Persebaran Dokter Tidak Merata, Jatim dan Jabar Masih Kekurangan, DKI Kebanyakan
Ilustrasi - konsultasi dokter karena asam urat. (Pexels/Antoni Shkraba)
10:22
23 Februari 2024

Persebaran Dokter Tidak Merata, Jatim dan Jabar Masih Kekurangan, DKI Kebanyakan

– Pemerataan dokter umum dan dokter spesialis menjadi salah satu kunci dalam pelayanan kesehatan. Sayang, beberapa wilayah justru masih minim keberadaan dokter, baik umum maupun spesialis.

Hasil diskusi Kementerian Kesehatan, Bappenas, dan Ikatan Dokter Indonesia, rasio dokter spesialis di tanah air adalah 0,28 dan dokter umum 1,12 per 1.000 penduduk.

Menurut Ketua Umum Pengurus Besar IDI (PB IDI) dr Adib Khumaidi SpOT, rasio itu mempertimbangkan pertumbuhan jumlah penduduk. Jika menggunakan rasio 1,12 per 1.000 penduduk, dibutuhkan 250 ribu dokter umum. ”Untuk saat ini kita kekurangan 96.143 dokter umum,” kata Adib kemarin (22/2).

Dia menilai keberadaan dokter umum di Indonesia tidak merata. Misalnya, di Jawa dan beberapa provinsi di Sumatera, jumlah dokter lebih banyak. Bandingkan dengan provinsi-provinsi lain (lihat grafis). ”Tapi, kita tidak bisa menghitung dari sisi proporsi. Harus menghitung berdasar rasio jumlah penduduk di setiap wilayah,” ungkapnya.

Jika melihat rasio jumlah penduduk dan jumlah dokter, Jawa Barat dan Jawa Timur masih kekurangan dokter. Jumlah penduduk di Jawa Barat 49,94 juta jiwa dan Jawa Timur 39,74 juta jiwa. Sementara itu, jumlah dokter di Jawa Barat 22.443 orang dan Jawa Timur 16.348 dokter. ”Tapi, bicara DKI Jakarta, dengan melihat jumlah penduduk dan dokternya, maka jumlah dokter sudah kebanyakan,” bebernya.

Namun, menambah dokter tidak bisa serampangan. Pemerintah telah mencabut moratorium pembukaan fakultas kedokteran untuk beberapa wilayah. Dengan begitu, universitas boleh membuka fakultas kedokteran baru.

Adib mengingatkan, ”produksi” dan ”distribusi” dokter harus sejalan. Tidak bisa dipikirkan hanya menambah dokternya, tetapi juga harus diketahui calon dokter itu nanti mengabdi di mana. (lyn/c7/fal)

---

5 WILAYAH YANG DIMINATI DOKTER UMUM

  • Jawa Barat : 22.443 dokter
  • DKI Jakarta : 21.617 dokter
  • Jawa Timur : 16.348 dokter
  • Jawa Tengah : 14.416 dokter
  • Sumatera Utara : 9.075 dokter

5 Wilayah yang Paling Sedikit Dokter Umum

  • Papua Barat : 341 dokter
  • Sulawesi Barat : 389 dokter
  • Papua Barat Daya : 458 dokter
  • Kalimantan Utara : 477 dokter
  • Gorontalo : 478 dokter

Sumber: Badintek PB IDI per 31 Desember 2023

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #persebaran #dokter #tidak #merata #jatim #jabar #masih #kekurangan #kebanyakan

KOMENTAR