Berikut Beberapa Manfaat Berpuasa Untuk Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut
Ilustrasi seseorang sedang memeriksa kesehatan gigi dan mulut. (Pexels)
15:28
28 Maret 2024

Berikut Beberapa Manfaat Berpuasa Untuk Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

- Puasa menjadi ibadah yang wajib dilakukan oleh umat Islam di bulan Ramadhan. Banyak orang yang menganggap berpuasa memiliki banyak manfaat. Puasa juga ampuh untuk menurunkan berat badan dan mengubah gaya hidup yang lebih sehat.

Selain bermanfaat untuk pencernaan, berpuasa ternyata juga memiliki manfaat besar bagi kesehatan gigi dan mulut. Beberapa manfaatnya sebagai berikut:

Mencegah Kerusakan Gigi

Faktanya, semakin banyak makanan yang kita makan menyebabkan banyaknya kuman yang masuk ke area mulut. Dengan berpuasa hampir 12 jam membuat tidak ada makanan yang masuk ke dalam mulut sehingga tidak ada kuman atau bakteri yang masuk.

Mencegah Penyakit di Sekitar Mulut

Berbagai penyakit seperti peradangan pada mulut dapat dihindari karena berpuasa. Hal ini tentu juga harus diimbangi dengan perawatan gigi yang baik dan rajin menyikat gigi dengan pasta gigi. Bisa juga pada saat setelah sahur dan berbuka berkumur dengan cairan khusus pembersih mulut.

Menjaga Keseimbangan Flora di Dalam Mulut

Flora yang dimaksud adalah mikroorganisme yang hidup pada kulit dan selaput lendir manusia sehat ataupun sakit. Pertumbuhan flora tersebut bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti suhu, kelembaban, nutrisi, dan zat penghambat.

Kehadiran flora normal ini penting untuk menjaga kesehatan tubuh dengan menghambat pertumbuhan mikroorganisme lain. Saat berpuasa, organ tubuh mendapat istirahat, yang juga memengaruhi keseimbangan flora normal di mulut, mencegah masalah gigi dan gusi.

Keseimbangan flora di mulut juga menghambat bakteri untuk melepaskan gas VSCs (Senyawa Belerang Volatil), yang menyebabkan bau mulut atau halitosis. Dengan demikian, berpuasa dapat memelihara kebersihan mulut dan mencegah masalah bau mulut.

Agar manfaatnya dapat dirasakan, penting untuk menjaga kebersihan mulut selama berpuasa. Langkah-langkahnya termasuk menyikat gigi minimal dua kali sehari, yaitu setelah sahur dan berbuka serta pastikan menggunakan pas gigi mengandung fluoride.

Membantu Penyerapan Nutrisi

Kesehatan gigi yang baik dapat membantu meningkatkan penyerapan nutrisi oleh tubuh. Dengan gigi yang sehat, kita dapat mengunyah makanan dengan lebih baik sehingga memaksimalkan penyerapan nutrisi yang terkandung dalam makanan oleh tubuh.

Menjaga Kesehatan Jantung

Menjaga kebersihan gigi selama puasa juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Ada bukti bahwa terdapat hubungan antara kesehatan gigi dan risiko penyakit jantung.

Jika gigi dan mulut tidak sehat, bakteri dapat masuk ke dalam pembuluh darah dan menimbulkan peradangan yang dapat mempengaruhi kesehatan jantung.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #berikut #beberapa #manfaat #berpuasa #untuk #menjaga #kesehatan #gigi #mulut

KOMENTAR