4 Manfaat Mengonsumsi Pepaya yang Jarang Diketahui, Dapat Mencegah Kerutan dan Mengurangi Bekas Luka!
Ilustrasi buah pepaya. (Freepik)
10:56
28 Oktober 2024

4 Manfaat Mengonsumsi Pepaya yang Jarang Diketahui, Dapat Mencegah Kerutan dan Mengurangi Bekas Luka!

 – Pepaya adalah buah lezat dengan rasa manis dan daging yang berwarna oranye cerah alami. Banyak orang kurang menyukai buah ini karena dikenal memiliki bau yang tidak sedap.

Pepaya mengandung banyak nutrisi dan telah lama digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, termasuk nyeri menstruasi dan ketidakaturan siklus, kurap, dan bahkan malaria.

Dilansir dari Real Simple, berikut adalah empat manfaat mengonsumsi pepaya yang jarang diketahui.

  1. Meningkatkan kesehatan usus dan hidrasi

Pepaya adalah buah yang tinggi serat dan mengandung banyak air, dengan mengonsumsi pepaya dapat mendukung hidrasi dan membantu sistem pencernaan kita menjadi lebih lancar. 

Buah ini juga dapat membantu meningkatkan rasa kenyang, sehingga mencegah kita untuk makan berlebihan. Diet tinggi serat dikenal dapat membantu menjaga kadar gula darah dan kolesterol yang sehat, serta berkontribusi pada kesehatan usus secara keseluruhan.

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Pepaya dikenal sebagai imunostimulan, yaitu zat yang membantu mengaktifkan sistem kekebalan tubuh. Buah berwarna oranye cerah ini, kaya akan nutrisi penting yang membantu mendukung gaya hidup sehat secara keseluruhan.

Bahkan, satu buah pepaya kecil menyediakan lebih dari 100 persen dari asupan harian yang dianjurkan vitamin C yang dibutuhkan seseorang dalam satu hari.

  1. Mengurangi risiko penyakit

Buah pepaya mengandung antioksidan kuat, termasuk vitamin A, C, dan E yang menurunkan risiko penyakit jantung dan mencegah oksidasi kolesterol. Antioksidan ini juga dapat mengurangi peradangan, membuatnya bermanfaat untuk diet anti-artritis.

Buah dengan rasa manis ini, juga mengandung likopen, yang terkait dengan pengurangan risiko jenis kanker tertentu, termasuk kanker paru-paru, payudara, lambung, dan usus besar.

  1. Mencegah kerutan dan mengurangi bekas luka

Kandungan antioksidan yang tinggi pada buah pepaya, dapat membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas dan membantu meningkatkan elastisitas kulit, serta mempertahankan penampilan yang awet muda. 

Buah ini juga mengandung enzim papain yang membantu dalam pengobatan jerawat dan eksfoliasi kulit, serta dapat membantu mengurangi visibilitas bekas luka.

Editor: Nurul Adriyana Salbiah

Tag:  #manfaat #mengonsumsi #pepaya #yang #jarang #diketahui #dapat #mencegah #kerutan #mengurangi #bekas #luka

KOMENTAR