Tinggi Nutrisi dan Kaya Akan Vitamin C, Berikut Penjelasan Para Ahli Tentang Manfaat Kesehatan Sayur Kubis
Sayur kubis dengan banyak manfaat (Sumber foto : healthline)
18:00
12 Maret 2024

Tinggi Nutrisi dan Kaya Akan Vitamin C, Berikut Penjelasan Para Ahli Tentang Manfaat Kesehatan Sayur Kubis

 

Jawapos.com - Sayur kubis tentu bukan hal asing bagi masyarakat, dan dapat ditemukan dalam berbagai macam masakan, termasuk asinan kubis, kimchi, dan coleslaw.

Sayuran kobis bisa ditemukan dalam berbagai bentuk dan warna, termasuk merah, ungu, putih, dan hijau, dan daunnya bisa berkerut halus.

Dilansir Jawapos.com dari ncbi.nlm.nih.gov pada Selasa (12/3), sayuran kubis juga dikenal kaya akan vitamin dan mineral.

Meskipun terlihat sangat mirip selada, sebenarnya sayuran ini termasuk dalam genus sayuran Brassica, yang mencakup brokoli, lobak, dan kubis Brussel.

Kubis sangat bergizi dan kaya akan vitamin C, serat, dan vitamin K. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kubis memiliki manfaat kesehatan antara lain mendukung pencernaan dan kesehatan jantung.

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa kubis dapat membantu mencegah jenis kanker tertentu.
Keyakinan tersebut sebagian berasal dari kualitas antioksidan dan anti-inflamasi pada kubis.

Hal ini juga disebabkan oleh sesuatu yang disebut glukosinolat, zat khusus yang mengandung sulfur yang diubah tubuh Anda menjadi pelawan kanker.

Ditambahkan dari healthline.com, berikut ada 9 manfaat sayur kubis baik untuk kesehatan.



1. Kubis kaya akan nutrisi

Sayur kobis kaya akan vitamin B6 dan folat, keduanya penting untuk banyak proses penting dalam tubuh, termasuk metabolisme energi dan fungsi normal sistem saraf.

Selain itu, kubis tinggi serat dan mengandung antioksidan kuat, termasuk polifenol dan senyawa belerang.

2. Membantu mengendalikan peradangan

Faktanya, tubuh kita mengandalkan respons peradangan untuk melindungi dari infeksi atau mempercepat penyembuhan. Peradangan akut semacam ini merupakan respons normal terhadap cedera atau infeksi.

Menurut pubmed.ncbi.nlm.nih.gov, di sisi lain, peradangan kronis yang terjadi dalam jangka waktu lama dikaitkan dengan banyak penyakit, termasuk penyakit jantung, rheumatoid arthritis, dan penyakit radang usus.

3. Kubis kaya akan vitamin C

Vitamin C, juga dikenal sebagai asam askorbat, adalah vitamin yang larut dalam air yang memiliki banyak peran penting dalam tubuh.

Misalnya, dibutuhkan untuk membuat kolagen, protein paling melimpah di tubuh. Kolagen memberi struktur dan kelenturan pada kulit dan sangat penting untuk berfungsinya tulang, otot, dan pembuluh darah.



4. Ini membantu meningkatkan pencernaan

Jika Anda ingin meningkatkan kesehatan pencernaan, kubis kaya serat adalah pilihan yang bagus. Sayuran renyah ini kaya akan serat tidak larut yang ramah usus, sejenis karbohidrat yang tidak dapat dipecah di usus.

Serat tidak larut membantu menjaga sistem pencernaan tetap sehat dengan menambah massa tinja dan melancarkan buang air besar secara teratur.

5. Dapat membantu menjaga jantung Anda tetap sehat

Peradangan diketahui memainkan peran utama dalam perkembangan penyakit jantung, dan efek perlindungan antosianin terhadap penyakit tersebut kemungkinan besar disebabkan oleh kualitas anti-inflamasi yang dimilikinya.

Kubis mengandung lebih dari 36 jenis antosianin yang kuat, menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk kesehatan jantung.

6. Dapat menurunkan tekanan darah

Tekanan darah tinggi mempengaruhi lebih dari satu miliar orang di seluruh dunia dan merupakan faktor risiko utama penyakit jantung dan stroke.

Dokter kerap menyarankan pasien penderita tekanan darah tinggi untuk mengurangi asupan garam. Namun, bukti terbaru menunjukkan bahwa meningkatkan asupan kalium sama pentingnya untuk menurunkan tekanan darah.



7. Bisa membantu menurunkan kadar kolesterol

Orang yang memiliki kolesterol tinggi juga cenderung memiliki peningkatan risiko penyakit jantung, terutama bila mereka memiliki kadar kolesterol LDL (jahat) yang tinggi.

Kubis mengandung dua zat yang terbukti menurunkan kadar kolesterol LDL (jahat). Kubis merupakan sumber serat larut yang baik. Faktanya, sekitar 40% serat yang ditemukan dalam kubis bersifat larut.

8. Kubis merupakan sumber vitamin K yang sangat baik

Kubis adalah sumber vitamin K1 yang hebat, menghasilkan 56% DV dalam satu cangkir. Vitamin K1 adalah nutrisi utama yang memainkan banyak peran penting dalam tubuh.

Salah satu fungsi utamanya adalah bertindak sebagai kofaktor enzim yang bertanggung jawab untuk pembekuan darah.

9. Sangat mudah untuk menambahkannya ke dalam diet Anda

Sayuran serbaguna ini bahkan bisa difermentasi dan dibuat menjadi asinan kubis. Selain mudah beradaptasi dengan banyak resep, harga kubis juga sangat terjangkau.

Tidak peduli bagaimana cara menyiapkan kubis, menambahkan sayuran silangan ini ke piring adalah cara yang enak untuk memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #tinggi #nutrisi #kaya #akan #vitamin #berikut #penjelasan #para #ahli #tentang #manfaat #kesehatan #sayur #kubis

KOMENTAR