Mitos dan Fakta: Bagaimana Makanan Memengaruhi Menstruasi Anda, Simak Penjelasan Berikut!
Ilustrasi Menstruasi. (Freepik)
14:32
23 Februari 2024

Mitos dan Fakta: Bagaimana Makanan Memengaruhi Menstruasi Anda, Simak Penjelasan Berikut!

 - Menstruasi adalah proses alami di mana lapisan dalam rahim, yang disebut endometrium, dikeluarkan dari tubuh melalui vagina. Ini terjadi sebagai bagian dari siklus menstruasi bulanan pada wanita yang tidak mengalami kehamilan.

Saat menstruasi, tubuh mengalami serangkaian perubahan hormonal yang mengarah pada pelepasan endometrium yang tidak dibutuhkan. Proses ini sering disertai dengan perubahan fisik dan emosional, termasuk nyeri perut, ketidaknyamanan, hingga perubahan suasana hati.

Saat menstruasi terjadi, banyak orang beranggapan bahwa makanan dan minuman yang dikonsumsi dapat memengaruhi menstruasi, baik secara positif maupun negatif. Sebagian dari anggapan ini bisa didasarkan pada tradisi, budaya, atau pengalaman pribadi. Sementara yang lain, dapat berasal dari mitos atau informasi yang tidak akurat.

Dilansir dari MedPark Hospital pada Jumat (23/2), berikut merupakan mitos dan fakta seputar makanan yang dapat memengaruhi menstruasi.

1. Air dingin atau es sebaiknya dihindari selama menstruasi (mitos)

Sebagian besar orang beranggapan bahwa, air dingin atau es sebaiknya dihindari selama menstruasi, beberapa orang percaya bahwa hal tersebut dapat memperburuk nyeri menstruasi dan menghambat aliran menstruasi.

Padahal, faktanya, es atau air dingin tidak memiliki efek pada menstruasi. Menstruasi hanyalah darah yang dikeluarkan dari rahim, dan nyeri menstruasi adalah hasil dari kontraksi rahim. Tubuh kita dapat menyesuaikan suhu makanan dan minuman dingin yang melewati saluran pencernaan dan tidak bersentuhan dengan saluran reproduksi yang terpisah secara anatomi.

Oleh karena itu, air dingin dan es tidak menyebabkan kram menstruasi dan gumpalan darah menstruasi. Namun, hal ini dapat bervariasi bagi setiap orang.

2. Air kelapa menyebabkan menstruasi tidak teratur dan memperburuk kram menstruasi (mitos)

Meminum air kelapa dapat menyebabkan menstruasi tidak teratur dan memperburuk nyeri menstruasi.

Faktanya, nyeri menstruasi terjadi ketika rahim berkontraksi di bawah pengaruh prostaglandin. Air kelapa mengandung tingkat estrogen yang tinggi, meskipun bukan penyebab langsung, ini dapat memengaruhi kontraksi rahim dan mengganggu menstruasi.

Namun, saat dikonsumsi dalam jumlah yang tepat dan tidak berlebihan, air kelapa bermanfaat bagi kesehatan Anda karena kaya akan mineral penting.

Sehingga, kesimpulannya yakni makanan dan minuman yang dikonsumsi tidak dapat memengaruhi menstruasi. Makanan tidak memiliki dampak langsung pada rahim karena setelah dikonsumsi, mereka melewati lambung dan usus yang tidak terhubung dengan rahim.

Menstruasi dipengaruhi oleh proses hormonal kompleks dalam tubuh, dan faktor-faktor seperti pola makan hanya memiliki pengaruh yang sangat terbatas atau tidak signifikan pada siklus menstruasi.

Namun, beberapa makanan mungkin memengaruhi gejala sebelum dan selama menstruasi. Memilih makanan yang dapat meminimalkan gejala menstruasi sangatlah disarankan.

Saat menstruasi, minumlah asupan air harian sekitar 2,7 liter. Air membantu mengisi kehilangan cairan tubuh yang disebabkan oleh pendarahan menstruasi, serta mengurangi kemungkinan terjadinya sakit kepala atau rasa pusing. Selain itu, minum air yang cukup juga dapat membantu meredakan kembung perut yang sering dialami selama menstruasi.

Untuk menjaga keseimbangan zat besi dalam tubuh, Anda dapat mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi, seperti ikan, unggas, serta sayuran hijau seperti bayam dan collard hijau. Hal ini dapat membantu mengisi kembali zat besi yang hilang akibat pendarahan menstruasi.

Selain itu, memilih makanan yang tinggi protein dan serat juga dapat memberikan manfaat yang besar selama menstruasi. Makanan ini membantu mengontrol kadar gula darah, memberikan energi yang berkelanjutan, serta mengurangi keinginan untuk ngemil.

Tak hanya itu, konsumsi omega-3 dalam bentuk minyak ikan juga dapat membantu meredakan kram menstruasi, depresi, serta perubahan mood yang sering terjadi pada sebagian besar wanita selama menstruasi.

Beberapa rempah-rempah seperti jahe dan kayu manis juga telah dikenal memiliki efek meredakan nyeri menstruasi. Namun, penting untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang wajar dan tidak berlebihan.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #mitos #fakta #bagaimana #makanan #memengaruhi #menstruasi #anda #simak #penjelasan #berikut

KOMENTAR