Manfaat Kesehatan Timun Suri, Buah Segar yang Kaya Nutrisi, Cocok Dijadikan Takjil
Timun suri menjadi salah satu bahan es yang cocok untuk takjil. (DERY RIDWANSAH/ JAWAPOS.COM)
06:28
19 Maret 2024

Manfaat Kesehatan Timun Suri, Buah Segar yang Kaya Nutrisi, Cocok Dijadikan Takjil

Timun suri dijual saat memasuki bulan Ramadhan. Para umat Muslim berlomba-lomba membeli buah ini. Timun suri menjadi salah satu bahan es yang cocok untuk takjil. Timun suri memiliki bentuk seperti buah melon lonjong dengan kulit berwarna kuning agak orange dan mempunyai aroma yang khas. Maka dari itu, cocok sekali dijadikan dalam hidangan pelengkap buka puasa.

Seperti diketahui, timun suri adalah salah satu jenis buah tropis yang dikenal dengan rasa manis dan mempunyai kesegaran. Selain warna nya yang orange, Timun suri memiliki ciri khas kulit yang halus dan warna yang bervariasi. Mulai dari kuning, hijau, dan yang terakhir oranye.

Meski terkenal di beberapa Negara Asia Tenggara, seperti Indonesia, Malaysia, dan Thailand. Timun suri semakin mendapatkan perhatian di pasar internasional karena mempunyai nilai kelebihan kaya akan nutrisi dan memberikan sejumlah manfaat untuk kesehatan.

Kandungan tertinggi dari buah ini adalah air, dengan total mencapai 96,32 persen tidak jauh berbeda dengan mentimun. Namun, kandungan protein dalam timun suri lebih tinggi, yakni 1,26 persen dibandingkan dengan mentimun dan melon yang hanya dalam kisaran 0,4 persen saja.

Selain mempunyai kandungan gizi, timun suri mengandung sejumlah nutrisi penting yang penting untuk kesehatan tubuh. Buah ini merupakan sumber serat yang baik, membantu menjaga pencernaan dan mengurangi risiko penyakit seperti penyakit diabetes dan penyakit jantung.

Selain itu, timun suri juga mengandung vitamin dan mineral. Seperti vitamin C, vitamin A, kalium, dan magnesium, yang dapat mendukung fungsi tubuh menjadi lebih optimal.

Oleh sebab itu, timun suri layak diolah menjadi produk yang dapat dikonsumsi karena memiliki kandungan gizi yang bagus dan nutrisi yang dapat menjaga pencernaan serta bisa mengurangi risiko penyakit diabetes dan penyakit jantung.

Manfaat Timun Suri Untuk Kesehatan

Dengan mengonsumsi timun suri dapat memberikan sejumlah manfaat untuk kesehatan. Dilansir dari Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara berikut manfaatnya:

1. Melegakan Tenggorokan

Ketika berpuasa, tenggorokan rentan terkena penyakit radang akibat kebiasaan langsung mengkonsumsi air dingin atau air es saat berbuka puasa, padahal hal tersebut tidak dianjurkan. Untuk mencegah hal tersebut, kamu bisa mengkonsumsi timun suri langsung maupun dicampurkan dalam menu berbuka.

Hal ini lantaran kandungan air timun suri melimpah sehingga memberikan efek sejuk dan melegakan tenggorokan setelah seharian menahan haus.

2. Membantu Sistem Pencernaan

Serat dalam timun suri dapat membantu pencegahan sembelit, mengatur pergerakan usus, menjaga kesehatan melalui saluran pencernaan, dan bisa memberikan kepuasan rasa kenyang lebih lama.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan kalium dalam timun suri dapat membantu menjaga tekanan darah yang sehat, yang pada gilirannya bisa mengurangi risiko penyakit jantung.

4. Mencegah Alzheimer

Selain dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan risiko penyakit diabetes, timun suri juga kaya akan vitamin K yang penting untuk kesehatan tulang dan sendi. Serta dapat membantu mencegah dari penyakit Alzheimer.

5. Sumber Energi Dadakan

Memiliki gula yang alami, timun suri memberikan pukulan energi yang cepat dan alami. Cocok buat memulihkan stamina saat berbuka puasa.

6. Baik untuk Kesehatan Ginjal

Timun suri juga dapat membantu membersihkan racun dari tubuh dan dapat menjaga kesehatan Ginjal. Buah ini tak hanya memanjakan lidah tapi juga merawat organ Ginjal.

7. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandunan vitamin C yang dihasilkan dari timun suri, dapat membantu produksi kolagen yang penting untuk kesehatan kulit yang baik.

Cara Mengonsumsi Timun Suri

Selain cocok dijadikan hidangan pelengkap takjil pada saat bulan Ramadhan, ada berbagai cara untuk menikmati timun suri. Beberapa di antaranya adalah:

1. Dimakan Segar

Timun suri dapat dinikmati langsung sebagai camilan segar atau ditambahkan ke dalam salad buah untuk variasi rasa.

2. Dibuat Jus atau Smoothie

Buah ini bisa diolah menjadi jus atau smoothie yang dapat menjadi pilihan minuman menyegarkan dan sehat.

3. Ditambahkan ke Makanan

Timun suri dapat ditambahkan ke berbagai hidangan, mulai dari masakan Asia hingga hidangan penutup, untuk menambahkan rasa manis dan segar.

Dengan rasa yang lezat dan manfaat kesehatan yang berlimpah, timun suri adalah pilihan buah yang sempurna untuk dinikmati di musim panas, bulan Ramadhan, atau kapan pun jika kamu ingin menginginkan camilan yang sehat dan menyegarkan.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #manfaat #kesehatan #timun #suri #buah #segar #yang #kaya #nutrisi #cocok #dijadikan #takjil

KOMENTAR