Ada Vitamin D, Intip 4 Rekomendasi Suplemen yang Harus Anda Konsumsi saat Puasa Ramadhan
Ilustrasi suplemen vitamin D. (Sumber foto: Freepik)
14:26
13 Maret 2024

Ada Vitamin D, Intip 4 Rekomendasi Suplemen yang Harus Anda Konsumsi saat Puasa Ramadhan

Puasa di bulan Ramadhan, selain menjadi kewajiban bagi umat Islam, dalam bidang kesehatan ternyata memiliki segudang manfaat seperti mengontrol pencernaan, pencegahan gangguan metabolisme, hingga detoksifikasi tubuh.

Selain itu, puasa diketahui merupakan tindakan yang didukung ilmu pengetahuan untuk menurunkan berat badan, meningkatkan kesehatan, dan banyak lagi.

Bagi umat Islam, penting untuk fokus memberi nutrisi pada tubuh dengan pilihan makanan sehat selama berpuasa. Oleh karena itu, penuhi nutrisinya selama di luar jam puasa.

Dikutip dari Times of India, Rabu (13/3), secara khusus, ada empat kelompok nutrisi yang tidak boleh Anda lewatkan ketika menjalani puasa:

Magnesium

Magnesium menjaga fungsi neurologis utama dan memastikan sinyal dari tubuh ke otak dan sebaliknya bekerja dengan baik sehingga ini menjadi sesuatu yang Anda perlukan untuk berfungsinya tubuh dengan baik dan memastikan Anda tidak mengalami kekurangan.

Hal ini juga dapat memastikan bahwa puasa berjam-jam tidak menguras tenaga dan menghindari kram otot ketika Anda melakukan aktivitas fisik yang berat.

Vitamin D

Vitamin ini dikenal sebagai nutrisi sinar matahari yang sangat penting bagi tubuh kita dan memang demikian adanya. Mulai dari memperkuat kekebalan tubuh, membangun tulang kuat, sampai memenuhi asupan vitamin D yang diperlukan jadi suatu keharusan.

Jika Anda tidak mendapatkan cukup sinar matahari sepanjang hari, pastikan Anda mengonsumsi suplemen vitamin D di luar jam puasa.

Zat besi

Mineral ini penting untuk membangun sel darah merah, mengangkut oksigen ke berbagai bagian tubuh dan memastikan tubuh bekerja secara efisien. Jika Anda kekurangan zat besi, berpuasa bisa menjadi rumit.

Otot dan jaringan tidak akan menyerap nutrisi dengan baik, Anda akan kekurangan energi dan rentan mengalami masalah kekebalan atau pencernaan. 

Oleh karena itu, pastikan Anda mengonsumsi suplemen zat besi atau melengkapinya dengan makanan alami guna menghindari efek samping atau kekurangan zat besi.

Menambahkan sedikit makanan kaya vitamin C juga dinilai dapat membantu mempercepat penyerapannya ke dalam tubuh.

Omega-3

Omega-3 sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung, serta otak dan mata. Konsumsi makanan kaya omega-3 secara teratur dapat menangkal risiko penyakit jantung, mengatasi depresi, dan kecemasan.

Meskipun cara terbaik untuk menutupi kehilangan vitamin dan mineral dengan mengonsumsi makanan kaya nutrisi, terkadang suplemen magnesium, vitamin D, omega 3, atau zat besi juga diperlukan.

Kebanyakan dari suplemen ini larut dalam air dan akan bekerja paling baik bila Anda meminumnya 30 menit sebelum makan sahur.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #vitamin #intip #rekomendasi #suplemen #yang #harus #anda #konsumsi #saat #puasa #ramadhan

KOMENTAR