Terawan Siap Teliti Sel Dendritik untuk Penyakit Demam Berdarah
Mantan Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto. 
23:40
26 Maret 2024

Terawan Siap Teliti Sel Dendritik untuk Penyakit Demam Berdarah

 Mantan Menteri Kesehatan (Menkes RI) Terawan Agus Putranto turut merespons peningkatan kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) yang akhir-akhir ini meningkat tajam.

Ia pun bersiap melakukan uji klinik terhadap sel dendritik untuk penyakit DBD.

Hal itu disampaikan Terawan dalam kegiatan peresmian Layanan Immunotherapy Nusantara by Terawan kerjasama dengan Klinik Simas Sehat Sejahtera di Jakarta, Selasa (26/3/2024).

"Sekarang kita sangat bersyukur sudah berkembang (sel dendrintik) kita akan masuk uji klinik untuk demam berdarah," tutur dr Terawan.

Dokter spesialis radiologi ini menilai, dalam menghadapi wabah DBD yang hampir tiap tahun terjadi diperlukan inovasi baru untuk mencegahnya.

"Saya melihat wabah kok terus setiap tahun berat, menapa tidak kita lakukan sebuah terobosan mengenai membuat pencegahan untuk demam berdarah," terang dia.

Preclinical study sudah dilakukannya termasuk menyuntikan sel dendritik itu kepada dirinya, istri serta sejumlah dokter dan staf yang terlebih dalam penelitian tersebut.

"Saya sudah disuntikkan bulan yang lalu rasanya enak ternyata bikin kinclong juga ya. Jadi membuat kita tidak mudah jetlag dan Enggak mudah lelah itu yang saya rasakan," sebut dr Terawan.

Saat ini persiapan menuju uji klinik tengah dilakukan. Namun, ia memastikan kemanan terobosan baru ini sudah teruji dimulai dari diri dirinya sendiri dan keluarga serta para tim dokter yang memang mau bekerja.

"Mereka yakin sebelum mengerjakan yang harus dipastikan adalag safety diperiksa pre and post, semua pemeriksaan dilakukan dengan detail," kata mantan kepala RSPAD Gatot Soebroto ini.

"Jadi learning by doing jalan, training jalan riset joint-riset jalan semua harus bekerja bersama-sama," sambung Terawan.

Adapun sel dendritik merupakan leukosit dari sum-sum tulang belakang dan merupakan jenis sel pembawa antigen terkuat. Sel inilah yang bertanggung jawab atas respons kekebalan tubuh yang menjadi penjaga sistem kekebalan tubuh manusia.

Editor: Willem Jonata

Tag:  #terawan #siap #teliti #dendritik #untuk #penyakit #demam #berdarah

KOMENTAR