Ketahui Manfaat Centella Asiatica Bagi Kulit, Salah Satunya Anti-Stretch Mark dan Anti-Selulit
Tanaman Centella Asiatica. (Freepik/thanthima)
11:36
28 Maret 2024

Ketahui Manfaat Centella Asiatica Bagi Kulit, Salah Satunya Anti-Stretch Mark dan Anti-Selulit

 - Centella Asiatica, dikenal juga dengan nama gotu kola, adalah sebuah tanaman herbal yang telah lama dikenal karena manfaatnya bagi kesehatan kulit.

Tanaman ini berasal dari wilayah Asia Tenggara dan telah digunakan dalam pengobatan tradisional selama ribuan tahun. Centella Asiatica memiliki daun berbentuk bulat kecil dan tumbuh merambat di tanah.

Tanaman ini kaya akan senyawa-senyawa aktif seperti triterpenoid, asiaticoside, madecassoside, dan pentacyclic triterpenes, yang memiliki sifat-sifat penyembuhan dan perlindungan kulit.

Dalam beberapa penelitian, Centella Asiatica telah terbukti memiliki sejumlah manfaat bagi kulit. Dengan pemahaman lebih lanjut tentang manfaatnya, penting untuk mengeksplorasi potensi penggunaan Centella Asiatica dalam perawatan kulit modern.

Dilansir dari Botanical Formulations pada Rabu (27/3), terdapat sejumlah manfaat yang ditawarkan oleh Centella Asiatica bagi kesehatan kulit.

1. Anti-penuaan

Studi menunjukkan bahwa Centella Asiatica efektif dalam meningkatkan produksi kolagen dalam kulit, terutama kolagen tipe I.

Karena kolagen dalam kulit menurun seiring bertambahnya usia, penggunaan Centella Asiatica dapat membantu mempertahankan kekencangan, elastisitas, dan kelembapan kulit.

Salah satu studi menemukan bahwa madecassoside, yang merupakan senyawa yang ada di dalam Centella Asiatica, jika dikombinasikan dengan vitamin C secara topikal pada kulit akan menghasilkan peningkatan signifikan dalam kondisi kulit setelah penggunaan selama beberapa bulan.

Madecassoside dan vitamin C bekerja dengan cara yang berbeda untuk meningkatkan produksi kolagen dalam kulit, sehingga memberikan efek yang lebih baik secara bersama-sama.

Dengan demikian, Centella Asiatica memiliki potensi untuk membantu melawan tanda-tanda penuaan kulit.

2. Anti jerawat

Centella Asiatica memiliki manfaat dalam mengatasi jerawat. Jerawat merupakan kondisi kulit yang ditandai oleh penyumbatan pori-pori, produksi minyak berlebihan, dan infeksi bakteri pada kelenjar minyak.

Studi menunjukkan bahwa penggunaan krim herbal yang mengandung Centella Asiatica dapat membantu mengurangi keparahan jerawat, mengurangi produksi minyak, dan mencegah pembentukan bekas jerawat.

Centella Asiatica juga memiliki sifat anti-peradangan dan dapat meningkatkan produksi kolagen, yang membantu dalam penyembuhan luka dan mengurangi gejala jerawat.

Selain itu, ekstrak Centella Asiatica telah terbukti memiliki aktivitas antibakteri yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri yang berperan dalam jerawat. Ini membuatnya menjadi bahan alami yang efektif untuk digunakan dalam perawatan kulit anti-jerawat.

3. Perlindungan sinar matahari

Penelitian telah menunjukkan bahwa TECA (triterpenaasiatik), yang merupakan senyawa yang terdapat dalam Centella Asiatica, memiliki kemampuan untuk melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar UVB.

Studi menunjukkan bahwa senyawa TECA pada kulit dapat membantu mengurangi kerusakan kulit akibat paparan sinar UVB, yang merupakan salah satu penyebab utama penuaan kulit dan bahkan risiko kanker kulit.

Dengan demikian, temuan ini menyarankan bahwa ekstrak Centella Asiatica juga dapat memberikan perlindungan yang serupa terhadap kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Ini menunjukkan potensi penggunaan Centella Asiatica sebagai bahan alami dalam produk-produk perawatan kulit yang dapat memberikan perlindungan terhadap paparan sinar matahari yang berlebihan.

4. Anti-stretch mark dan anti-selulit

Selulit terjadi karena adanya peningkatan jumlah sel lemak atau penurunan integritas jaringan ikat, yang dapat membuat lemak menonjol melalui jaringan ikat dan menyempitkan pembuluh darah kecil.

Perawatan selulit umumnya berfokus pada perubahan jaringan lemak dan jaringan ikat serta meningkatkan sirkulasi darah.

Berdasarkan penelitian, ekstrak Centella Asiatica telah terbukti dapat meningkatkan sirkulasi mikro dan mengatur metabolisme sel jaringan ikat.

Selain itu, dalam studi tertentu, penggunaan ekstrak Centella Asiatica yang telah menunjukkan peningkatan signifikan dalam penampilan selulit pada sebagian besar individu yang menggunakannya.

Selain itu, studi juga menunjukkan bahwa penggunaan Centella Asiatica dapat membantu mencegah stretch mark selama kehamilan, terutama pada wanita dengan riwayat stretch mark selama masa pubertas.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #ketahui #manfaat #centella #asiatica #bagi #kulit #salah #satunya #anti #stretch #mark #anti #selulit

KOMENTAR