan hubungan

Tanda lainnya mertua yang toxic adalah selalu mencoba mengendalikan hubungan. Mulai dari tempat tinggal hingga cara berpakaian atau lain sebagainya yang sebetulnya itu hal privasi.

4.      Sering menyalahkan

Mertua yang toxic cenderung selalu menyalahkan apa saja yang dilakukan oleh menantunya. Bahkan sekalipun bukan menantu yang salah, tetap semuanya disalahkan atas namanya.

Misalnya gagalnya cucu di akademik sekolah yang mana hal ini merupakan kesalahan menantunya. Padahal ada banyak faktor gagal di akademik sekolah salah satunya kurang serius dalam belajar.

5.      Bersikap pura-pura baik

Berpura-pura baik kerap dirasakan oleh menantu yang memiliki mertua toxic. Hal ini biasanya dilakukan saat ada banyak orang untuk membuat citranya baik kepada menantu, namun biasanya tidak seperti itu.

6.      Memberikan nasehat tanpa diminta

Mertua toxic sering ikut campur dalam segala hal tak terkecuali yang tiba-tiba dengan sengaja memberikan nasehat tanpa diminta, terlebih lagi nasehat yang isinya menyudutkan salah satu pihak.

Tentu nasehat yang awalnya bisa menjadi solusi justru menjadi malapetaka dan masalah untuk rumah tangga menantunya.

 

7.      Ikut campur dalam urusan finansial

Urusan finansial juga tidak lepas dari pantauan mertua yang toxic mulai dari berapa pendapatan per bulan hingga digunakan untuk keperluan apa saja.

8.      Menyabotase momen spesial

Momen spesial sering menjadi kurang nyaman dan berantakan karena mertua yang toxic cenderung membuat masalah apa saja yang bisa menghilangkan keindahan dalam sebuah momen.

9.      Menguras energi secara emosional

Selain membuat lelah secara pikiran, mertua juga membuat energi secara emosional terkuras habis yang berujung kesehatan mental menjadi terganggu.

Untuk cara mengatasi mertua yang toxic dengan elegan dan berkelas adalah tetap menjaga moral dan attitude yang baik terhadap mertua. Cara selanjutnya adalah menghindari segala sesuatu yang bisa memicu perselisihan dengan mertua. *

Editor: Kuswandi

Tag:  #harus #waspada #kenali #ciri #ciri #mertua #toxic #begini #cara #mengatasi #dengan #elegan #berkelas

KOMENTAR