Keguguran dapat Berdampak pada Kesehatan Mental? Simak Dampak Buruk yang Harus Ditangani
Keguguran pada perempuan dapat menyebabkan depresi./ YouTube/CURHAT Bang Denny Sumargo
08:08
21 Maret 2024

Keguguran dapat Berdampak pada Kesehatan Mental? Simak Dampak Buruk yang Harus Ditangani

Seringkali keguguran pada perempuan dapat berdampak pada gangguan mental. Maka dari itu, dampak buruk, baik fisik hingga mental perlu segera ditangani.

Keguguran pada wanita akan menimbulkan perasaan kehilangan sampai rasa bersalah. Sehingga, kondisi mental menjadi tidak stabil.

Seperti yang dialami oleh istri Denny Sumargo bernama Olivia Allan. Dalam tayangan podcast YouTube suaminya (CURHAT Bang Denny Sumargo), perempuan yang akrab disapa Oliv sempat shocked saat keguguran pada kehamilan pertamanya.

"Pas 7 minggu masih ada detak jantungnya. Tapi, minggu ke-9 detak jantung janin udah nggak ada," tutur Oliv.

Seketika itu, Olivia Allan dan Denny Sumargo bingung harus melakukan apa. Hingga ada part, Olivia Allan harus tetap tersenyum saat ada orang yang ingin foto bersama dirinya. Padahal, ia belum sempat menangis atau meluapkan rasa sedihnya.

Sebagai informasi, istri Denny Sumargo ternyata sempat mengalami keguguran sebanyak tiga kali. Namun, kini ia berhasil melewati perjalanan pahit tersebut dan dinyatakan hamil.

Belajar dari perjalanan perempuan yang akrab disapa ci Oliv saat mengalami keguguran berkali-kali, para perempuan di luar sana harus bisa kuat menjalani kehilangan anak.

Pada intinya, semua perasaan negatif perlu segera diatasi agar tidak berlarut-larut. Sebab, ada beberapa gangguan mental yang mengancam jika tindakan tidak segera dilakukan.

Dikutip dari laman halodoc.com, ada 5 dampak buruk pada mental yang terjadi akibat keguguran.

1. Citra Diri yang Buruk
Efek keguguran, perempuan sering merasa tidak mampu menjadi seorang wanita yang utuh, akibat tidak dapat melahirkan bayi yang utuh.

Keguguran pada kehamilan pertama dapat meningkatkan kecemasan yang cukup besar terkait kesuburan di masa depan. Meski pada kenyataannya, wanita yang pernah mengalami keguguran tetap bisa mendapatkan kehamilan lagi.

2. Perasaan Bersalah
Perempuan yang mengalami keguguran dapat merasa bersalah, sebab menggambarkan ketidakmampuan dirinya dalam menjaga janin yang dikandungnya.

Beberapa wanita juga merasa jika kegagalan melahirkan ini sebagai hukuman. Seseorang dalam kondisi ini terus mencari jawaban atas kejadian ini, meski seringkali pihaknya tidak menemukan jawaban yang diinginkan.

3. Post Traumatic Stress Disorder (PTSD)
PTSD termasuk dampak buruk yang terjadi akibat keguguran. Bagi perempuan yang pernah melewati keguguran sebelumnya memiliki risiko lebih tinggi alami masalah ini.

Mengetahui penyebab keguguran bisa saja tidak mengurangi risiko alami kondisi stres akibat trauma.

4. Depresi
Berdasarkan penelitian 43 persen kasus keguguran wanita dapat menyebabkan seseorang yang mengalaminya terserang depresi.

Maka dari itu, perempuan pasca keguguran perlu mendapatkan perhatian khusus atau bahkan penanganan dari psikolog, apabila dirasa butuh.

Terapi perilaku kognitif juga terbukti dapat membantu jika dilakukan segera setelah kehilangan.

5. Melukai Diri Sendiri
Gangguan mental yang dialami pasca keguguran yang fatal adalah melukai diri sendiri. Tidak jarang juga bisa membuat seseorang memiliki pikiran untuk bunuh diri.

Penyebabnya yakni adanya perasaan gagal mempertahankan janin yang dikandungnya.

Setiap Ibu yang baru saja mengalami keguguran, sebaiknya mendapatkan pemeriksaan mental meskipun merasa baik-baik saja.

Agar bisa meluapkan segala perasaan yang timbul, sehingga psikolog dapat menilai perlu atau tidaknya mendapatkan pengobatan.

Semakin cepat kondisi yang dapat mempengaruhi mental ini didiagnosis, semakin baik penanganan yang bisa dilakukan.

Jangan sampai kondisi mental yang tidak stabil tersebut dibiarkan, sebab komplikasinya dapat membahayakan. Nah, untuk para pria, pastikan untuk memperhatikan gelagat yang berbeda dari pasangannya.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #keguguran #dapat #berdampak #pada #kesehatan #mental #simak #dampak #buruk #yang #harus #ditangani

KOMENTAR