Ketahui 5 Manfaat Luar Biasa dari Daun Mint Untuk Kesehatan, Bisa Buat Berat Badan Stabil
Ilustrasi minuman daun mint menyehatkan. (Pexels)
09:44
28 Oktober 2024

Ketahui 5 Manfaat Luar Biasa dari Daun Mint Untuk Kesehatan, Bisa Buat Berat Badan Stabil

Anda mungkin masih asing dengan daun mint, karena masih jarang dikonsumsi di masakan rumahan. Daun mint kebanyakan digunakan untuk pelengkap suatu minuman, atau beberapa makanan olahan atau restoran.

Daun mint sebenarnya memiliki manfaat lebih dari sekedar hiasan untuk makanan atau tambahan yang menyegarkan dalam minuman. Selama ribuan tahun, orang-orang memanfaatkan ramuan daun mint tidak hanya karena rasanya enak, tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan.

Dilansir dari Times of India, mint kaya akan nutrisi dan memiliki kualitas terapuetik, yang dapat digunakan sebagai solusi alami berbagai masalah kesehatan. Inilah beberapa manfaat dari daun mint dan bagaimana memanfaatkannya untuk kesehatan Anda.

  1. Membantu pencernaan dan sakit perut

Daun mint memiliki manfaat bagi pencernaan. Peningkatan enzim pencernaan dapat menyerap nutrisi dan memudahkan pencernaan makanan. Bila Anda sedang mengalami kembung, gangguan pencernaan, atau sakit perut, daun mint dapat menjadi obat alaminya.

Cara mengolah daun mint untuk membantu pencernaan Anda adalah meminum teh mint sebelum atau sesudah makan. Rebus beberapa lembar daun mint segar dalam air mendidih selama lima hingga sepuluh menit.

Anda bisa meningkatkan manfaat dari daun mint ini dengan menambahkan irisan jahe atau beberapa tetes air jeruk lemon yang diperas. Dengan mengikuti beberapa langkat tersebut Anda dapat meredakan masalah pencernaan Anda.

  1. Meredakan gejala masuk angin

Menthol adalah zat kimia alami yang harum dengan khasiat dekongestan, ini dapat ditemukan dalam daun mint. Anda dapat memanfaatkannya untuk memudahkan nafas Anda dan saluran hidung yang tersumbat, terutama jika Anda sedang pilek, batuk, atau sinus tersumbat.

Detoksifikasi dari hidup tersumbat dan gejala pilek lainnya dapat diobati dengan cepat. Anda bisa menghirup uap dari daun mint atau menyeruput teh yang dicampur dengan daun mint.

Gunakan dengan menaruh beberapa lembar daun mint dalam wadah berisi air panas, tutupi kepala dengan handuk, dan hirup uapnya selama lima hingga sepuluh menit. Ini dapat meredakan sakit tenggorokan, Anda bisa juga minum teh mint dengan madu.

  1. Menjaga kesehatan mulut

Anda mungkin sering menemukan obat kumur dan pasta gigi yang mengandung daunt mint. Itu karena kualitas antibakteri dan anti radang yang kuat di dalam daun mint dapat membantu melawan bakteri mulut, mengurangi bau mulut, dan melindungi gusi.

Cara alami lainnya untuk menyegarkan mulut Anda adalah dengan mengunyah daun mint segar. Gunakan dengan cara mengunyah beberapa lembar daun mint segar atau menambahkannya ke dalam air untuk dibuat minuman.

Anda dapat membuat obat kumur alami dengan merebus daun mint dalam air, ditiriskan, lalu berkumur dengan cairan dingin tersebut jika Anda lebih suka obat kumur yang lebih kuat.

  1. Menjaga kesehatan kulit

Daun mint sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit, terutama Anda yang berjerawat atau kulit yang teriritasi. Khasiat daun mint yang menyejukkan dapat sangat menenangkan.

Asam salisilat yang terdapat dalam kandungan daun mint dapat membantu membuka pori-pori dan mengurangi jerawat Anda. Selain itu, daun mint secara alami mengurangi peradangan yang membantu meredakan kemerahan dan gatal pada kulit.

Gunakan dengan mencampur daun mint yang dihancurkan menjadi pasta, oleskan ke bagian yang berjerawat dan bilas dengan air dingin selama 15 hingga 20 menit. Ini akan memberikan Anda manfaat untuk Kesehatan kulit secara alami.

  1. Menurunkan berat badan

Daun mint rendah kalori, tetapi tinggi serat yang dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama dan mencegah makan yang tidak perlu atau berlebihan. Ini membantu pencernaan dan meningkatkan metabolisme lemak pada tubuh Anda.

Daun mint dapat mendukung upaya diet penurunan berat badan jika dipadukan dengan diet seimbang dan olahraga teratur.

Cara mengolah daun mint dengan menambahkan pada makanan sehari-hari Anda, seperti salad, smoothie, atau minuman detoks. Minuman yang menyegarkan dengan daun mint, mentimun, dan lemon dapat menjadi alternatif yang bagus untuk minuman manis.

Editor: Nurul Adriyana Salbiah

Tag:  #ketahui #manfaat #luar #biasa #dari #daun #mint #untuk #kesehatan #bisa #buat #berat #badan #stabil

KOMENTAR