Vitamin B6, Suplemen Luar Biasa yang Dapat Mendukung Fungsi Otak hingga Perlindungan Terhadap Polusi Udara
Ilustrasi vitamin B6./Sumber foto: freepik/mahirasadov
12:24
17 Maret 2024

Vitamin B6, Suplemen Luar Biasa yang Dapat Mendukung Fungsi Otak hingga Perlindungan Terhadap Polusi Udara

 

 - Vitamin B6 atau yang juga dikenal sebagai pyridoxine adalah vitamin yang larut dalam air dan dapat ditemukan secara alami dalam banyak makanan, serta ditambahkan ke dalam makanan dan suplemen.

Bentuk koenzim aktif yang paling umum dari vitamin B6 adalah piridoksal 5'-fosfat (PLP), yang juga digunakan untuk mengukur kadar B6 dalam darah.

PLP atau bentuk koenzim aktif vitamin B6 dapat membantu lebih dari 100 enzim dalam tubuh untuk melakukan berbagai fungsi.

Fungsi tersebut termasuk memecah protein, karbohidrat, dan lemak, menjaga kadar homosistein agar tetap normal (karena kadar homosistein tinggi dapat menyebabkan masalah jantung), serta mendukung fungsi kekebalan tubuh dan kesehatan otak.

Dilansir dari Medical News Today, Minggu (16/3), vitamin B6 dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, seperti mendukung fungsi otak dan sistem kekebalan tubuh.

Vitamin B6 juga berperan dalam metabolisme protein, lemak, dan karbohidrat untuk membentuk energi, serta berperan penting dalam fungsi sistem kekebalan tubuh, perkembangan otak selama kehamilan dan masa bayi, hingga pembentukan neurotransmiter dan hemoglobin.



Vitamin B6 juga memiliki manfaat lainnya bagi tubuh yang tertuang dalam beberapa poin-poin berikut.

● Fungsi otak

Vitamin B6 membantu dalam pembentukan neurotransmiter, yang merupakan pembawa pesan kimia penting dalam otak. Vitamin ini juga membantu mengatur penggunaan energi dalam otak manusia.

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa kekurangan vitamin B6 bisa terjadi akibat adanya penurunan kognitif dan demensia.

Menurut Office of Dietary Supplements Trusted Source, studi telah menunjukkan bahwa orang dewasa yang berusia tua dengan kadar vitamin B6 dalam darah yang lebih tinggi cenderung memiliki ingatan yang lebih baik.

● Meringankan mual saat kehamilan

Studi tinjauan tahun 2016 menyatakan bahwa mengonsumsi vitamin B6 dapat membantu meredakan gejala ringan mual dan muntah selama kehamilan jika dibandingkan dengan tidak mengonsumsinya.

Berdasarkan penelitian tersebut, American Congress of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) merekomendasikan suplemen vitamin B6 sebagai pengobatan yang aman yang bisa dibeli secara bebas, untuk meredakan mual selama kehamilan.



● Perlindungan terhadap polusi udara

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2017 menunjukkan bahwa vitamin B6 bisa membantu melindungi individu dari efek buruk polusi udara dengan mengurangi dampak polusi pada epigenom.

Dari hasil penelitian ini, para peneliti berharap bahwa penemuan mereka tentang kemampuan vitamin B6 untuk melindungi diri dari efek buruk polusi udara dapat membuka jalan untuk mengembangkan strategi baru dalam mencegah perubahan genetik yang dapat disebabkan oleh paparan polusi udara yang merugikan.

Vitamin B6 merupakan salah satu dari delapan vitamin B yang penting untuk mendukung fungsi sel yang tepat. Vitamin ini larut dalam air, yang berarti tubuh tidak menyimpannya dan akan mengeluarkan kelebihannya melalui urin.

Oleh karena itu, penting untuk mendapatkan asupan vitamin B6 yang cukup setiap hari melalui asupan makanan, seperti kacang kuda, tahu, dan hati sapi.

****

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #vitamin #suplemen #luar #biasa #yang #dapat #mendukung #fungsi #otak #hingga #perlindungan #terhadap #polusi #udara

KOMENTAR