Cara Atasi dan Cegah Sembelit ketika Puasa, Berikut Penjelasan Lengkap dengan Penyebabnya!
Sembelit ketika puasa./Pexels/cottonbro studio
11:55
16 Maret 2024

Cara Atasi dan Cegah Sembelit ketika Puasa, Berikut Penjelasan Lengkap dengan Penyebabnya!

Sembelit atau susah buang air besar (BAB) adalah yang paling merepotkan ketika menjalankan ibadah puasa.

Pasalnya, ketika sembelit perut menjadi sangat tidak enak, mules, dan lain semacamnya yang tentu saja mengganggu ketika puasa.

Ketika puasa sendiri siklus makan mengalami perubahan, baik waktu maupun porsinya. Tak heran terjadi masalah dalam pencernaan seperti sembelit.

Penyebab sembelit

Selain karena perubahan siklus makan, sebagaimanaa yang dikutip dari halodoc.com bahwa terdapat beberapa penyebab yang mengakibatkan sembelit ketika di bulan Ramadhan.

Hal pertama yang memicu sembelit adalah kurangnya serat dalam tubuh kita. Mengingat pola makan ketika berpuasa juga berubah sehingga kadang asal-asalan.

Kedua, adalah kurangnya cairan dalam tubuh sehingga membuat dehidrasi. Padahal, air sangat dibutuhkan untuk melarutkan zat makanan dan mengangkut sisa makanan ke sistem pembuangan.

Selain itu, konsumsi makanan berlemak secara berlebih juga dapat memicu sembelit, misalnya seperti gorengan. Pasalnya, makanan dengan lemak tinggi lebih sulit dicerna oleh usus.

Dikutip dari hellosehat.com, bahwa dalam beberapa penelitian terlalu banyak konsumsi susu juga dapat menimbulkan sembelit bagi anak-anak, karena susu mengandung serat yang sedikit. Namun, untuk dewasa masih belum ada penelitian lanjut.

Kebiasaan-kebiasaan seperti menahan BAB juga dapat memicu terjadinya sembelit. Pasalnya, feses yang seharusnya keluar namun ditahan dan mengendap mengering di usus.

Hal-hal lain yang menyebabkan sembelit adalah karena ada faktor gangguan usus seperti tumor di dalam usus, adanya jaringan parut (adhesi), atau terjadi peradangan atau infeksi di kolon (usus besar).

Jika mengalami gangguan semacam ini perlu segera untuk menghubungi dosen untuk penanganan lebih lanjut.

Cara mengatasi dan mencegah sembelit

Lantas bagaimana mengatasi dan mencegah sembelit yang mengganggu saat puasa?

Dikutip dari berbagai sumber, terdapat beberapa cara untuk mencegah sembelit dengan alami dan mengobati sembelit dengan pencahar.

Untuk beberapa cara alami dapat melakukan beberapa hal berikut agar BAB lancar di bulan Ramadhan.

1. Ketik sahur, berbuka maupun makan malam, usahakan mengkonsumsi makanan yang berserat, seperti dari buah atau sayuran.

2. Sering-sering minum air putih yang minimal 8 gelas per hari. Mulai dari 2 gelas ketika sahur, 2 gelas ketika berbuka dan 4 gelas ketika malam atau sebelum tidur.

3. Minimalisir makanan yang mengandung lemak tinggi seperti gorengan dan produk olahan susu.

4. Kafein dapat membantu rasa ingin BAB, namun jangan sampai berlebihan karena dapat memicu asam lambung.

5. Olahraga ringan dapat dilakukan selama 15-30 menit jelang berbuka puasa.

6. Usahakan untuk tidak lagi memiliki kebiasaan menunda BAB agar tidak memicu sembelit.

Adapun obat pencahar yang dapat mengatasi sembelit. Namun, lebih baik obat ini perlu konsultasi terlebih dahulu oleh dokter yang berwenang.

Salah satu obat pencahar yakni Bisacodyl yang dapat mengatasi susah BAB dengan cara merangsang otot-otot usus besar untuk mengeluarkan kotoran.

Obat ini dapat dibeli tanpa resep dokter dan jika digunakan dengan tepat, ia tidak akan berdampak tubuh lemas (gangguan elektrolit) sehingga cocok selama berpuasa.

Obat lain yang bebas dibeli tanpa resep dokter adalah Laktulosa. Obat yang meringankan sembelit ini menarik cairan ke usus sehingga feses menjadi lebih lunak dan gampang keluar.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #cara #atasi #cegah #sembelit #ketika #puasa #berikut #penjelasan #lengkap #dengan #penyebabnya

KOMENTAR