Tidak Hanya Astaxanthin, 5 Jenis Antioksidan pada Makanan Ini Mampu Mencegah Berbagai Penyakit Kronis
Ilustrasi buah dan sayur yang mengandung antioksidan seperti beta karoten, polivenol, astaxanthin. (pexels.com/Jane Doan)
11:24
17 Maret 2024

Tidak Hanya Astaxanthin, 5 Jenis Antioksidan pada Makanan Ini Mampu Mencegah Berbagai Penyakit Kronis

 

- Astaxanthin menjadi salah satu antioksidan yang populer belakangan ini karena memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh.

Namun ternyata selain astaxhanthin, ada berbagai jenis antioksidan lain yang manfaatnya tidak kalah penting, salah satunya untuk mencegah penyakit kronis.

Antioksidan ini juga mudah ditemukan dalam sayur dan buah yang ada di pasaran.

Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan secara rutin, dapat menjadi salah satu cara untuk membentuk pola hidup sehat dan mencegah berbagai penyakit.

Dikutip dari Laman Kemenkes Minggu (17/3), berikut ini 5 antioksidan yang mudah ditemukan pada makanan dan dapat mencegah penyakit kronis.

1. Antosianin

Antosianin adalah pigmen alami yang memberi warna merah, ungu, atau biru pada buah dan sayuran tertentu, seperti anggur, blueberry, dan bit.

Pigmen ini tidak hanya memberikan warna menarik, tetapi juga memiliki potensi manfaat kesehatan yang signifikan.

Studi menunjukkan bahwa antosianin memiliki sifat antioksidan yang kuat, dapat membantu melawan peradangan, meningkatkan kesehatan jantung, dan bahkan memiliki efek positif pada kesehatan otak.

Selain itu, antioksidan ini juga mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas, dan dapat mengurangi risiko penyakit kronis seperti kanker, dan diabetes.

Konsumsi makanan yang kaya akan antosianin dapat menjadi langkah awal untuk membentuk pola makan sehat dan beragam.

2. Likopen

Likopen adalah pigmen merah yang ditemukan dalam buah dan sayuran, terutama di tomat dan produk tomat seperti saus tomat dan jus. Pigmen ini memberikan warna merah cerah pada makanan tersebut.

Konsumsi likopen secara teratur dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan, yakni mengurangi risiko penyakit jantung, kanker, dan beberapa penyakit degeneratif lainnya.

Pasalnya, likopen bersifat antioksidan sehingga dapat mencegah kerusakan sel-sel tubuh akibat radikal bebas. Selain itu, likopen juga diyakini dapat memberikan manfaat pada kesehatan kulit dan penglihatan.

Makanan yang kaya likopen, seperti tomat, paprika merah, dan semangka yang mudah ditemukan di pasaran, dapat dijadikan pilihan untuk menambah konsumsi makanan sehat.



3. Flavonoid

Flavonoid adalah senyawa fitokimia yang ditemukan dalam berbagai makanan tumbuhan, seperti buah, sayuran, teh, dan cokelat.

Senyawa ini memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang kuat dan dapat membantu melindungi tubuh dari peradangan.

Flavonoid juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan fungsi pembuluh darah, menurunkan tekanan darah, dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Selain itu, flavonoid juga dapat meningkatkan kesehatan otak dengan melindungi neuron dan meningkatkan fungsi kognitif.

Makanan yang kaya akan flavonoid, seperti buah-buahan beri, sayuran hijau, teh hijau, dan dark chocolate, dapat dapat menjadi pilihan untuk meningkatkan kesehatan.



4. Polifenol

Polifenol adalah kelompok senyawa kimia yang memiliki sifat antioksidan dan dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Polifenol dipercaya dapat mencegah penyakit jantung, kanker, diabetes, dan penyakit neurodegeneratif.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa polifenol dapat membantu meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh dan memperbaiki keseimbangan hormon.

Kandungan polifenol banyak ditemukan dalam kopi, dark coklat, teh, brokoli, buah beri, kacang-kacangan, jahe, cengkih, jintan, serta lada hitam.



5. Beta Karoten

Beta karoten adalah senyawa pigmen alami yang memberikan warna oranye pada buah dan sayuran seperti wortel, ubi jalar, dan labu.

Selain memberikan warna yang menarik, beta karoten juga merupakan prekursor vitamin A dalam tubuh manusia. Vitamin A penting untuk kesehatan mata, kulit, dan sistem kekebalan tubuh.

Beta karoten juga termasuk salah satu antioksidan yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, kanker, dan penyakit mata seperti degenerasi makula.

Selain itu, beta karoten juga dipercaya memberikan dampak positif untuk kesehatan kulit dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Itulah 5 jenis antioksidan selain astaxanthin yang juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk mencegah penyakit kronis.***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #tidak #hanya #astaxanthin #jenis #antioksidan #pada #makanan #mampu #mencegah #berbagai #penyakit #kronis

KOMENTAR