Konsumsi 9 Macam Buah Ini Agar Tubuh Tetap Terhidrasi saat Ibadah Puasa
Ilustrasi buah dengan kandungan air tinggi. (freepik.com)
13:36
16 Maret 2024

Konsumsi 9 Macam Buah Ini Agar Tubuh Tetap Terhidrasi saat Ibadah Puasa

–Selama berpuasa, kadar air dalam tubuh tentu terbatas. Hal itu dapat menyebabkan dehidrasi sehingga puasa pun terasa kurang nyaman saat dijalankan. Oleh karena itu, perlu mengonsumsi asupan seperti buah yang kaya akan air agar tubuh tetap terhidrasi.

Selain air mineral, konsumsi buah dengan kandungan air yang tinggi dapat menjadi cara baik lain untuk membuat tubuh terhidrasi. Rutin mengonsumsi buah yang kaya air juga dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh pada waktu puasa.

Dari banyaknya jenis, berikut adalah macam-macam buah yang tak hanya mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan, tapi juga memiliki kadar air cukup tinggi yang bermanfaat bagi tubuh.

  1. Semangka

Kadar air pada buah semangka cukup tinggi yaitu sekitar 92 persen. Dengan mengonsumsi semangka saat sahur dan berbuka, dapat mengontrol nafsu makan lebih baik karena buah ini dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama.

Selain mineral yang tinggi, semangka juga memiliki kandungan L-citrulline yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah secara alami.

  1. Jambu Air

Berdasar informasi dari Departemen Pertanian AS, 100 gram jambu air mengandung kurang lebih 90 persen air. Buah yang berasal dari Asia Tenggara itu sangat segar dikonsumsi terlebih setelah sehari penuh berpuasa.

Jambu air juga memiliki khasiat lain seperti mengontrol diabetes dan sebagai detoksifikasi tubuh. Itu karena jambu air juga mengandung berbagai macam nutrisi. Penelitian lain menjelaskan bahwa dengan mengonsumsi jambu air secara rutin dapat memberikan perlindungan bagi tubuh dari jenis kanker.

  1. Pir

Buah satu ini sangat mudah ditemukan di Indonesia. Menurut penelitian, dalam 100 gram buah pir mengandung sebanyak 80 persen air yang cukup untuk menghidrasi tubuh.

Pir juga mengandung vitamin C dan vitamin K yang tinggi sehingga membantu melawan peradangan pada penderita diabetes. Dengan mengonsumsi buah pir, banyak manfaat kesehatan bagi tubuh karena buah pir kaya akan serat, vitamin, dan antioksidan.

  1. Blewah

Buah satu ini memiliki sumber elektrolit yang melimpah. Blewah mengandung sekitar 90 persen air, sehingga menjadi pilihan tepat untuk mengonsumsi buah ini agar keseimbangan cairan dalam tubuh tetap terjaga terutama di bulan puasa.

  1. Persik

Seratus gram sajian buah persik mengandung sebanyak kurang lebih 90 persen air dan mengandung sumber vitamin A, B, dan vitamin C, serta potasium sehingga baik untuk menutrisi tubuh.

Buah persik atau sering juga disebut buah kesemek ini memiliki efek diuretik ringan yang membantu merangsang produksi urine. Hal ini bermanfaat bagi kesehatan ginjal karena dapat membantu mengeluarkan racun dari tubuh secara alami.

  1. Nanas

Kadar air dalam nanas termasuk yang cukup tinggi yakni sekitar 87 persen. Selain itu, buah nanas juga mengandung enzim bromelain yang berfungsi untuk memecah protein dalam tubuh, melancarkan pencernaan, dan mencegah peradangan pada tubuh.

Memiliki rasa yang manis asam membuat buah ini cocok dimakan saat berbuka tentu diimbangi dengan asupan makanan yang lain.

  1. Mentimun

Sebagian masyarakat mungkin mengenal mentimun sebagai sayuran. Mentimun sendiri mengandung kadar air yang tinggi kira-kira mencapai 95 persen. Mentimun juga memiliki kadar kalori yang rendah, sehingga dapat kamu konsumsi sehari-hari untuk menurunkan dan menjaga berat badan.

  1. Melon

Dua potong buah melon setara dengan setengah gelas air mineral. Hal ini karena kandungan air pada buah melon hampir mencapai 90 persen. Buah ini cocok untuk menjadi salah satu pilihan berbuka puasa karena mineral yang terkandung pada buah melon mampu mengembalikan elektrolit tubuh.

  1. Jeruk Bali merah

Perlu diketahui, kadar air pada jeruk Bali merah yang cukup tinggi, yaitu sekitar 91 persen. Buah sitrus jenis ini baik dikonsumsi setelah berolahraga dan tentu cocok sebagai pendamping menu berbuka puasa.

Berkat kandungan air, gula, dan elektrolit alami di dalamnya, jeruk Bali merah dapat membantu mempercepat pemulihan otot setelah olahraga dan mengembalikan cairan dalam tubuh.

Di antara sembilan jenis buah di atas, mana ini favorit kamu? Masih banyak buah dengan kandungan air yang dapat menghindarkan tubuh dari dehidrasi selama berpuasa. Pilih dan konsumsi buah sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Selain konsumsi buah tinggi air, pastikan minum air putih yang cukup setiap hari agar tubuh tetap terhidrasi.

Editor: Latu Ratri Mubyarsah

Tag:  #konsumsi #macam #buah #agar #tubuh #tetap #terhidrasi #saat #ibadah #puasa

KOMENTAR