Ingin Mengurangi Konsumsi Gula dan Garam? Yuk Simak 5 Cara Untuk Melakukannya!
Ilustrasi gula dan garam (freepik/jcomp/Racool_studio)
21:00
5 Maret 2024

Ingin Mengurangi Konsumsi Gula dan Garam? Yuk Simak 5 Cara Untuk Melakukannya!

 

Gula dan garam adalah dua hal yang sering dipakai oleh banyak orang, terutama untuk makanan dan minuman, karena keduanya penting bagi tubuh agar kesehatan tetap terjaga dan tidak menderita penyakit.

Namun, mengonsumsi gula dan garam berlebihan juga tidaklah baik bagi kesehatan tubuh. Karena itulah banyak dokter atau peneliti memberikan batasan berapa kali dalam sehari untuk mengonsumsi gula dan garam bagi tubuh.

Selain hal itu, mengutip dari Harvard Health, kalian juga bisa mengikuti beberapa cara berikut ini untuk mengurangi konsumsi gula dan garam agar kesehatan dari tubuh tetap terjaga.

1. Buat indera perasa perlahan terbiasa

Jika biasanya saat membuat teh atau kopi anda memberikan dua sendok teh gula, maka kurangi jumlah gula menjadi satu setengah sendok teh selama seminggu penuh dan setelah itu, coba kurangi lagi menjadi satu sendok gula.

2. Ubah sedikit resep makanan atau minuman

Kurangi jumlah pemakaian gula dan garam pada resep yang anda sering pakai untuk membuat makanan dan minuman sampai rasanya menjadi benar-benar terasa berbeda.

3. Makan buah atau makanan yang segar

Untuk mengurangi konsumsi gula, coba gunakan buah-buahan segar sebagai pengganti gula atau jus.

Meskipun bisa dibuat menjadi minuman dengan menambahkan susu almond atau yogurt rendah lemak sebagai smootie, alangkah lebih baiknya memakan buah segar tersebut secara langsung tanpa diolah.

Dan untuk mengurangi konsumsi garam, cobalah makan makanan yang tidak mengandung garam untuk mengatur jumlah asupan natrium harian anda yang biasanya didapat dari makanan yang sudah diolah seperti makanan kaleng, makanan beku, cemilan, dan lainnya.

4. Periksa label dari makanan

Selalu periksa label dari makanan yang akan dikonsumsi agar jumlah asupan gula dan garam yang dibutuhkan tubuh anda dalam sehari bisa terjaga dengan baik.

Namun anda harus ingat dan berhati-hati juga karena terkadang ada makanan yang tidak mempunyai label nutrisinya.

5. Selalu perhatikan bumbu-bumbu yang akan digunakan

Saat hendak memasak makanan, perhatikan kandungan natrium yang terdapat padanya, karena bumbu selain garam, seperti kecap, kecap inggris, saus salad, saus tomat, garam berbumbu, acar, zaitun, soda kue, baking powder, dan MSG juga mengandung kandungan natrium.

Jadi jika ingin mengurangi asupan garam, maka saat memasak, hindari beberapa bumbu tersebut agar jumlah asupan garam harian anda tidak melebihi dari batasan yang sudah ditentukan.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #ingin #mengurangi #konsumsi #gula #garam #simak #cara #untuk #melakukannya

KOMENTAR