6 Daftar Makanan Sumber Asam Folat Alami yang Baik Dikonsumsi Ibu Hamil dan Orang Dewasa, Simak!
6 Daftar Makanan Sumber Asam Folat Alami yang Baik Dikonsumsi Ibu Hamil dan Orang Dewasa, Simak!/Sumber gambar: jcomp/ freepik.com
13:08
23 Maret 2024

6 Daftar Makanan Sumber Asam Folat Alami yang Baik Dikonsumsi Ibu Hamil dan Orang Dewasa, Simak!

  Asam folat atau juga dikenal sebagai vitamin B9 merupakan vitamin esensial yang dibutuhkan ibu pada saat masa kehamilan.   Asam folat berperan penting dalam mendukung pembentukan pertumbuhan jaringan organ syaraf tulang belakang sejak awal pertumbuhan embrio.   Secara alami, asam folat atau vitamin B6 diproduksi oleh berbagai bahan makanan seperti sayur-sayuran, buah, dan jenis sumber protein hewani.   Mengonsumsi bahan-bahan makanan ini akan membantu ibu dalam memenuhi kebutuhan asam folat untuk perkembangan janin.    Di Jepang, ibu-ibu hamil secara khusus tidak diresepkan vitamin asam folat. Kebiasaan rutin makan sayur, buah, dan sumber protein hewani yang kayak asam folat telah menjadi kebiasaan sehari-hari orang Jepang.   Hanya dengan mengonsumsi sumber alami asam folat, ibu hamil bisa memenuhi kebutuhan vitamin B9 tanpa tambahan resep obat.   

  Makanan apa saja yang mengandung asam folat yang tinggi? Dilansir JawaPos.com dari Med Today pada Sabtu (23/03), berikut ini adalah daftar makanan yang kaya akan kandungan asam folat.   1. Sayur-sayuran daun hijau   Salah satu yang bisa ditemukan dengan mudah adalah bayam dan kale. Selain kaya akan kandungan vitamin B9, bayam dan kale juga mengandung vitamin C, K, dan A.   Sayur-sayuran berdaun hijau umumnya juga mengandung serat, antioksidan, dan kandungan mineral penting lainnya seperti Kalium, Magnesium, Mangan, dan Kalsium.   Mengonsumsi sayuran berdaun hijau akan menurunkan inflamasi dalam tubuh, mengendalikan kadar glukosa dalam darah, mengendalikan kolesterol dalam darah, dan membantu dalam proses penurunan berat badan   2. Kacang-kacangan   Bahan makanan ini juga mudah didapatkan. Berasal dari kacang-kacangan yang bisa diolah untuk berbagai menu.   Kacang merah, kacang koro, kedelai, kacang hijau, kacang Arab, merupakan beberapa contoh kacang-kacangan dengan kandungan tinggi asam folat.   Selain sebagai sumber asam folat, kacang-kacangan juga menjadi sumber protein tumbuhan, sumber serat, antioksidan, dan sumber mineral (K, Mg, Fe).  

  3. Telur   Telur dipertimbangkan menjadi sumber multivitamin alami yang mengandung berbagai vitamin kecuali vitamin C.   Selain kandungan asam folat, telur menjadi sumber tinggi protein yang mengandung selenium dan lemak baik.   Telur juga mengandung lutein dan zeaxanthin yang merupakan sumber tinggi antioksidan.   4. Buah-buahan sitrus   Buah-buahan sitrus adalah buah dari berbagai jenis jeruk yang memiliki rasa asam dan aroma yang segar.   Jeruk nipis, jeruk lemon, jeruk peras, jeruk bali, bahkan anggur juga merupakan buah-buahan sitrus yang mengandung asam folat.   Buah-buahan sitrus juga mengandung vitamin C yang bisa meningkatkan imun tubuh, memproduksi kolagen, dan membantu dalam penyerapan zat besi dalam tubuh.   Rutin mengonsumsi buah-buahan sitrus akan membantu dalam proses stabilisasi inflamasi dan mengendalikan jenis sel kanker tertentu.  

  5. Sayuran silangan   Sayuran silangan adalah sayuran dari keluarga famili Brassicaceae dengan banyak jenis tanaman budidaya seperti kembang kol, selada kebun, bok choy, kangkung, brokoli, kubis, dan kubis Brussel.   Selain kaya akan asam folat, sayuran silangan mengandung vitamin C dan K, antioksidan, serat, serta klorofil yang bisa mematikan pertumbuhan sel kanker.   6. Alpukat   Kandungan buah alpukat yang kaya akan asam folat diperkaya dengan nutrisi penting lainnya.   Alpukat mengandung mineral potassium, vitamin K, vitamin C, vitamin B6, dan lemak tunggal tak jenuh.   Sayur dan buah-buahan yang disebutkan adalah sumber alami asam folat yang bisa dikonsumsi secara rutin oleh ibu hamil.   Selain ibu hamil, orang dewasa juga membutuhkan asam folat untuk menjaga proses metabolisme pada tubuh.   Orang dewasa yang kekurangan asam folat biasanya rentan terkena berbagai gejala seperti anemia, masalah pencernaan, dan gejala psikis yang melibatkan kerja sel saraf.***  

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #daftar #makanan #sumber #asam #folat #alami #yang #baik #dikonsumsi #hamil #orang #dewasa #simak

KOMENTAR