Sering Dianggap Tidak Sehat, 5 Minuman Enak Ini Ternyata Baik untuk Kesehatan Jantung! Ada Cokelat dan Matcha
Minuman enak yang baik untuk kesehatan jantung. (Freepik)
14:33
26 Oktober 2024

Sering Dianggap Tidak Sehat, 5 Minuman Enak Ini Ternyata Baik untuk Kesehatan Jantung! Ada Cokelat dan Matcha

 

Jantung merupakan salah satu organ tubuh yang paling penting karena fungsinya memompa darah ke seluruh tubuh, serta menyediakan oksigen dan nutrisi yang diperlukan.

Oleh karena itu, penting untuk menjaga kesehatan jantung untuk mencegah berbagai penyakit yang bersumber darinya, seperti stroke dan tekanan darah tinggi.

Tidak hanya stroke dan darah tinggi, bahkan penyakit jantung adalah salah satu penyebab utama kematian di dunia. Namun banyak faktor risiko, seperti pola makan tidak sehat, kurangnya aktivitas fisik, dan stres, yang dapat dikelola.

Ternyata, ada beberapa jenis minuman enak yang seringkali dianggap tidak menyehatkan padahal sebenarnya baik untuk kesehatan jantung.

Dilansir dari laman Healthline pada (26/10), berikut ini beberapa minuman yang dimaksud.

Teh kembang sepatu

Teh kembang sepatu adalah minuman asam yang terbuat dari bunga tanaman kembang sepatu, yaitu Hibiscus sabdariffa.

Bunga kembang sepatu mengandung antioksidan polifenol. Selain itu, ekstrak kembang sepatu telah terbukti memiliki sifat penurun tekanan darah dan kolesterol.

Teh kembang sepatu dapat dibeli dalam kantong atau sebagai teh daun lepas dan dinikmati panas atau dingin.

Cokelat kakao

Kakao adalah bentuk murni dari cokelat yang umumnya lebih sedikit diproses dan lebih padat nutrisi daripada kebanyakan produk cokelat lainnya.

Kakao mengandung mineral dan antioksidan yang dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung. Kakao sangat kaya akan flavonoid, antioksidan yang dikenal dengan manfaat kardiovaskularnya.

Menurut penelitian ilmiah, menikmati produk kakao dapat membantu mengurangi tekanan darah, meningkatkan fungsi pembuluh darah, dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Untuk membuat minuman cokelat panas yang bergizi tanpa gula tambahan, tambahkan 1 sendok makan bubuk kakao ke dalam secangkir susu panas pilihan Anda.

Air jeruk

Menambahkan sepotong buah jeruk segar ke dalam air minum dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung Anda.

Buah jeruk atau lemon mengandung banyak nutrisi dan senyawa tanaman yang bermanfaat, termasuk minyak esensial dan antioksidan flavonoid.

Selain itu, menambahkan sedikit jeruk ke dalam air minum dapat membantu Anda meningkatkan asupan cairan. Tetap terhidrasi dengan baik sangat penting untuk meningkatkan fungsi jantung.

Smoothie kopi

Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa mengonsumsi kopi secara teratur dapat menurunkan risiko penyakit jantung secara signifikan.

Daripada memilih minuman kopi yang tinggi gula, Anda bisa mencoba membuat smoothie yang menggabungkan kopi dengan bahan-bahan lain yang menyehatkan jantung seperti pisang, mentega almond, dan bubuk kakao.

Matcha

Matcha adalah jenis teh hijau yang mengandung epigallocatechin gallate (EGCG). EGCG adalah senyawa polifenol dalam teh hijau yang memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang kuat.

Mengkonsumsi teh matcha yang kaya EGCG dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung.

Penelitian menunjukkan bahwa EGCG membantu mencegah aterosklerosis, penumpukan zat lemak pada dinding arteri, dan dapat membantu mengurangi peradangan dan kerusakan sel.

Inilah sebabnya mengapa mengonsumsi teh hijau atau matcha dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke dalam banyak penelitian.

Demikianlah beberapa minuman enak yang ternyata sangat baik untuk kesehatan jantung, yakni matcha, cokelat, air jeruk, kopi, dan teh kembang sepatu.***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #sering #dianggap #tidak #sehat #minuman #enak #ternyata #baik #untuk #kesehatan #jantung #cokelat #matcha

KOMENTAR