5 Daerah Berstatus KLB DBD, Masyarakat Diminta Gencarkan 3M Plus hingga Vaksinasi 
Ilustrasi nyamuk penyebab Demam Berdarah Dengue. Maret 2024 ada lima daerah yang menetapkan status KLB DBD, Kemenkes tekankan pentingnya 3M Plus termasuk Wolbachia dan vaksin DBD. 
12:50
22 Maret 2024

5 Daerah Berstatus KLB DBD, Masyarakat Diminta Gencarkan 3M Plus hingga Vaksinasi 

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melaporkan pada bulan Maret ini, ada 5 daerah yang menetapkan status Kasus Luar Biasa (KLB) Dengue.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular, Ditjen P2P, Kementerian Kesehatan RI,  dr. Imran Pambudi, MPHM, merinci kelima daerah tersebut.

Seperti Jepara, Enrekang, Kutai Barat, Lampung Timur, dan Kab Nagekeo. 

"Karenanya pemerintah tidak pernah bosan untuk terus menekankan pentingnya 3M Plus, dan termasuk mempertimbangkan pencegahan inovatif seperti Wolbachia dan vaksin DBD," kata dia dalam kegiatan temu media bersama Takeda di Jakarta, Kamis (21/3/2024). 

Sampai dengan minggu ke-11 tahun 2024, terdapat 35.556 kasus DBD di Indonesia dengan 290 kematian.

"Dengan status KLB Dengue ini, implementasi 3M Plus masih memegang peran yang sangat krusial dalam pengendalian kasus DBD di Indonesia," ujar dr.Imran. 

Ia menyatakan bahwa untuk mencapai target nol kematian akibat dengue di tahun 2030, diperlukan peran aktif seluruh lapisan masyarakat.

“Sangat krusial untuk membangun sebuah sinergi yang kuat antara sektror publik, yaitu pemerintah, dan sektor swasta. Namun demikian, implementasi pengendalian dan pencegahan harus dilakukan di tingkat terkecil, yaitu keluarga. Semakin banyak keluarga bergerak, maka akan membantu kita mendekati target

Editor: Theresia Felisiani

Tag:  #daerah #berstatus #masyarakat #diminta #gencarkan #plus #hingga #vaksinasi

KOMENTAR