Manfaat Peregangan, Bisa Berdampak Positif pada Tubuh dan Pikiran Anda
STIRAHAT SEJENAK: Pekerjaan yang sebagian besar aktivitasnya adalah mengetik menjadikan posisi tubuh menunduk dalam waktu lama dan kontinu. Untuk mencegah HNP, lakukan peregangan dengan gerakan ringan setiap 20–30 menit sekali.
18:22
1 Maret 2024

Manfaat Peregangan, Bisa Berdampak Positif pada Tubuh dan Pikiran Anda

 

 - Peregangan adalah aktivitas fisik di mana seseorang meregangkan otot atau jaringan lunak tubuh dengan lembut untuk meningkatkan fleksibilitas, rentang gerak, dan mengurangi ketegangan.

Gerakan peregangan biasanya dilakukan secara perlahan dan bertahap, tanpa melompat atau memaksa otot melebihi batasnya.

Beberapa gerakan peregangan yang umum meliputi gerakan tangan meraih kaki atau jari-jari kaki dengan untuk meregangkan otot hamstring, melakukan gerakan seperti duduk bersila untuk meregangkan otot pinggul, atau membungkuk untuk meregangkan otot punggung.

Menurut Harvard Medical School, setiap orang perlu melakukan peregangan pada otot betis, hamstring, fleksor pinggul, dan kuadrisep setiap hari.

Jika melakukan peregangan setiap hari terlalu sulit, coba lakukan minimal tiga atau empat kali seminggu.

Saat melakukan peregangan, pertahankan posisi Anda selama 30 detik. Untuk mencegah cedera, hindari melompat saat melakukan peregangan.

Meskipun merasakan ketegangan saat peregangan, itu merupakan hal yang wajar. Namun, hentikan dan konsultasikan dengan dokter jika Anda merasakan nyeri.

Seiring berjalannya waktu, Anda akan merasakan manfaat besar secara mental dan fisik jika rutin melakukan peregangan.

Dilansir dari Robbins Research International Inc pada Jumat (1/3), berikut adalah enam manfaat utama peregangan untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental Anda.



1. Peregangan dapat meningkatkan fleksibilitas

Melakukan peregangan dapat membuat tubuh Anda lebih lentur dan mengurangi risiko cedera saat melakukan aktivitas sehari-hari atau olahraga.

Cedera terjadi ketika otot yang kaku menjadi lelah. Otot yang lelah juga memberikan tekanan yang tidak perlu pada kelompok otot yang berlawanan. Memperkuat dan memperpanjang otot dapat membantu mencegah cedera.

 

2. Peregangan dapat meningkatkan jangkauan gerak

Seiring bertambahnya usia, individu mulai kehilangan jangkauan gerak. Melakukan peregangan akan membantu melambatkan proses itu dan dapat meningkatkan mobilitas secara keseluruhan.

Ketika kita dapat menggerakkan otot-otot kita dengan baik, risiko terjadinya cedera akan lebih rendah.

Gerakan yang lebih luas juga menjaga kesehatan tulang rawan dengan memastikan darah dan nutrisi yang cukup mengalir ke otot dan sendi kita.

Aliran darah yang lebih baik ke otot juga dapat mengurangi waktu pemulihan dari otot yang kaku setelah berolahraga.

3. Peregangan dapat membangun penyelarasan yang lebih baik

Ketika tubuh tidak sejajar, dapat menyebabkan tantangan dalam keseimbangan, metabolisme, dan akuitas visual.

Salah satu penelitian menemukan bahwa melakukan peregangan dapat mendorong penyelarasan yang tepat, dan akan memusatkan kembali tubuh dan menariknya kembali ke dalam keseimbangan.

4. Peregangan dapat memperbaiki postur tubuh

Salah satu komponen yang sering diabaikan dari kesehatan kita secara keseluruhan adalah postur. Postur yang buruk bisa bikin badan terasa kaku, mati rasa, dan otot-otot terasa sakit.

Tanpa melakukan peregangan yang tepat, postur kita bisa terganggu. Ini bisa berpengaruh pada kesehatan dan pikiran. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa postur yang buruk bisa berhubungan dengan depresi.

5. Peregangan dapat membantu menenangkan pikiran

Ketika kita melakukan peregangan, kita cenderung fokus pada gerakan tubuh kita dan bernapas secara perlahan, yang dapat membantu meredakan stres dan ketegangan dalam pikiran kita.

Selain itu, peregangan dapat menjadi waktu yang tenang untuk menghilangkan gangguan dan memusatkan perhatian pada praktik meditasi yang dapat membantu menenangkan pikiran dan meningkatkan kesejahteraan mental.

6. Peregangan dapat mengurangi stres

Ketika kita stres, otot kita cenderung menjadi tegang. Melakukan peregangan dengan gerakan yang perlahan dan terencana dapat memberikan efek menenangkan pada pikiran dan meredakan ketegangan otot.

Dengan demikian, peregangan menjadi salah satu cara yang efektif untuk mengurangi tingkat stres dalam tubuh.

Fokus pada area-area yang sering menahan stres, seperti leher, bahu, dan bagian atas punggung, dapat memberikan manfaat yang lebih baik dalam mengurangi stres melalui peregangan.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #manfaat #peregangan #bisa #berdampak #positif #pada #tubuh #pikiran #anda

KOMENTAR